5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda Untuk Masa Tua Gemilang

Cara Mempersiapkan Dana Pensiun – Pensiun merupakan sebuah kondisi yang pasti akan terjadi pada setiap orang. Pensiun adalah hal normal dan tak perlu ditakuti. Agar Anda dapat menikmati masa-masa pensiun yang enak dan nyaman, tentunya Anda pun harus mengetahui cara mempersiapkan masa pensiun tsb.

Mempersiapkan dana pensiun sejak muda adalah pilihan yang sangat bijak dan cerdas. Alasannya karena saat masih muda, Anda masih memiliki banyak waktu dan tenaga untuk melakukan aneka pekerjaan baik itu pekerjaan utama maupun penghasilan. Semakin dini menabung dana pensiun dilakukan makan akan semakin besar pula hasil investasi dana pensiun tsb. Anda tak mau kan saat Anda pensiun nanti malah hidup serba kekurangan?

Dengan mempersiapkan dana pensiun sejak muda pun memungkinkan Anda untuk pensiun dini dari pekerjaan sekarang lalu melakukan aktivitas lainnya yang sesuai passion Anda / yang Anda senangi.

Bagi Anda yang merupakan pegawai negeri sipil maupun anggota TNI / Polri, mungkin tak bingung dengan cara mempersiapkan dana pensiun yang notabene telah diatur oleh pemerintah. Lalu bagaimana dengan persiapan pensiun karyawan swasta?

Perusahaan swasta yang bonafid biasanya sudah mengatur dana pensiun ini, biasanya dipotong langsung dari gaji karyawan tiap bulannya plus ada subsidi dari perusahaan itu sendiri yang tergantung pada gaji karyawan dan masa kerja karyawan itu sendiri. Dana tsb kemudian dipercayakan pada perusahaan investasi / manager investasi untuk dikelola dan diinvestasikan baik ke pasar saham, giro, reksadana, dsb.

Lalu bagaimana bila perusahaan swasta tempat Anda bekerja tak memiliki fasilitas tsb? Anda tak perlu berkecil hati, karena Anda sendiri masih dapat mempersiapkan dana pensiun sejak muda dan mempersiapkan masa pensiun yang tenang dan nyaman.

cara mempersiapkan dana pensiun sejak dini

Ilustrasi cara mempersiapkan dana pensiun sejak dini (image: argaam.com)

Baca juga: 5 Tips Jitu Memiliki Rumah Di Usia Muda (Bawah 30 an)

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda

Cara mempersiapkan masa pensiun ini dapat digunakan oleh siapa saja, baik Anda pekerja swasta, pekerja lepas, pegawai negeri sipil yang ingin menambah tabungan dana pensiunnya. Oke langsung saja berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana pensiun sejak masa muda, yaitu:

  1. Yuk Mulai Menabung Dana Pensiun

Cara mempersiapkan dana pensiun sejak muda yang pertama adalah dengan menabung. Idealnya tiap bulan, Anda harus menyisihkan 10-20% dari penghasilan Anda untuk menabung ini. Mungkin ada banyak tujuan menabung, ada yang untuk menyiapkan pernikahan, modal bisnis, sampai menyiapkan dana pensiun. Nah dari jumlah tabungan tsb sebaiknya alokasikan sebanyak 3-10% untuk tabungan dana pensiun.

Bagaimana caranya agar Anda dapat menabung efektif walaupun penghasilan pas-pasan? Lakukan sekarang juga, uang tabungan dipotong di awal, lakukan secara konsisten. Untuk lebih jelasnya silahkan

baca: Cara Menabung Efektif untuk Persiapan Masa Depan

  1. Lakukan Penghematan Sekarang Juga

Niat baik bagusnya disegerakan dan jangan ditunda-tunda. Begitu pula dalam menyiapkan dana pensiun. Bila menabung dana pensiun sebanyak 3-10% dari penghasilan bulanan terasa sulit, cobalah untuk melakukan penghematan dan hidup sederhana. Cara ini cukup efektif digunakan untuk menabung dan mempersiapkan masa pensiun sejak dini.

Sebagai contoh, dibandingkan Anda naik taxi berangkat bekerja, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti kereta ataupun busway yang tarifnya lebih murah. Atau Anda yang biasa makan siang di luar, mulailah sekarang dengan membawa bekal dari rumah. Penghematan-penghematan kecil ini ternyata bila dikumpulkan hasilnya lumayan juga loh.

  1. Prioritaskan Bayar Hutang Dulu

Bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun bila sekarang Anda memiliki hutang? Untuk menghindari jeratan hutang,  sebaiknya lunasi hutang dulu baru menyiapkan tabungan dana pensiun. Hutang apalagi berbunga tidak baik untuk kesehatan jasmani, rohani, dan finansial Anda. Usakahan untuk membayar hutang dulu dan jangan pernah berhutang lagi.

  1. Jangan Lupa Menyiapkan Dana Darurat

Cara mempersiapkan dana pensiun yang besar berikutnya adalah dengan tidak lupa mengalokasikan dana darurat. Walaupun Anda sedang fokus menabung untuk investasi, namun jangan lupa akan dana darurat yang harus dimiliki. Dana darurat nantinya akan jadi penyelamat Anda saat kondisi keuangan memburuk sehingga terhindar pula dari hutang nantinya atau mengambil dana investasi Anda. Seyogyanya setiap orang memiliki simpanan darurat ini sebanyak 3 – 6 x dari penghasilan bulanannya. Anda dapat menyimpan dana darurat ini di tabungan khusus / deposito.

  1. Investasi Dana Pensiun Terbaik

Agar uang Anda tidak tergerus inflasi, sebaiknya lakukan investasi pada dana pensiun yang sudah dialokasikan tsb. Ada yang lebih menyukai menyiapkan dana pensiun dengan emas, ada yang mempersiapkan masa pensiun dengan reksadana, namun ada pula yang tak ingin pusing sehingga mempercayakan tabungan dana pensiun tsb pada sebuah manager investasi. Ada yang mengikuti program JHT (Jaminan Hari Tua) ataupun DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Biasanya tiap 3 bulan atau 6 bulan sekali, Anda akan mendapatkan laporan dari perusahaan investasi tsb mengenai perkembangan investasi dana pensiun Anda.

Untuk mendapatkan investasi dana pensiun terbaik, sebaiknya pilih manager investasi terpercaya.

Nah itulah beberapa tips cara mempersiapkan dana pensiun sejak muda yang dapat Anda coba. Mempersiapkan masa pensiun yang gemilang harus disiapkan dari sekarang. Semoga bermanfaat ..

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara membuat dana pensiun sendiri -cara mempersiapkan pensiun -cara menikmati masa muda -cara menabung dana pensiun -menabung dana pensiun -cara mempersiapkan dana pensiun -mempersiapkan pensiun sejak dini -bisnis untuk para pensiun muda -cara membuat dana pensiun -TIPS MEMPERSIAPKAN MASA TUA -

Tags: Cara Investasi cara menabung yang efektif Dana Pensiun

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda Untuk Masa Tua Gemilang"

Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan

Tinggalkan Balasan