Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan: Mana yang Terbaik?

Asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan – Orang tua ada yang menganggap bahwa tabungan pendidikan lebih penting dibandingkan dengan asuransi pendidikan, padahal tidak selamanya anggapan tersebut benar. Asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan memiliki nilai plus minus masing-masing. Kadang nilai plus minus itulah yang kurang dipahami oleh masyarakat luas sehingga menganggap bahwa tabungan pendidikan lebih baik. Mindset yang salah juga menyebabkan orang tua menganggap asuransi pendidikan itu tidak perlu dan  diperparah lagi dengan pemikiran yang tertutup, pemikiran atau pola pikir yang sudah tertutup mau diberikan masukan sebagus apapun tidak akan bisa masuk dan menganggap pola pikirnya lah yang paling benar.

Oleh sebab itu sebelum mengetahui informasi lebih lanjut tentang asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan, Anda harus memiliki pemikiran yang terbuka terlebih dahulu. Setelah memiliki pemikiran terbuka, Anda bisa menyimak asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan berikut ini:

Perbedaan

Asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan signifikan inilah yang nantinya harus menjadi bahan pertimbangan Anda ketika akan memutuskan untuk mengambil tabungan pendidikan ataukah asuransi pendidikan. Simak perbedaan asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan berikut ini:

Pengertian

Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan

Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan

Asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan memiliki pengertian yang berbeda. Pengertian inilah yang harus Anda pahami agar tidak menimbulkan salah paham atau salah kaprah. Pengertian dari tabungan pendidikan merupakan tabungan berencana yang dikhususkan untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak dengan waktu berjangka. Tabungan ini adalah produk yang dikeluarkan oleh bank, sehingga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Keuntungan jika Anda mengikuti tabungan pendidikan ini adalah jika suatu saat bank tersebut mengalami kebangkrutan, tabungan pendidikan Anda tetap aman.

Asuransi pendidikan bukanlah produk yang dikeluarkan oleh bank melainkan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Uang Anda yang berada di asuransi tersebut tidak akan dijamin oleh Lembaga LPS. Jika ada bank yang menawarkan asuransi maka pihak bank tersebut hanya sebatas agen penjual unit saja. Asuransi pendidikan memiliki fokus dua aspek yaitu tabungan maupun investasi.

Keuntungan Investasi

Perbedaan yang kedua adalah bagian investasi. Keuntungan dari asuransi pendidikan ini tidak bisa untuk dipastikan sebab dipengaruhi oleh berbagai hal misalnya saja kinerja dari investasi dan juga risiko dari investasi tersebut.

keuntungan Asuransi Pendidikan

keuntungan Asuransi Pendidikan

Tabungan pendidikan memiliki keuntungan yang pasti, hal itu dikarenakan bunga dari tabungan pendidikan sifatnya pasti. Sehingga tabungan pendidikan Anda nantinya akan ditambahkan dengan bunga yang Anda dapatkan setiap bulannya. Nilai tabungan Anda tidak akan berkurang sebab tidak memiliki risiko.

Risiko

Asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan memiliki risiko yang berbeda. Jika Anda mengikuti asuransi pendidikan, meski nantinya nasabah akan mendapatkan keuntungan dari produk asuransi yang diikuti namun bukan berarti asuransi tersebut tanpa memiliki risiko. Risiko asuransi pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan pendidikan.

Perlindungan

perlindungan Asuransi Pendidikan

perlindungan Asuransi Pendidikan

Keunggulan dari asuransi pendidikan dibandingkan dengan tabungan pendidikan adalah proteksi yang tidak terbatas bagi orang tua yang menjadi tulang punggung keluarga, sedangkan untuk tabungan pendidikan perlindungannya sangat rendah dibandingkan dengan asuransi pendidikan selain itu Uang Santunannya pun sangat terbatas.

Fitur Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Berbagai macam fitur dari tabungan dengan asuransi pendidikan sebaiknya juga dicermati alasannya setiap tabungan maupun asuransi memiliki fiturnya masing-masing. Fitur inilah yang nantinya bisa memberikan gambaran Anda manakah yang baik untuk pendidikan anak Anda. Berikut ini adalah beberapa fitur dari asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan yang harus Anda ketahui:

Tabungan Pendidikan

tabungan pendidikan

tabungan pendidikan

Tabungan pendidikan memiliki fitur yang berbeda dengan asuransi pendidikan dimana proteksi dari asuransi pendidikan lebih banyak dan lebih luas dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Berikut ini adalah fitur dari tabungan pendidikan yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Bisa dijadikan sebagai tabungan dalam jangka pendek, dimana jangka waktu tersebut lebih pendek dibandingkan dengan asuransi pendidikan. Jangka waktu dari tabungan pendidikan minimal selama 2 tahun dan maksimal selama 5 tahun. Berbeda dengan asuransi pendidikan yang jangka waktunya bisa 5 tahun sampai dengan 15 tahun.
  • Bunga yang kecil, sehingga uang di tabungan Anda nantinya hanya akan bertambah sedikit demi sedikit saja, meski begitu Anda yang menabung di tabungan pendidikan hanya akan dipotong atau dikenakan biaya administrasi. Besarnya biaya administrasi disesuaikan oleh masing-masing bank.
  • Mendapatkan asuransi jiwa meski jumlahnya tidak besar. Tabungan pendidikan yang Anda ikuti ada asuransinya yaitu asuransi jiwa. Sehingga Anda akan tetap mendapatkan manfaat kombinasi dari tabungan pendidikan yang diikuti. Asuransi jiwa tersebut akan memberikan manfaat jika pihak yang tertanggung meninggal dunia maka akan mendapatkan dana yang sudah disebutkan pada kontrak.
  • Besarnya bunga yang diberikan oleh tabungan pendidikan ini tidak banyak, hanya sekitar 3% sampai dengan 6% saja.

Asuransi Pendidikan

asuransi pendidikan

asuransi pendidikan

Ada beberapa fitur dari asuransi pendidikan yang tidak dimiliki oleh tabungan pendidikan. Simak fitur menarik dari asuransi pendidikan berikut ini:

  • Jangka panjang, jika tabungan pendidikan jangka waktunya hanya 2 sampai dengan 5 tahun, asuransi ini jangka waktunya selama 10 sampai dengan 15
  • Fitur yang diunggulkan dari asuransi pendidikan adalah bisa memberikan manfaat proteksi atau perlindungan bagi nasabah yang mengikuti asuransi pendidikan tersebut. Proteksi yang akan didapatkan oleh nasabah yang mengikuti asuransi ini adalah jika pihak tertanggung atau pemegang polis mengalami risiko dan harus dirawat di rumah sakit maka biaya rumah sakit tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Proteksinya juga lebih luas dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Nasabah akan mendapatkan penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan kesepakatan atau sesuai yang tertulis dalam polis, selain itu nasabah juga harus dirawat di rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi tersebut.
  • Bunga lebih besar dengan persentase sekitar 15% sampai dengan 23% per tahunnya, sehingga uang yang Anda simpan sebagai investasi di asuransi pendidikan tersebut akan cepat naik dan bertambah besar.
  • Fitur menarik dari asuransi pendidikan dibandingkan dengan tabungan pendidikan adalah melindungi dari risiko kematian. Risiko tentang kematian ini sudah ditulis secara jelas di polis asuransi. Jika orang tua sebagai tulang punggung keluarga mengalami risiko kematian atau cacat dan pembayaran premi terhenti sedangkan si anak belum mendapatkan haknya berupa pendidikan dengan jenjang yang sudah tertulis dalam polis, maka perusahaan asuransi tersebut akan menjalankan kewajibannya untuk menjamin pendidikan bagi sang anak sampai e jenjang yang sudah disepakati. Hal itu dikarenakan asuransi pendidikan merupakan gabungan antara asuransi jiwa dengan dana pendidikan, sehingga jika membeli produk asuransi secara terpisah tidak akan menjadi efektif untuk merencanakan pendidikan bagi anak Anda.

Baik tabungan maupun asuransi pendidikan semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua pilihan tersebut ada di tangan Anda, yang pasti apapun yang Anda ambil baik itu asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan akan membuat Anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan orang tua yang tidak memiliki tabungan maupun asuransi pendidikan untuk anak-anaknya. Semoga informasi tentang asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat bagi Anda.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

tabungan pendidikan terbaik -pengertian tabungan pendidikan -asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan -perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan -pengertian tabungan anak -pengertian asuransi tabungan -lebih baik mana asuransi dgn tabungan pendidikan -lebih baik mana asuransi dan tabungan apa kelebihan dan kekurangan masing masing apabila dikaitkan dengan manajemen pendidikan -investasi emas vs asuransi -asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan -

Tags: Asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan Asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan vs reksadana perbedaan Asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan: Mana yang Terbaik?"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan