Persiapan Investasi Yang Harus Disiapkan Calon Investor

Sudah menjadi fitrah bagi seorang manusia untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik termasuk kehidupan finansialnya. Cara investasi merupakan salah satu cara yang diambil oleh seseorang untuk mencapai tujuan keuangan tsb. Namun kadang-kadang kita sering tergiur untuk menggunakan dana investasi tsb sehingga tujuan investasi tsb tidak pernah tercapai misalnya karena kita memerlukan dana darurat dsb. Agar tujuan keuangan tsb tercapai, Anda sebagai calon investor harus melakukan persiapan investasi.

Kira-kira persiapan investasi apa saja yang harus disiapkan calon investor? Yuk simak ulasannya berikut ini.

persiapan investasi

Tentukan Tujuan Investasi

Tujuan investasi adalah persiapan investasi pertama yang harus disiapkan oleh calon investor, apakah investasi tsb sebagai dana pendidikan anak, membeli rumah baru, atau untuk persiapan masa tua / dana pensiun. Tujuan investasi ini harus disiapkan di awal sehingga Anda mendapatkan gambran mengenai pilihan produk investasi dan jangka waktu investasi yang cocok.

Siapkan Dana Darurat

Sebelum berinvestasi, siapkan dulu dana darurat yang besarnya minimal 8 kali dari total pengeluaran bulanan Anda. Atau Anda dapat menyiapkan dana darurat sekitar 12 kali pengeluaran bulanan sebagai persiapan investasi yang lebih aman.

Siapkan Dana Investasi

Persiapan investasi berikutnya adalah menyiapkan dana investasi. Dan investasi adalah sisa uang yang tidak terpakai untuk keperluan sehari-hari di luar dana darurat dan pos pengeluaran lainnya.

Kenali Profil Risiko Investasi Anda

Setiap jenis produk investasi memiliki karakter dan risikonya masing-masing dan setiap investor memiliki karakter / profil risiko investasi sendiri. Mengenali profil risiko investasi adalah persiapan investasi yang harus disiapkan calon investor.

Sebagai contoh, bila Anda termasuk orang yang enggan berspekulasi dan tidak menginginkan fluktuasi yang tinggi terhadap nilai investasi maka investasi emas sangat cocok untuk Anda. Namun bila Anda ingin mendapatkan return / tingkat pengembalian dana investasi yang tinggi dan mau menerima risiko yang besar pula maka investasi saham sangat cocok dengan Anda.

Baca juga: Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Saham

Memang agak sulit untuk mengenali profil risiko investasi Anda sebagai persiapan investasi, namun untuk memudahkan Anda berikut ini adalah tips untuk mengenali profil risiko investasi Anda:

  1. Konsultasi dengan Penasihat Keuangan

Anda dapat berkonsultasi dengan penasihat keuangan yang tepat untuk menganalisa profil risiko investasi Anda sebagai persiapan investasi, yaitu seberapa jauh Anda dapat menanggung risiko dalam berinvestasi.

  1. Pertimbangkan Faktor Yang Mempengaruhi Investasi

Dalam menentukan profil resiko investasi memang perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti jumlah penghasilan, dana investasi yang tersedia, pengalaman berinvestasi, total kekayaan investor, jangka waktu investasi, seberapa nyaman investor menghadapi fluktuasi nilai investasi, dll. Faktor tsb harus dipertimbangkan matang-matang dalam persiapan investasi.

Mengikuti Tren Berita Perkembangan Ekonomi dan Politik

Nilai investasi memang sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan politik baik yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri. Kondisi tsb sangat berpotensi mempengaruhi pergerakan mata uang dan investasi. Sebagai calon investor, Anda harus membiasakan membaca berita semacam ini setiap hari sebagai persiapan investasi

Itulah beberapa persiapan investasi yang harus disiapkan calon investor agar dapat mencapai tujuan keuangan seperti yang diharapkan.

Sumber: mywealth.co.id
Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

persiapan investasi -apa ysng di persispkan untuk infestadi -infestadi forex -yang harus dipertimbangkan dalam berinvestasi beserta contohnya -epersiapan dan tujuan investasi -yg perlu dipetsiapkan ketika berinvestasi -apa yg harus disiapkan dalam investasi -apa yang harus dilakukan sebagai calon investor -apa yang harus dilakukan dalam berinvestasi -Apa saja yg perlu Disiapkan dalam perencanaan investasi usaha kerjinan -

Tags: Tips Mengelola Uang Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Persiapan Investasi Yang Harus Disiapkan Calon Investor"

Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan

Tinggalkan Balasan