6 Cara Memulai Bisnis Ikan Laut Khusus Pemula

Cara memulai bisnis ikan laut – Ikan laut adalah makanan bergizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena kaya akan gizi tidak mengherankan jika banyak yang mengonsumsinya setiap hari. Melihat peluang ini Anda bisa memanfaatkannya sebagai lahan bisnis. Bisnis ikan laut ini menguntungkan dikarenakan banyak masyarakat yang membutuhkannya sedangkan untuk membelinya di Tempat Pelelangan Ikan di pantai membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama. Sehingga banyak yang memilih untuk membelinya di pasar atau di penjual ikan laut biasa. Banyak penjual ikan laut segar yang mendapatkan keuntungan melimpah dengan berjualan ikan setiap harinya. Memulai bisnis ikan laut ini pun tidak terlalu ribet namun keuntungan yang bisa didapatkan cukup lumayan setiap harinya. Berikut adalah cara memulai bisnis ikan laut yang simpel namun menguntungkan:

Supplier Ikan

Supplier Ikan laut

Supplier Ikan laut

Cara memulai bisnis ikan laut pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari supplier ikan. Tentu saja untuk bisa membeli ikan ini Anda bisa datang ke pantai yang ada TPInya. Membeli ikan secara grosiran dan langsung di TPI akan membuat Anda mendapatkan ikan dengan kualitas bagus dan murah. Pada pagi hari banyak nelayan yang pulang dari melaut sehingga kualitasnya masih bagus dan segar. Anda bisa langganan kepadanya sehingga akan diberikan harga spesial.

Menentukan Jenis Ikan

Menentukan Jenis Ikan

Menentukan Jenis Ikan

Meski bisnis ini begitu menguntungkan Anda harus jeli dalam menentukan jenis ikan yang ingin Anda jual. Tidak semua ikan laut digemari oleh masyarakat. Untuk bisa menentukan jenis ikan ini Anda bisa melakukan riset pasar dimana Anda ingin berjualan dan di masyarakat di sekitarnya menyukai ikan apa. Riset ini sangat penting untuk mendukung roda bisnis Anda.

Modal

Tanpa modal yang cukup usaha Anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah rincian modal yang harus Anda keluarkan untuk berbisnis ikan laut:

  1. Es Balok = Rp15.000/ hari
  2. Tempat khusus penampungan ikan 4 @Rp75.000 = Rp300.000
  3. Ikan laut 4 macam @2 kg = 8 x Rp50.000 = Rp400.000
  4. Plastik kresek = Rp5.000/ hari
  5. Timbangan = Rp100.000
  6. Sewa Tempat = Rp150.000/ bulan
  7. Bensin = Rp15.000/ hari

Dari rincian diatas jumlah modal yang harus dikeluarkan sebesar Rp985.000. Modal tersebut cukup kecil karena ada yang sifatnya tidak habis pakai seperti tempat untuk menampung ikan, dan juga timbangan.

Tempat Jualan

tempat jualan ikan

tempat jualan ikan

Langkah yang penting untuk diperhatikan selanjutnya adalah tempat untuk jualan. Tempat yang efektif untuk jualan adalah pasar. Namun tidak semua pasar bisa Anda pilih. Untuk bisa berjualan Anda bisa memilih pasar yang belum ada penjual ikannya atau tidak lebih dua orang untuk pasar yang tidak terlalu luas. Anda bisa berjualan di pasar induk yang mana semua penjual bisa ditemukan di pasar tersebut.

Berikan Harga yang Bersaing

harga Ikan laut

harga Ikan laut

Cara berbisnis ikan laut yang bisa Anda lakukan adalah berikanlah harga yang bersaing. Harga ini sangat penting dalam bisnis Anda. Jika terlalu mahal dalam memberikan harga bisa menyebabkan bisnis menjadi kurang laku. Oleh sebab itu berikanlah harga yang kompetitif dengan mengetahui harga ikan laut di pasaran. Anda juga jangan segan-segan memberikan diskon atau harga khusus kepada pelanggan Anda karena pelanggan inilah yang akan setia berbelanja di tempat Anda.

Ikan Sisa

Yang namanya jualan tidak pasti akan terjual habis. Di sini Anda harus bisa mengetahui bagaimana cara mengolah ikan yang tidak terjual habis tersebut. Anda bisa menjadikannya ikan frozen atau ikan asap yang mana bisa bertahan dengan lama.

Estimasi Pendapatan

Saat membahas cara memulai bisnis ikan laut, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah estimasi pendapatan. Untuk bisnis ikan laut ini menggiurkan karena modal yang tidak dikeluarkan terlalu besar. Misalnya jika sehari Anda mengeluarkan biaya sebesar 400 ribu untuk beli ikan, 15 ribu untuk bensin, 15 ribu es balok, 5 ribu tas kresek, dan 5 ribu untuk sewa tempat sehari maka totalnya adalah 440 ribu per harinya. Maka estimasinya jika semua ikan tersebut Anda jual dengan harga masing-masing mulai dari 75-80 ribu per kg, Anda akan mendatangkan keuntungan 80 ribu x 8 kg ikan = 640 ribu. Laba bersih yang akan didapatkan sebesar 640 – 440 = 200 ribu rupiah.

Keuntungan Bisnis Ikan Laut

Estimasi Keuntungan

Estimasi Keuntungan

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis ikan laut. Yang pertama adalah karena keuntungan yang didapatkan cukup besar. Tidak hanya itu saja peminat dan pangsa pasar ikan laut ini cukup luas karena banyak yang membutuhkannya. Dari bisnis ikan laut Anda bisa merambah bisnis ke lainnya misalnya warung makan seafood dan lain sebagainya sehingga semakin luas bisnis yang Anda geluti pundi-pundi rupiah Anda akan menjadi meningkat.

Demikianlah cara memulai bisnis ikan laut dan estimasi pendapatannya yang menggiurkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis ikan laut -cara berdagang ikan -bisnis jual ikan -cara bisnis ikan -usaha ikan laut -bisnis ikan -bisnis perikanan laut -bisnis jual ikan segar -jualan ikan laut -bisnis ikan segar -

Tags: Cara memulai bisnis ikan laut Cara memulai bisnis ikan laut dengan benar Cara memulai bisnis ikan laut terbaru tips Cara memulai bisnis ikan laut

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Cara Memulai Bisnis Ikan Laut Khusus Pemula"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan