Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Anda

Saat Anda membeli mobil kesayangan Anda biasanya Anda akan ditawarkan untuk membeli asuransi mobil untuk melindungi milik Anda tsb. Bila Anda mendapatkan mobil tsb dari perusahaan tempat Anda bekerja biasanya Anda tak perlu repot-repot memilih asuransi mobil terbaik ataupun melakukan pembayaran preminya karena sudah diurus oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Baca juga: Cara Jitu Memiliki Kendaraan Pribadi Tanpa Kredit Tanpa Hutang

Namun berbeda bila Anda membeli mobil tsb sendiri, baik mobil baru maupun bekas, maka Anda akan dihadapkan untuk memilih asuransi mobil terbaik, pelayanan asuransi yang memuaskan namun harganya tidak terlalu mahal. Lalu bagaimana caranya? Untuk itu Cara Investasi Bisnis akan mengulasnya untuk Anda …

Apakah Itu Asuransi Mobil Dan Kenapa Asuransi Mobil tsb Diperlukan?

Sebelum membahas mengenai tips / cara memilih asuransi mobil terbaik untuk Anda, sebaiknya kami ulas sedikit mengenai pengertian dan pentingnya asuransi mobil.

Perlu Anda ketahui, banyaknya pengendara yang ugal-ugalan dan tingginya tindak kejahatan menyebabkan risiko terjadinya kecelakaan yang menyebabkan rusak / cacatnya dan risiko kehilangan mobil kesayangan Anda dapat terjadi kapan saja tanpa terduga. Untuk itulah Anda perlu memilih asuransi mobil terbaik untuk mengurangi beban Anda dari segala risiko yang terjadi terutama dari segi finansialnya.

Asuransi mobil merupakan sebuah kontrak / perjanjian resmi antara Anda sebagai pemilik mobil dan perusahaan asuransi dimana pihak asuransi akan melindungi kendaraan Anda dari segala risiko sehingga Anda tak perlu menanggung beban tsb sendirian.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Asuransi Jiwa

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Anda?

cara memilih asuransi mobil terbaik

image credit: pixabay.com

Memang banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi mobil dengan segala fitur-fiturnya. Sebagai konsumen, Anda diharapkan aktif dan cermat untuk melihat segala kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk sehingga dapat memilih asuransi mobil terbaik.

Beberapa tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk memilih asuransi mobil terbaik untuk Anda:

  1. Pelajari Polis Asuransi

Polis asuransi mobil adalah sebuah jaminan yang ditentukan oleh perusahaan asuransi atas penurunan nilai dari mobil klien. Biasanya kategori polis asuransi mobil akan dibedakan menurut apa yang menyebabkan nilai mobil tersebut berkurang, misalnya karena pencurian, rusak karena bencana alam, atau rusak karena kecelakaan.

Secara garis besar, ada jenis polis asuransi mobil yang perlu Anda pahami saat memilih asuransi mobil terbaik, yaitu jaminan “all risk” / “comprehensive” dan “total loss only” / TLO.

Polis asuransi TLO hanya meng-cover risiko kerusakan bila di atas 70% termasuk risiko kehilangan. Biasanya polis ini sudah disertakan bila Anda membeli mobil secara kredit.

Sementara polis asuransi all risk mengcover hampir semua risiko kerusakan baik minor maupun mayor. Karena cakupan perlindungannya lebih luas maka tak heran bila premi polis asuransi mobil all risk lebih mahal dibandingkan TLO.

Namun pada perkembangannya dan menekan daya saing biasanya perusahaan asuransi pun akan menawarkan sistem kombinasi antara “all risk” dan TLO. Misalnya saat Anda membeli mobil baru maka Anda memilih asuransi mobil dengan polis all risk pada 3 tahun pertama kemudian dilanjutkan dengan TLO pada tahun berikutnya karena usia kendaraan yang sudah tidak muda lagi.

  1. Periksa Kondisi Fisik Mobil

Cara memilih asuransi mobil terbaik berikutnya adalah dengan mengetahui kondisi fisik mobil Anda sendiri. Seperti yang telah diulas sedikit di atas, bila Anda membeli mobil baru sebaiknya pilihlah polis asuransi mobil comprehensive.

Sementara bila Anda membeli mobil bekas atau kondisi mesinnya sudah tidak prima maka sebaiknya Anda memilih asuransi mobil dengan polis TLO agar tidak menguras kantong Anda.

  1. Periksa Premi Asuransi Mobil

Premi asuransi mobil adalah sejumlah dana yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi pada periode waktu tertentu yang tertulis dalam polis asuransi. Besar kecilnya premi yang harus dibayarkan akan sangat ditentukan oleh polis asuransi mobil yang Anda pilih.

Semakin luas jaminan dan cover risiko pada polis asuransi maka akan meningkatkan biaya preminya. Coba Anda hitung apakah sesuai biaya premi yang ditawarkan dengan manfaat yang tercantum pada polis untuk memilih asuransi mobil terbaik. Walaupun saat klaim Anda akan dibebankan biaya atas risiko sendiri, namun pastikan tidak ada “hidden cost” atau biaya tambahan lainnya.

  1. Periksa Layanan yang Diberikan Perusahaan Asuransi

Saat Anda memilih asuransi mobil terbaik, sangat penting Anda memilih perusahaan asuransi yang menyediakan layanan penuh selama 7 hari dalam seminggu dengan 24 jam tiap harinya sehingga Anda merasa lebih tenang walaupun risiko tsb terjadi di malam hari.

Anda pun perlu melihat testimoni para konsumen sebelumnya bagaimana jenis layanan yang mereka berikan, apakah banyak complaint dsb. Anda perlu memilih asuransi mobil terbaik dengan jenis layanan yang cepat dan tepat tentunya.

  1. Periksa Mitra Kerja Perusahaan Asuransi

Dalam memilih asuransi mobil terbaik, sebaiknya Anda memilih produk yang disediakan perusahaan asuransi yang telah berkembang sehingga memiliki kantor cabang yang tersebar atau setidaknya memiliki mitra kerja yang tersebar di setiap kota. Ini memudahkan Anda bila Anda memerlukan derek mobil atau bengkel mobil terdekat dengan lokasi dimana Anda berada, misalnya dalam perjalanan, dll.

Tak hanya itu, Anda pun wajib memperhatikan kualitas pelayanan dari bengkel tsb, apakah respon perbaikan dilakukan dengan cepat, apakah onderdil pengganti merupakan sparepart yang berkualitas, dsb.

Itulah 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebagai cara memilih asuransi mobil terbaik. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Tags: Cara Memilih Asuransi Pengertian Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Anda"

6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

Tinggalkan Balasan