Mengenal Investasi Saham Blue Chips Indonesia, Betulkah Sangat Menguntungkan?

Investasi Saham Blue Chips – Banyak orang yang menyarankan termasuk para manager investasi kepada para investor untuk membeli saham blue chips karena potensi keuntungan yang lebih besar dan risiko yang lebih kecil.

Nah sebetulnya apa sih investasi saham blue chips? Dan betulkah sangat menguntungkan? Yuk simak ulasannya berikut ini …

Baca juga: Cara Investasi Saham Syariah dan Apa Bedanya dengan Saham Konvensional?

Pengertian Saham Blue Chip

Saham blue chips adalah saham yang dimiliki perusahaan besar, perusahaan yang sudah lama berdiri, dan memilki fondasi yang kokoh, sehingga kinerja saham tsb di pasar saham dipandang sudah mantap dan stabil.

Untuk memahami pengertian saham blue chips tsb sebaiknya Anda pun mengenali karakteristik perusahaan yang dijadikan sebagai acuan dalam pengelompokan blue chip, yaitu:

  1. Kapitalisasi Besar – Saham blue chip harus memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar (trilyunan) sehingga akan lebih sulit bagi pasar untuk memanipulasi harga saham.
  2. Likuiditas Tinggi – Saham blue chip harus dimiliki oleh publik dalam jumlah banyak. Ini pun merupakan cara agara harga tidak mudah dimanipulasi.
  3. Sudah Eksis Lama – Perusahaan tsb sudah masuk sebagai anggota bursa setidaknya 5 tahun sehingga memudahkan dalam memeriksa track record perusahaan tsb.
  4. Stabil Kinerjanya – Perusahaan yang memiliki kinerja baik dan stabil selama 5 tahun terakhir. Ini pun memastikan bahwa perusahaan tsb mampu membayar dividen bagi pemegang sahamnya.

Nah itulah 4 kriteria saham blue chips. Jadi saham blue chip dapat diartikan sebagai saham unggulan atau saham papan atas. Dari kriteria di atas, wajar saja bila harga saham blue chip ini memang lebih mahal.

Jenis investasi saham blue chip memang sangat layak dijadikan investasi jangka panjang karena perusahaan pemilik saham tsb bukanlah perusahaan main-main, dijalankan oleh orang profesional dan memberikan manfaat pada masyararakat. Dengan investasi saham blue chips, maka investor akan mendapatkan potensi penghasilan terutama dari dividen. Selain itu harga saham blue chip tidak mudah dimainkan para spekulan sehingga cukup aman.

investasi saham blue chips

Mengenal Investasi Saham Blue Chips (image: dollarsandcentsnews.com)

Baca juga: Cara Menjadi Broker Saham Terbaik, Profesi dengan Penghasilan Wah!

Contoh Saham Blue Chips di Indonesia

Nah bila Anda tertarik untuk berinvestasi saham blue chips, mungkin Anda bertanya perusahaan mana yang termasuk ke dalamnya.

Berikut ini adalah  contoh perusahaan penjual saham blue chip antara lain:

  1. Sektor Bank : BBRI PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BMRI PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, BBNI PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, BBCA PT Bank Central Asia Tbk
  2. Sektor Manufaktur : UNVR PT Unilever Indonesia Tbk, SMGR Semen Gresik (Persero) Tbk, KLBF PT Kalbe Farma Tbk, MYOR PT Mayora Indah Tbk, PFA JAPFA Comfeed Indonesia Tbk, INTP PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk, INDF PT Indofood Sukses Makmur Tbk, CPIN Charoen Pokphand Tbk, ASII PT Astra International Tbk
  3. Sektor Perkebunan : LSIP PT London Sumatera Plantation Tbk, AALI PT Astra Agro Lestari Tbk
  4. Sektor Energi : PGAS PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
  5. Sektor Pertambangan : ITMG PT Indo Tambangraya Megah Tbk, INCO PT Vale Indonesia Tbk, ANTM PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PTBA PT Bukit Asam (Persero) Tbk
  6. Sektor Infrastruktur : TLKM PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, JSMR Jasa Marga (Persero) Tbk
  7. Sektor Perdagangan : UNTR PT United Tractor Tbk, AKRA PT AKR Corporindo Tbk
  8. Sektor Properti : LPKR Lippo Karawaci Tbk Baru
  9. Sektor Media : MNCN Media Nusantara Citra Tbk

Apakah Investasi Saham Blue Chips Benar-Benar Menguntungkan?

Dalam dunia investasi, para investor harus mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari produk investasi tsb. Termasuk dalam memulai investasi saham, tentunya ada keuntungan dan risiko investasi saham yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan.

Investasi saham blue chips memang memberikan potensi keuntungan yang besar dengan risiko yang minim namun ingat belum PASTI juga akan terus menguntungkan. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi di masa akan datang?

Semua saham yang ada di bursa memiliki potensi keuntungan masing-masing begitu pula dengan risikonya. Bila dikatakan investasi saham blue chips pasti memberikan keuntungan yang besar itu belum tentu juga. Pasalnya ada juga saham “second liner” yang berhasil melejit mengalahkan saham blue chip.

Walaupun demikian, investasi saham blue chips merupakan pilihan utama karena nilainya yang lebih stabil dan harganya sulit “digoyang” para spekulan.

Keuntungan dan Risiko Investasi Saham Blue Chips

Untuk menjadi pertimbangan Anda, berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan investasi saham blue chips yang perlu Anda ketahui ..

Keuntungan Investasi Saham Blue Chips

  • Lebih aman buat pemula
  • Risiko lebih kecil
  • Tidak terlalu membutuhkan kepiawaian investor
  • Lebih stabil

Kekurangan Investasi Saham Blue Chips

  • Harganya lebih tinggi
  • Perlu modal lebih besar

Nah itulah informasi seputar investasi saham blue chips. Bagaimana tertarik untuk memulai investasi saham jenis ini? Silahkan konsultasikan ke manager investasi Anda atau broker saham Anda untuk mendapatkan solusi atau profil investasi Anda. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

saham blue chip indonesia -tabungan emas vs deposito -cara membeli saham blue chip -modal investasi saham blue chip -mengenal reksadana saham blue chip -Keuntungan sahan bl -kerugian saham bluechip -jadi pemegang saham blue chip invest -investasi perusahaan blue chip indo -trading saham blue chip -

Tags: Keuntungan Investasi Pengertian Risiko Investasi Saham Blue Chips

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Mengenal Investasi Saham Blue Chips Indonesia, Betulkah Sangat Menguntungkan?"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan