5 Rahasia Kesuksesan Orang Jepang

Siapa yang tidak tahu bahwa orang Jepang memang sudah terkenal kesuksesannya sejak dulu kala. Lihat saja betapa merek-merek dagang Jepang unggulan telah beredar dan menguasai Indonesia, kawasan Asia, hingga internasional, mulai dari elektronik, otomotif, dll. Kira-kira apa ya yang menjadi rahasia kesuksesan orang Jepang?

Saya termasuk salah seorang yang mengidolakan negara Jepang, bukan karena banyaknya produk anime, ataupun objek wisatanya, namun nilai budaya Jepang dan kisah sejarahnya lah yang selalu menjadi inspirasi buat saya pribadi.

Baca juga: Ternyata Ini Loh Cara Cepat Kaya Menjadi Jutawan

Sebagai orang yang ingin maju dan meraih kesuksesan sudah sepatutnya mencari ilmu yang baik dan bermanfaat kepada siapa saja, termasuk orang Jepang yang notabene sudah terbukti kesuksesannya. Anda mungkin masih ingat pelajaran Sejarah, dimana negara Jepang sempat dihancurkan saat perang dunia ke-2, namun kenyataan tsb justru membuat bangsa Jepang untuk berjuang lebih giat lagi membangun negaranya. Maka tak heran bila negara matahari terbit tsb termasuk salah satu negara maju yang ada di kawasan Asia. Jadi apa sih rahasia kesuksesan orang Jepang?

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang

Bila sebelumnya kami sudah membahas 7 Cara Cepat Kaya dan Rahasia Kesuksesan Orang Cina, maka sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja yang membuat orang Jepang meraih puncak kesuksesannya selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Rahasi kesuksesan orang Jepang menjadi negara maju tentunya tak terlepas dari karakter warga negaranya. Mereka terbilang orang-orang pekerja keras, disiplin, dan ulet. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan Cara Investasi Bisnis berikut ini ..

  1. Menghormati Orang Lain

Bila Anda perhatikan orang Jepang, mereka sering membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan kepada orang lain. Mereka hormat pada orang tua, teman, atau siapapun ternyata merupakan rahasia kesuksesan orang Jepang. Sikap sopan dan selalu menghormati orang lain memang salah satu budaya Timur yang patut kita pegang teguh. Penghormatan ini sudah selayaknya tidak melihat status sosial atau penampilan semata.

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang

image credit: duncansensei.com

  1. Selalu Pantang Menyerah, Disiplin & Kerja Keras

Keinginan Jepang “menguasai” dunia tidak luluh lantah begitu saja saat negaranya di bom atom oleh Amerika di tahun 1945. Mereka memiliki semangat pantang menyerah hingga akhirnya dapat “menguasai” dunia dalam bentuk produk otomotifnya.

Negara Jepang juga termasuk salah satu negara yang rentan terkena gempa. Mungkin Anda masih ingat gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang yang sangat besar tahun 2011 lalu. Keadaan negaranya yang seperti ini telah memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras dan terus disiplin. Nilai yang terus dipegang inilah menjadi rahasia kesuksesan orang Jepang.

  1. Budaya Malu Yang Tinggi

Orang Jepang memiliki rasa malu yang tinggi. Malu disini bukan berarti pemalu ya namun malu bila harus melakukan hal buruk atau malu bila gagal melaksanakan tanggung jawabnya. Mungkin Anda pernah mendengar, para pejabat pemerintah di Jepang lebih rela mengundurkan diri bila merasa tidak pantas. Coba bandingkan dengan Indonesia? Para koruptor saja masih “betah” menjadi “pejabat” tanpa malu. Budaya malu ini merupakan rahasia kesuksesan orang Jepang bahkan diturunkan sejak jaman nenek moyangnya. Konon para samurai yang gagal dan merasa tak mampu akan mengakhiri hidupnya dengan cara hara kiri.

Begitu pula di dunia bisnis, orang yang merasa tidak kompeten akan mundur dan digantikan oleh orang lain yang jauh lebih baik.

  1. Selalu Melakukan Inovasi

Selalu berinovasi merupakan rahasia kesuksesan orang Jepang. Seperti yang Anda ketahui, inovasi dalam dunia bisnis sangat penting agar kita dapat selalu memenangkan persaingan. Lihatlah betapa negara Jepang selalu membuat produk baru kaya manfaat sehingga produknya selalu uptodate mengikuti kebutuhan jaman.

  1. Menjaga Kualitas

Kualitas yang selalu terjaga baik akan meningkatkan kepercayaan para penggunanya. Produk-produk Jepang sudah dikenal berkualitas tinggi sejak dulu kala dan itulah menjadi rahasia kesuksesan orang Jepang. Pengalaman saya selama bekerja di industri, bahan baku yang dibeli dari Jepang memang terjaga terus kualitasnya sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Bila Anda pun ingin meraih kesuksesan pula maka sudah sepatutnya Anda menjaga kepercayaan pelanggan dengan terus memberikan kualitas produk dan layanan yang terjaga.

Kenyataan yang ada di pasaran, banyak pebisnis nakal yang sengaja menurunkan kualitasnya untuk meraih keuntungan, namun akibatnya pebisnis semacam ini akan segera ditinggalkan oleh pelanggannya.

Itulah beberapa karakter positif yang menjadi rahasia kesuksesan orang Jepang. Sebaiknya karakter tsb dapat kita tiru karena sangat bermanfaat baik kehidupan pribadi maupun dalam bisnis. Cayo! Ganbatte 🙂

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis populer di jepang -cara berbisnis orang jepang -bisnis orang jepang -cara mengatur keuangan orang jepang -usaha orang jepang -cara bisnis orang jepang -Cara dagang orang jepang -strategi bisnis orang jepang -cara dagang jepang -bisnis dengan orang jepang -

Tags: Motivasi Orang Sukses Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "5 Rahasia Kesuksesan Orang Jepang"

Ketahui Manfaat Kredit Mikro Untuk Usaha Kecil
Manfaat kredit mikro untuk usaha kecil –
Ketahui Perbedaan Kredit Usaha Mikro dan Kredit Usaha Makro
Bagi anda yang mungkin sedang tertarik untuk
6 Ide Bisnis Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia
Mau buka bisnis tapi bingung, kira-kira ide

Tinggalkan pesan "5 Rahasia Kesuksesan Orang Jepang"