Macam-macam Asuransi Jiwa yang Penting Untuk Diketahui

Macam-macam asuransi jiwa  perlu untuk Anda ketahui. Selama ini produk asuransi jiwa yang dimiliki oleh setiap perusahaan mengacu pada jenis asuransi jiwa tersebut. Di zaman yang seperti ini asuransi merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Alasannya adalah Anda tidak akan pernah tahu kapan risiko tersebut datang kepada Anda dan keluarga Anda. Setidaknya asuransi jiwa yang Anda miliki akan mampu mencover berbagai macam risiko yang bisa saja terjadi kepada keluarga Anda. Perusahaan asuransi yang setiap bulan menerima pembayaran premi nasabah, saat risiko tersebut datang berkewajiban untuk membayar nominal uang pertanggungan terlebih lagi jika yang tertanggung polis sampai meninggal dunia. Berikut ini adalah macam-macam asuransi jiwa yang patut untuk Anda ketahui:

Term Life Insurance

Term Life Insurance

Term Life Insurance

Term Life Insurance merupakan salah satu dari macam-macam asuransi jiwa yang memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan kepada pihak yang sudah ditanggung dalam asuransi dengan jangka waktu tertentu saja. Biasanya asuransi jiwa dengan jenis ini akan memiliki perjanjian kepada pihak yang tertanggung asuransi dengan lamanya pertanggungan dimulai dari 5 tahun, 10 tahun sampai dengan 20 tahun. Nasabah memiliki kewajiban untuk membayar jumlah premi tetap sehingga jika dibandingkan dengan jenis asuransi lain preminya tergolong lebih murah. Ada jenis asuransi jiwa yang jumlah preminya berubah-ubah dimana memiliki kenaikan premi dikarenakan risiko yang semakin meningkat sehingga pembayarannya relatif mahal.

Ketika Anda menginginkan asuransi untuk keluarga Anda namun terkendala  dengan biaya premi yang mahal, Anda bisa memilih asuransi jenis ini untuk bisa mencover keluarga Anda dari berbagai macam risiko, selain itu asuransi ini cocok bagi yang ingin melindungi keluarga namun terbatas pada masalah keuangan.

Kelebihan Asuransi Jiwa Berjangka

Dengan mengikuti asuransi jiwa berjangka, Anda bisa mempersiapkan pendidikan anak dan menjamin pendidikannya jika suatu saat sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda. Beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika Anda mengikuti asuransi jiwa berjangka ini adalah:

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi Jiwa Berjangka

  • Sebagai pemegang polis atau nasabah, Anda berhak untuk menentukan berapa banyak premi yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.
  • Nasabah bisa mendapatkan uang pertanggungan bisa mencapai miliaran rupiah jika pihak yang tertanggung asuransi meninggal dunia. Sebagai catatan disini yang ditanggung dalam asuransi masih aktif dan terikat dengan asuransi. Nantinya uang pertanggungan tersebut akan dilimpahkan kepada pihak keluarga atau ahli waris.

Kekurangan

Selain ada kelebihan, asuransi ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan ini sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik seperti risiko kehilangan uang premi yang dibayarkan setiap bulannya. Hal itu dikarenakan jika dalam masa kontrak tersebut nasabah tidak mengalami masalah kesehatan atau meninggal dunia maka ahli waris atau nasabah yang tertanggung dalam polis asuransi tidak akan mendapatkan uang pertanggungan.

Whole Life atau Seumur Hidup

Whole Life atau Seumur Hidup

Whole Life atau Seumur Hidup

Salah satu dari macam-macam asuransi jiwa selanjutnya yang wajib untuk Anda ketahui adalah asuransi seumur hidup atau whole life insurance. Keuntungan Anda mengikuti asuransi jenis ini adalah mencover atau melindungi nasabah atau pihak yang tertanggung asuransi seumur hidupnya. Ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi ini dimana mampu mencover kesehatan dan risiko mencapai usia 100 tahun lamanya. Bagi Anda yang tidak memiliki tanggungan sangat diwajibkan untuk mengikuti asuransi ini. Manfaat lebih akan Anda rasakan tidak hanya sekadar uang pertanggungan ketika terjadi kematian namun akan memberikan tabungan berjangka panjang.

Mengikuti asuransi ini nasabah akan diberikan dua macam manfaat. Nasabah yang mengalami risiko kesehatan bahkan kematian sebelum umur 100 tahun dia akan mendapatkan uang pertanggungan, sedangkan jika masih sehat walafiat sampai umur 100 tahun akan mendapatkan manfaat berupa tabungan jangka panjang.

