7 Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis Yang Harus Dihindari

Membuat bisnis plan / rencana bisnis yang komprehensif dan matang merupakan suatu keharusan bagi siapa saja yang akan memulai bisnis. Rencana bisnis akan membantu Anda dalam menangkap peluang bisnis dan mengkesekusinya menjadi langkah-langkah strategis sehingga bisnis tsb dapat berkembang seperti yang diharapkan. Namun harapan itu tidak akan terwujud bila terjadi kesalahan dalam menyusun rencana bisnis itu sendiri dan lebih parahnya lagi, kesalahan tsb seringkali dilakukan tanpa kita sadari loh.

Lalu Apa Saja Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis?

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam pembuatan bisnis plan yang harus dihindari:

1. Riset Pasar Kurang Optimal

Banyak pebisnis pemula yang terlalu bersemangat untuk segera memulai usaha sehingga mengabaikan riset pasar ini padahal riset pasar yang tepat dan up-to-date dapat membantu menghindari kesalahan dalam menyusun rencana bisnis sehingga bisnis tsb pun dapat diwujudkan tanpa kendala yang berarti.

2. Analisa Keuangan Kurang Realistis

Akibat dari riset pasar yang kurang optimal memicu kesalahan dalam menyusun rencana bisnis berikutnya. Kurangnya informasi mengenai harga-harga pasar saat ini akan membuat analisa keuangan menjadi kurang realistis. Dan ini berbahaya karena perhitungan keuangan antara modal yang diperlukan dan hasil yang akan didapatkan akan meleset sangat jauh.

Bila Anda menggunakan rencana bisnis ini untuk membuat proposal untuk mencari sumber modal usaha maka para investor pun akan meragukan Anda karena analisa keuangan yang kurang masuk akal dan kesalahan dalam menyusun rencana bisnis tsb.

3. Target Pasar Tidak Jelas

Dalam dunia usaha, pemasaran tak kalah pentingnya dengan pengadaan produk untuk kesuksesan bisnis. Target pasar yang jelas dapat membantu pemasaran produk tsb lebih terarah sehingga dapat meningkatkan penjualan. Masalahnya masih banyak para pelaku bisnis yang belum dapat menentukan target pasar yang jelas dan inipun memicu terjadinya kesalahan dalam menyusun rencana bisnis. Bila targetnya saja belum jelas lalu bagaimana cara mencapai target tsb?

4. Rendahnya Analisa Persaingan

Salah satu cara menang dalam persaingan adalah mencari tahu keunggulan dan kelemahan para pesaing kita. Tidak melakukan analisa persaingan dengan optimal merupakan kesalahan dalam menyusun rencana bisnis karena melakukan analisa persaingan akan memudahkan para pebisnis merumuskan strategi untuk memenangkan persaingan tsb, misalnya dengan membuat produk dan menyediakan layanan yang lebih unggul dari kompetitior kita.

Baca juga: 5 Kriteria Produk Bisnis Online Yang Menguntungkan

5. Hanya Memiliki Satu Rencana Bisnis Saja

Kesalahan dalam menyusun rencana bisnis berikutnya adalah hanya memiliki satu bisnis plan saja padahal dunia bisnis adalah dunia yang tidak menentu dan kita pun tidak tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu selalu buat beberapa rencana sehingga bila terjadi sesuatu hal dalam rencana pertama maka kita masih memiliki rencana kedua dan berikutnya sebagai alternatif.

6. Terlalu Optimis

Sikap optimis memang bagus dan perlu dimiliki oleh setiap pengusaha namun bila terlalu optimis juga kurang baik dan merupakan kesalahan dalam menyusun rencana bisnis. Dalam perencanaan bisnis sebaiknya Anda menggali setiap kemungkinan terburuk sehingga bisnis plan yang Anda buat terasa lebih realistis.

7. Tidak Sistematis dan Berlebihan

Banyak pelaku bisnis yang ingin memastikan bisnis yang akan dibuatnya dalam keadaan baik, lancar dan sukses sehingga mereka membuat perencanaan bisnis yang berlebihan, rumit, dan tidak sistematis. Kesalahan dalam menyusun rencana bisnis ini harus dihindari karena sebetulnya yang terpenting dalam bisnis plan adalah poin-poin langkah strategis, prospek bisnis itu sendiri, dan bagaimana Anda dan tim dapat mengerjakannya tanpa harus bingung menerjemahkan kembali rencana bisnis tsb.

Nah itulah 7 kesalahan dalam menyusun rencana bisnis yang perlu Anda hindari. Walaupun Anda sudah berusaha menghindari kesalahan dalam perencanaan bisnis namun tetap perlu Anda ingat bahwa sebaik-baiknya rencana adalah rencana yang direalisasikan. Oleh karena itu hindari kesalahan dalam menyusun rencana bisnis yang terlalu sulit untuk dikerjakan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kesalahan yang harus dihindari dalam menyusun rencana bisnis -penyebab kesalahan rencana bisnis -kesalahan dalam perencanaan -kesalahan kesalahan yang harus dihindari dalam menyusun rencana bisnis -hal apa saja yang harus dihindari saat menyusun perencanaan bisnis -kesalahan dalam perencanaan bisnis -jelaskan kesalahan kesalahan yang harus dihindari dalam menyusun rencana bisnis -kendala business plan -kesalahan dalam menyusun perencanaan bisnis -bagaimana anda memilimalisir kesalahan yang terjadi akibat perencanaan? -

Tags: Cara Bisnis Plan

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "7 Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis Yang Harus Dihindari"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

Tinggalkan Balasan