Memilih Produk Investasi Yang Tepat Untuk Anak Muda / Usia Di Bawah 30 Tahun

Pentingnya investasi harus ditanamkan sejak kecil dan dimulai sedini mungkin. Saat Anda belum memiliki penghasilan sendiri maka Anda dapat menyisihkan uang jajan Anda lalu ditabungkan dan kemudian dibelikan produk investasi. Buat Anda yang sudah memiliki penghasilan, maka Anda dapat mengalokasikan sekitar 10-20% penghasilan Anda untuk dana investasi ini. Pertanyaannya adakah produk investasi yang tepat untuk anak muda?

Banyaknya produk investasi yang ada di pasaran seringkali membuat kita bingung terutama anak muda dengan dana investasi yang pas-pasan. Namun Anda tak usah bingung karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas produk investasi yang tepat untuk anak muda.

Beberapa Produk Investasi Yang Tepat Untuk Anak Muda

produk investasi yang aman untuk anak muda

Umur di bawah 30 tahun pada umumnya Anda sudah memiliki penghasilan dan belum berkeluarga, itu artinya Anda belum memiliki beban tanggungan sehingga Anda dapat mengalokasikan penghasilan Anda lebih banyak untuk dana investasi. Pada saat tersebut sebaiknya Anda lebih agresif dalam berinvestasi dan berani mengambil risiko yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi untuk persiapan hari tua. Walaupun demikian Anda tetap harus hati-hati dalam pemilihan produk investasi yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa pilihan produk investasi yang tepat bagi Anda anak muda:

1. Investasi Saham

Investasi saham merupakan pilihan produk investasi yang tepat untuk anak muda seperti Anda karena menawarkan keuntungan yang sangat tinggi walaupun memiliki risiko yang tinggi pula. Setidaknya ada 2 jenis keuntungan saat Anda berinvestasi saham yaitu secara tidak langsung menjadi “pemilik” dari sebuah perusahaan sehingga akan mendapatkan deviden, dan capital gain yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih penjualan dan pembelian. Sementara untuk risikonya sendiri adalah bila terjadi kebangkrutan pada perusahaan tsb atau bila kondisi pasar memburuk sehingga mungkin Anda akan merugi.

Saham merupakan produk investasi yang tepat untuk anak muda yang memiliki modal besar dan suka risiko.

Baca juga: 7 Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

2. Obligasi

Obligasi merupakan surat perjanjian hutang antara pihak pertama yang mengeluarkan obligasi dan pihak kedua Anda sebagai pembelinya. Membeli obligasi tak ubah layaknya meminjamkan uang, setelah jangka waktu tertentu maka Anda akan mendapatkan pengembalian modal beserta keuntungan berupa bunga yang telah disepakati. Obligasi ini dapat menjadi pilihan produk investasi yang tepat untuk anak muda yang memiliki modal besar dan mau bermain aman, namun ya itu keuntungannya pun hampir mirip dengan deposito.

3. Reksadana

Reksadana merupakan pilihan produk investasi yang tepat dan aman untuk anak muda yang memiliki keterbatasan dana dan belum memiliki kemampuan untuk mengetahui profil risikonya sendiri karena di reksadana Anda dapat memilih manajer investasi (MI) untuk memilih pasar modal mana yang akan diikuti. Jenis investasi ini bertujuan menghimpun dana dari investor kemudian disalurkan ke berbagai instrumen investasi di pasar modal. Anda dapat membeli reksadana sebagai produk investasi yang tepat untuk anak muda di bank-bank yang ada di kota Anda.

Baca juga: Cara Aman Investasi Reksadana untuk Pemula

4. Investasi Properti

Harga properti memang cukup tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun, oleh karena itu property merupakan pilihan produk investasi yang tepat untuk anak muda. Selain nantinya property tsb dapat Anda tinggali saat sudah berkeluarga, property tsb dapat Anda sewakan loh. Bila Anda tak memiliki cukup uang saat ini maka Anda dapat mengajukan KPR.

Baca juga: Tips Jitu Memiliki Rumah di Usia Muda (Bawah 30an)

5. Investasi Emas

Investasi emas mungkin pilihan produk investasi yang tepat untuk anak muda dan paling mudah dilakukan. Anda tak memerlukan uang yang banyak untuk membeli emas batangan yang penting rutin dilakukan, sedikit demi sedikit maka Anda pun akan memiliki banyak emas. Emas termasuk investasi yang paling aman saat ini namun keuntungan sangat kecil. Bila Anda ingin memperoleh keuntungan yang cukup besar dari investasi ini maka pastikan Anda melakukan investasi jangka panjang.

Baca juga: Tips Sukses Berinvestasi Emas

Itulah beberapa jenis produk investasi yang tepat untuk anak muda usia di bawah 30 tahun, silahkan Anda pilih sesuai dengan profil risiko Anda. Namun akan lebih baik bila Anda menempatkan uang Anda di 2 atau lebih produk investasi untuk meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Lalu bagaimana bila Anda belum memiliki penghasilan? Apakah ada produk investasi yang tepat untuk anak muda yang belum memiliki penghasilan sendiri? Jawabannya ada, bila saat ini Anda masih bersekolah, cobalah investasikan waktu Anda untuk menambah wawasan dan keterampilan sehingga nantinya Anda memiliki daya tawar yang tinggi terhadap suatu perusahaan dan memperoleh penghasilan yang besar pula. Ya investasi pendidikan merupakan produk investasi yang tepat untuk anak muda yang belum memiliki penghasilan sendiri.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi untuk anak muda -investasi anak muda -investasi muda -investasi masa muda -cara investasi yang tepat -investasi untuk pemuda -investasi yang cocok untuk anak muda -Investasi usia muda -bagi pemuda sebaiknya investasi -cara investasi anak muda -

Tags: Cara Investasi Tips Mengelola Uang Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Memilih Produk Investasi Yang Tepat Untuk Anak Muda / Usia Di Bawah 30 Tahun"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
  1. author

    investasi usia muda2 tahun agoBalas

    investasi usia muda..

    Kayaknya cita2 semua anak muda tetapi gak gampang 😀

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)2 tahun agoBalas

      Ga gampang tapi bisa dilakukan :-). Usahakan untuk selalu berinvestasi sejak dini untuk kehidupan masa depan yg lebih baik. Sukses buat agan “investasi usia muda” 🙂

Tinggalkan Balasan