Kentungan

Kentungan asuransi jiwa seumur hidup ini sangat menguntungkan bagi nasabahnya. Simak beberapa keuntungan yang bisa nasabah dapatkan berikut ini:

  • Nasabah atau si pemegang polis akan mendapatkan dari nilai tunai setiap besaran premi yang dibayarkann
  • Jika nasabah tidak mampu membayar jumlah premi secara berkala, nasabah bisa menggunakan setiap nila tunai premi yang sudah dibayarkannya untuk membayar besarnya premi di waktu berikutnya.
  • Berbeda dengan asuransi jiwa berjangka, asuransi seumur hidup ini tidak akan hangus meskipun nasabah tidak mengalami masalah yang serius seperti kecelakaan, masuk rumah sakit bahkan meninggal dunia. Nilai premi nasabah akan tetap ada.
  • Uang pertanggungan akan diberikan kepada nasabah secara keseluruhan. Besarnya tergantung dengan kesepakatan antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

Unit Link

Asuransi Unit Link

Asuransi Unit Link

Jenis asuransi jiwa ini banyak digunakan oleh beberapa perusahaan asuransi. Banyak produk asuransi jiwa yang mengacu pada Unit Link ini. Sebut saja  perusahaan asuransi terbesar di Indonesia Prudential, beberapa produk asuransi jiwanya jenisnya adalah Unit Link.  Unit Link ini akan menggabungkan manfaat dan juga investasi. Nasabah yang akan mengikuti asuransi jika mengalami masalah kesehatan, kecelakaan bahkan meninggal dunia akan mendapatkan manfaat dari asuransi. Namun bagi nasabah yang tidak mengajukan klaim maka nilai premi yang dibayarkannya akan menjadi tabungan atau investasi untuk jangka depannya.

Keuntungan

Unit Link memberikan keuntungan kepada para nasabahnya diantaranya adalah tidak hanya terjamin dari berbagai macam risiko seperti sakit dan meninggal dunia namun nasabah akan mendapatkan hasil dari investasi yang ditanamnya di asuransi. Bunga yang tinggi akan dirasakan oleh nasabah. Oleh sebab itu nasabah harus tahu kapan investasi yang ditanamnya akan membuahkan hasil yang menguntungkan. Misalnya saja adalah asuransi jiwa Unit Link Prudential, jika dana ditarik dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun nasabah akan rugi. Namun jika ditarik lebih dari 6 tahun nasabah akan mengalami keuntungan. Puncaknya dana akan menjadi berlipat-lipat jika ditarik dalam jangka 10 tahun.

Kerugian

Ada keuntungan tentu ada kerugiannya. Setiap kelebihan dan keuntungan tersebut harus dipertimbangkan secara matang oleh nasabah. Simak beberapa kerugian Unit Link berikut ini:

  • Memiliki imbal balik yang signifikan jika dibandingkan dengan investasi murni seperti saham, reksadana dan pasar uang. Jika memang menginginkan keuntungan yang berlipat, jangan menanam di Unit Link namun dalam investasi yang murni.
  • Jumlah UP atau Uang Pertanggungan yang kecil jika investasi gagal sehingga keuntungan yang akan didapatkan oleh nasabah hanya kecil.

Dwiguna

Asuransi Dwiguna

Asuransi Dwiguna

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini akan memiliki dwiguna atau dua manfaat. Manfaat yang akan bisa nasabah dapatkan adalah perlindungan secara berjangka juga bisa dijadikan sebagai tabungan. Pemegang polis bisa mengajukan klaim dan mendapatkan uang pertanggungan selain itu nasabah melakukan penarikan polis asuransi dalam waktu yang sudah ditentukan sebelum masa kontrak nasabah dengan perusahaan asuransi berakhir. Kekurangannya karena memiliki dua manfaat maka jumlah preminya lebih besar dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya yang hanya memberikan satu manfaat.

Demikianlah informasi tentang macam-macam asuransi jiwa yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

macam macam asuransi jiwa -jenis asuransi jiwa -Jenis-jenis asuransi jiwa -Macam asuransi jiwa -jenis2 asuransi jiwa com -Macam macam asuransi jiwa di indonesia -macammacam asuransi jiwa -

Tags: Macam-macam asuransi jiwa Macam-macam asuransi jiwa 2017 Macam-macam asuransi jiwa di dunia Macam-macam asuransi jiwa di indonesia Macam-macam asuransi jiwa terbaru Macam-macam asuransi jiwa yang perlu Anda tahu

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Macam-macam Asuransi Jiwa yang Penting Untuk Diketahui"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan