5 Kunci Sukses Membangun Start Up Bisnis Anda

Berbicara tentang start up bisnis memang sebuah diskusi yang sangat menarik belakangan ini. Sejak kemajuan teknologi internet atau teknologi informasi, ide-ide menarik dan kreatif dapat lebih mudah lagi digunakan untuk membangun start up bisnis yang unik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Anda mungkin masih ingat tentang cerita sukses memulai start up bisnis ojek online baru-baru ini? Siapa yang menyangka bisnis ojek yang awalnya hanya ada di tiap gang akan booming seperti sekarang ini?

Tentunya untuk membangun start up bisnis yang sukses memang tak semudah membalikan telapak tangan, ada faktor kunci kesuksesan selain faktor keberuntungan tentunya. Kabar baiknya, carainvestasibisnis.com akan membagikannya untuk Anda.

5 kunci sukses membangun start up bisnis

image credit: pixabay.com

Lalu Apa Saja Kunci Sukses Membangun Start Up Bisnis?

Bila sebelumnya saya pernah mengulas mengenai Cara Membuat Startup Bisnis Mulai dari Nol Hingga Sukses, maka sekarang saatnya kita bahas mengenai beberapa faktor kunci yang sebaiknya Anda miliki bila Anda ingin membangun sebuah start up bisnis yang sukses dan bertahan lama:

  1. Ide

Ide kreatif yang merupakan solusi akan suatu masalah yang terjadi di masyarakat sekarang ini merupakan kunci sukses membangun start up bisnis yang pertama. Bila Anda bingung harus menciptakan produk baru, maka Anda dapat melihat produk yang sekarang ada di pasaran. Memodifikasi dan menambahkan nilai pada suatu produk yang ada di pasaran pun dapat dijadikan ide yang menarik loh.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mendapatkan Ide Bisnis Startup Yang Potensial

  1. Minat

Kunci sukses membangun start up bisnis berikutnya adalah minat / passion yaitu dimana bidang bisnis tsb merupakan minat Anda dan produk tsb juga diminati masyarakat. Membangun start up bisnis yang berdasarkan minat Anda akan membuat Anda maupun bisnis Anda tahan banting karena apapun rintangan di depan akan Anda upayakan untuk mencari solusinya. Berbeda dengan membangun start up bisnis yang tidak didasari minat, maka Anda pun mungkin akan cepat bosan apalagi bila bisnis tsb belum juga menghasilkan.

Selain minat Anda, minat pasar pun sangat penting untuk diperhatikan dalam membangun start up bisnis. Sebagus apapun produk Anda bila tidak ada permintaan maka produk tsb tidak akan pernah booming. Oleh karena itu Anda harus jeli dalam mencari apa yang dibutuhkan oleh pasar sekarang ini untuk membangun start up bisnis.

Anda mungkin bertanya bagaimana caranya mengetahui kebutuhan pasar? Untuk skala kecil cobalah Anda berdiskusi dengan keluarga dan teman Anda, dari situlah Anda dapat mengetahui bahwa ide produk Anda memang diperlukan atau tidak. Anda dapat memulai membangun start up bisnis bila Anda mendapatkan respon positif dari mereka.

Diskusi dengan teman pun sangat baik dilakukan, siapa tahu mereka memiliki ide dan minat yang sama untuk membangun start up bisnis yang sama sehingga Anda akan terbantu baik dari modal, pikiran, maupun usaha dalam membangun start up bisnis tsb. Dengan demikian semua akan terasa lebih mudah.

Baca juga: 5 Hal Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

  1. Fokus

Untuk membangun start up bisnis yang sukses diperlukan perhatian khusus. Anda harus fokus untuk terus membangun dan menjalankan bisnis Anda. Sebuah bisnis yang tidak dipelihara dan diperhatikan akan berakhir di kematian. Cobalah fokus terhadap satu produk atau satu bisnis dulu. Bila sekarang ini Anda masih menjadi karyawan, cobalah untuk membagi waktu antara bekerja di sebuah perusahaan dan bekerja untuk bisnis Anda.

  1. Sabar

Selain Anda harus fokus, dalam membangun start up bisnis pun diperlukan kesabaran. Anda harus sadar betul bahwa untuk meraih kesuksesan dalam bisnis diperlukan waktu dan usaha. Banyak sekali bisnis baru yang mulai terlihat sukses setelah 3 tahun atau lebih. Jadi siapkan mental dan modal Anda untuk kurun waktu tsb.

  1. Pantang Menyerah

Banyak orang yang berhenti karena tak kunjung meraih kesuksesan dalam tahun pertama padahal di tahun berikutnya mungkin mereka akan meraih kesuksesan. Banyak juga para pemula yang kemudian menyerah karena sering kali menemui rintangan yang menghadang. Perlu Anda ingat sikap gigih, pantang menyerah, dan berani terus mencoba merupakan faktor kunci sukses membangun start up bisnis.

Kesulitan / masalah memang selalu ada namun yang perlu Anda lakukan adalah mencari solusi atas masalah tsb agar Anda tidak terus jatuh di lubang yang sama.

Itulah 5 faktor kunci sukses membangun start up bisnis yang dapat dishare kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga sukses …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis start up -tips membangun start up bisnis -kunci sukses usaha bersama -

Tags: Cara Bisnis Startup Bisnis

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "5 Kunci Sukses Membangun Start Up Bisnis Anda"

7 Analisa Penyebab Usaha Restoran Bangkrut yang Wajib Diketahui
Pemilik restoran manapun tentu menginginkan agar usahanya
Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan

Tinggalkan Balasan