Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik Untuk Reksadana Anda?

Memilih manajer investasi terbaik sangat diperlukan bagi Anda yang ingin memulai investasi reksadana. Ya, reksadana sekarang ini memang menjadi investasi pilihan bagi masyarakat Indonesia, alasannya karena biaya untuk memulai investasi sangat terjangkau, aturan main yang mudah dimengerti, dan sangat cocok bagi Anda yang tidak begitu paham atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurus investasinya itu sendiri. Yuk simak ulasan mengenai cara memilih manajer investasi terbaik berikut ini …

Baca : Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Reksadana

Apa Itu Reksadana?

Sebelum kita membahas mengenai cara memilih manajer investasi terbaik, sebaiknya saya refresh dulu pengertian reksadana menurut Pasal 1 Ayat 27 Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995. Dalam UU tsb dijelaskan bahwa reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dari pengertian reksadana di atas sudah jelas, bahwa peranan manajer investasi terbaik sangatlah penting. Kepiawaian dari seorang manajer investasi lah yang akan membawa Anda memperolah keuntungan atau malah buntung. Untuk itu sangat penting sekali Anda memilih manajer investasi terbaik agar Anda dapat memperoleh keuntungan investasi reksadana sesuai yang diharapkan.

Baca: Cara Aman Investasi Reksadana untuk Pemula

Lalu Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik dan Tepat Untuk Reksadana Anda?

cara memilih manajer investasi terbaik

image credit: silverdisc.co.uk

Bila Anda ingin memulai investasi reksadana, sebaiknya Anda memulainya dengan mempelajari seluk beluk investasi reksadana termasuk memilih manajer investasi terbaik. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Periksa Legalitas

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memilih manajer investasi terbaik adalah dengan memeriksa legalitasnya yaitu dengan memastikan perusahaan tsb terdaftar di  Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk memilih manajer investasi terbaik dan terhindar dari risiko kerugian akibat memilih manajer investasi yang bermasalah atau manajer investasi bodong maka pastikan perusahaan yang Anda pilih tsb terdaftar dan legal.

  1. Pilihlah Manajer Investasi Terbaik Yang Memiliki “Track Record” Bagus

Banyak perusahaan yang menawarkan investasi reksadana tetapi tidak semuanya menjamin uang Anda akan meningkat. Walaupun pengalaman masa lalu tak dapat menjadi patokan masa depan secara akurat, namun setidaknya perusahaan yang memiliki “track record” yang bagus akan memiliki perilaku yang baik juga di masa sekarang yang masa depan, apalagi perusahaan besar, tentunya mereka tak mau mempertaruhkan nama baiknya. Untuk memilih manajer investasi terbaik maka Anda harus memilih perusahaan yang memiliki reputasi baik setidaknya dalam 5 tahun terakhir.

Anda dapat meminta portofolio hasil investasi yang pernah dikelolanya untuk melihat kinerja manajer investasi. Untuk memilih manajer investasi terbaik, pastikan Anda memilih perusahaan yang mampu menunjukkan kinerja yang stabil selama 5 tahun terakhir. Jangan lah Anda tergiur iming-iming manajer investasi yang mampu memberikan return yang tinggi padahal kinerja nya kurang bagus di masa lalu.

  1. Pilih Gaya Investasi Yang “Cocok” dengan Anda

Selain Anda memiliki profil investasi tersendiri, manajer investasi pun memiliki gaya investasi yang berbeda pula. Ada yang berani ambil risiko tinggi agar mendapatkan keuntungan / return yang tinggi pula namun ada pula yang sebaliknya. Memilih gaya investasi yang cocok dengan profil risiko Anda adalah cara memilih manajer investasi terbaik dan tepat untuk Anda.

Bila Anda termasuk orang yang “aman aman” saja maka pilihlah manajer investasi yang bermain aman pula, bila Anda termasuk tipe “moderat” maka Anda pilih manajer investasi “moderat”.

  1. Pilih Yang Memiliki Transparansi Biaya, “No Hidden Cost

Saat Anda memilih manajer investasi maka akan ada biaya yang dibebankan ke Anda yang terdiri dari biaya pembelian, pengelolaan, dan biaya penarikan. Walaupun tarif yang tinggi tidak menjamin manajer investasi terbaik namun memang biasanya manajer investasi yang piawai dan terpercaya akan memasang tarif tinggi. Namun seberapa tinggi tarif tsb, yang lebih penting adalah mencari manajer investasi terbaik yang mampu memberikan transparansi biaya saat Anda akan mendaftar sehingga tidak ada “hidden cost” yang akan dibebankan ke Anda di kemudian hari.

  1. Pilih Kualitas Layanan Terbaik

Cara terakhir untuk memilih manajer investasi terbaik adalah dengan memilih perusahaan yang memberikan layanan terbaik, respon yang bagus. Tiada yang lebih baik selain merasakannya sendiri. Untuk menghindari risiko kerugian yang besar, maka Anda dapat memulai investasi reksadana dari modal seminim mungkin, misalnya dengan uang Rp. 100 ribu. Dengan demikian Anda akan merasakan kualitas pelayanan termasuk dapat memeriksa laporan kinerja sekarang ini agar Anda dapat yakin dalam memilih manajer investasi terbaik.

Baca juga: Investasi Reksadana Syariah: Pengertian, Keuntungan, dan Risiko

Itulah 5 tips memilih manajer investasi terbaik untuk investasi reksadana Anda. Semoga bermanfaat ..

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

manajer investasi terbaik 2016 -manajer investasi -manajer investasi terbaik 2017 -prosedur memilih manajer perusahaan -track record menejer investasi yang bagus -

Tags: Cara Investasi Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik Untuk Reksadana Anda?"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
  1. author

    investasi3 tahun agoBalas

    juga melihat kinerja sepanjang tahunnya

Tinggalkan Balasan