9 Cara Bisnis Online untuk Pemula Supaya Profit Merangkak Naik

Cara memulai bisnis online untuk pemula banyak dicari. Hal itu dikarenakan semakin luasnya jaringan internet di Indonesia bahkan di dunia membuat bisnis online menjadi bisnis yang potensial. Dibandingkan dengan bisnis secara offline, bisnis online lebih menguntungkan jika tahu caranya. Pangsa pasar yang dituju pun lebih luas dibandingkan dengan bisnis secara offline, oleh sebab itu bagi yang memiliki bisnis offline ada baiknya diimbangi dengan cara online. Bagi yang ingin memulai bisnis online agar menghasilkan profit ada tata caranya. Simak cara bisnis online untuk pemula yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Kenali Hobi

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

Cara memulai bisnis yang pertama adalah mengenali hobi, banyak yang menjadikan hobi sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Hobi merupakan akar dari bisnis online yang nantinya dijalani. Hobi akan membuat senang dalam menjalaninya berbeda jika menggeluti bisnis yang tidak disukai, Anda akan menjadi setengah hati dalam menjalaninya. Mulailah membuat bisnis online yang berawal dari hobi. Ridwan Kamil pun mengatakan pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Jadikan kelebihan dan kesenangan Anda sebagai lahan bisnis yang menguntungkan.

Menentukan Jenis Bisnis

dropshipping

dropshipping

Bisnis online dibagi menjadi dua macam yaitu menjual produk sendiri atau menjual produk orang lain dan ada juga bisnis yang bergerak di bidang jasa. Tentukan jenis bisnis yang ingin digeluti. Bagi yang belum memiliki banyak pengalaman tidak ada salahnya jika mulai dengan menjual produk orang lain dengan cara dropship terlebih dahulu. Dari sana Anda bisa belajar bagaimana cara berbisnis online yang baik dan benar. Keuntungan menjadi dropship ini adalah tidak akan rugi sebab tidak menyetok barang di rumah, supplier lah yang menyetok barang dagangan sehingga jangan pernah takut merugi akibat barang tidak laku.

Sosial Media

social media

social media

Untuk media pemasaran bisa membuat sosial media dimana fungsinya untuk memasarkan produk yang dimiliki. Banyak sekali sosial media yang digunakan sebagai media pemasaran online seperti Facebook, dan juga instagram. Untuk sosial media Facebook Anda bisa memasarkan barang dagangan melalui akun Facebook dan jangan lupa jika sudah banyak pembeli yang tertarik dengan barang dagangan Anda mulailah untuk membuat Fans Page atau FP. Sosial media instagram pun menjadi salah satu sosmed yang banyak digunakan untuk promosi. Justru banyak pelanggan dihasilkan dari sosmed Instagram ini. Agar jualan menjadi lebih laris, pastikan dulu bahwa follower sudah banyak.

Blogger

blogger

blogger

Cara bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah dengan menjadi seorang blogger. Tidak hanya sosial media saja yang bisa menggunakan untuk media pemasaran namun blog pun bisa di jadikan sebagai media pemasaran. Cari tahu dulu bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar, pilihlah template yang menarik bagi pengunjung selain itu memiliki navigasi yang jelas. Ada dua jenis platform blog yang bisa dipilih yaitu menggunakan WordPress maupun Blogspot. Meski blog yang Anda buat adalah blog gratisan jangan membuat blog Anda terkesan receh di mata pengunjung, buatlah blog yang berkualitas dan memiliki mutu tinggi.

Tingkatkan Traffic

Cara bisnis online untuk pemula yang tidak boleh dilupakan adalah traffic. Traffic adalah lalu lintas yang terjadi di blog Anda. Jika blog yang di kelola sepi maka mustahil akan ada pengunjung yang membeli produk barang dagangan Anda. Saat ini banyak blogger yang mencoba untuk meningkatkan traffic blog mereka dengan menambahkan konten-konten yang tidak hanya menarik namun sudah di optimasi menggunakan SEO. SEO ini akan memudahkan blog yang di miliki mudah ditemukan pada mesin pencarian seperti Google.

trafik web

trafik web

Semakin bagus optimasi SEO pada blog maka semakin bagus peringkat blog di mesin pencarian, sehingga konsumen akan lebih dulu menemukan blog Anda dibandingkan dengan blog milik orang lain. Banyak pelaku bisnis yang mengincar posisi pertama di halaman pencarian Google, namun jika blog yang dimiliki masih tergolong baru maka dibutuhkan proses untuk menduduki peringkat pertama tersebut. Yang pasti berusahalah untuk meningkatkan traffic dari hari ke hari agar pengunjung blog semakin banyak.

Ikut Platform Belanja Online

Meskipun sudah memiliki blog untuk jualan dan social media untuk promosi, tidak ada salahnya menjual barang dagangan Anda ke platform belanja online yang ada di Indonesia. Platform belanja online tersebut tentu sudah memiliki banyak member sehingga akan lebih mudah untuk menjual barang secara online. Saat ini platform untuk belanja online di Indonesia sudah banyak, pilihlah yang banyak membernya saja seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lain. Saat ini banyak yang mendapatkan profit sejak menjual barang dagangannya di platform tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog dan social media di deskripsi toko Anda.

Pelajari dari Hal Kecil

Cara bisnis online untuk pemula adalah pelajarilah hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Banyak pebisnis online yang mempelajari hal-hal yang besar namun mereka melupakan hal-hal yang kecil. Justru hal-hal yang kecil itulah yang menjadi dasar dari bisnis online yang dijalankan. Belajar bisnis online ini bertahap mulai dari yang kecil, menengah kemudian yang besar. Pelajari secara berurutan agar ilmu yang didapatkan semakin matang.

ebook bisnis

ebook bisnis

Banyak e-book atau buku yang mengajarkan tentang bagaimana memulai bisnis online dan menjalankannya dari hal-hal yang kecil. Jangan pernah malas untuk menimba ilmu sebab segala sesuatunya tanpa ilmu bisa membuat semuanya menjadi amburadul.

Ikut Seminar

Untuk bisa membuat bisnis online semakin maju dan berkembang belajarlah dari orang yang sudah berhasil dalam bisnis mereka. Biasanya mereka banyak mengadakan seminar khusus untuk masyarakat yang ingin menggeluti bisnis. Dengan belajar langsung dari ahlinya bisa membuat bisnis online Anda semakin maju. Memang seminar yang mereka adakan tidak ada yang gratisan, meski begitu Anda akan mendapatkan ilmu yang berharga dimana ilmu tersebut bisa digunakan ketika berbisnis online. Tidak ada ilmu yang gratisan, semakin berkualitas ilmu yang diberikan maka biaya yang harus dikeluarkan pun semakin besar.

Fokus

Langkah terakhir yang harus dilakukan pebisnis pemula adalah fokus dengan apa yang ingin dituju. Jangan membagi pikiran ke hal yang lainnya terlebih dahulu. Satu hal yang harus ditanamkan dalam pikiran Anda adalah jangan berhenti berusaha sampai berhasil mengembangkan bisnis online yang sedang dijalani. Jangan memikirkan hal lainnya terlebih dahulu sebab akan membuat tidak fokus. Jika sudah berkembang jangan menjadi lupa diri yang bisa menyebabkan tidak fokus dengan tujuan Anda di awal membangun bisnis online tersebut.

fokus bisnis

Bisnis online tidak hanya bisa sebatas di angan-angan saja, namun mulailah bangun dan lakukan apa yang seharusnya Anda lakukan. Bisnis yang hanya di dalam angan-angan hanya menjadi sebuah khayal belaka sedangkan bisnis yang mulai dibangun dan dijalankan suatu saat nanti akan menjadi bisnis yang besar dan menghasilkan. Jangan pernah takut untuk berbisnis khususnya bagi pemula, cara bisnis online untuk pemula yang telah dijelaskan diatas akan menuntun Anda bagaimana caranya berbisnis yang baik, benar dan tentunya bisa mendatangkan keuntungan.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara bisnis profit -bisnis online profit -modprofits -cara bisnis online -cara bisnis online untuk pemula -tata cara bisnis online -modprofits com -bisnis profit -bisnis online pofit banyak -apakah itu modprofits -

Tags: apa saja bisnis online untuk pemula bisnis online untuk pemula bisnis online untuk pemula tanpa modal memulai bisnis online untuk pemula

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "9 Cara Bisnis Online untuk Pemula Supaya Profit Merangkak Naik"

    Langkah-langkah dan Rincian Biaya Memulai Bisnis Travel Wisata
    Memulai bisnis travel wisata – Tidak dipungkiri,
    Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Lengkap dengan Perhitungannya
    Sama seperti tren bisnis-bisnis lainnya, bisnis rental
    Cara Mendapatkan PIN Reseller Telkomsel dan Mendaftar MKIOS
    Cara mendapatkan PIN reseller Telkomsel – Meski
    Cara Mempromosikan Fanpage Facebook
    Cara mempromosikan fanpage Facebook – Facebook dengan

    Tinggalkan pesan "9 Cara Bisnis Online untuk Pemula Supaya Profit Merangkak Naik"