12 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Jiwa Yang Banyak Orang Tidak Tahu

Keuntungan dan kerugian asuransi jiwa sering dipertimbangkan oleh masyarakat. Memang sebelum membeli asuransi di perusahaan asuransi penting untuk mengetahui keuntungan dan kerugiannya. Keuntungan mengikuti asuransi ini berbeda-beda tergantung dengan kebijakan dari perusahaan asuransi tersebut. Namun disini Anda harus mengetahui tentang keuntungan umum jika Anda mengikuti asuransi jiwa. Untuk keuntungan secara khususnya, Anda bisa dapatkan dari produk asuransi jiwa yang Anda beli. Jika Anda membeli polis asuransi jiwa bisa dikatakan bahwa Anda sudah membeli payung sebelum hujan, sehingga sewaktu-waktu hujan Anda sudah memiliki payung untuk melindungi diri Anda. Simak beberapa keuntungan dan kerugian asuransi jiwa berikut ini:

Keuntungan

keuntungan Asuransi Jiwa

keuntungan Asuransi Jiwa

Hal pertama yang akan dibahas tentang asuransi jiwa adalah keuntungan. Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari asuransi jiwa ini banyak sekali. Berikut ini adalah manfaat asuransi jiwa yang bisa Anda dapatkan:

Melindungi Ahli Waris

Hal pertama yang menjadi keuntungan dan kerugian asuransi jiwa adalah melindungi ahli waris. Ahli waris adalah orang yang ditinggalkan jika suatu saat risiko tersebut datang kepada Anda. Biasanya ahli waris ini adalah pihak istri maupun anak-anak. Istri yang tidak bekerja dan anak-anak yang masih kecil sangat membutuhkan kehadiran Anda di tengah-tengah keluarga. Namun Anda tidak pernah bisa menebak takdir Anda. Oleh sebab itu dengan asuransi jiwa yang Anda miliki secara tidak langsung Anda melindungi ahli waris Anda.

Membuat Hati Tenang

Memiliki asuransi akan membuat hati Anda menjadi tenang. Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi bisa saja mengalami berbagai macam risiko seperti kecelakaan, meninggal mendadak dikarenakan  penyakit jantung koroner yang muncul akibat sering bergadang dan tuntutan pekerjaan dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa, selama tidak menyalahi aturan perusahaan asuransi, ahli waris bisa mengajukan klaim dan mendapatkan Uang Pertanggungan dan santunan. Nasib ahli waris menjadi lebih baik dibandingkan dengan yang tidak memiliki asuransi.

Mengantisipasi Kerugian

Jika Anda memiliki asuransi jiwa maka Anda bisa mengantisipasi kerugian yang bisa saja datang kepada Anda. Kerugian tersebut bisa diakibatkan oleh kematian, kecelakaan dan juga cacat total. Memang asuransi jiwa tidak akan menguntungkan Anda namun Anda bisa berbagi kerugian bersamanya. Saat Anda mengalami risiko seperti meninggal dunia, kerugian seperti cicilan rumah, pinjaman yang bersifat tunai sampai dengan biaya pemakaman bisa dicover oleh asuransi. Jika Anda mengandalkan tabungan, tabungan bisa cepat habis dan sering tidak cukup untuk mencover itu semua.

Mudahnya Pembayaran Premi

Hal ini menjadi keuntungan dan kerugian asuransi jiwa. Pasalnya masih ada saja nasabah yang kesulitan untuk membayar preminya. Kesulitan ini berasal pada sistem dari perusahaan asuransi itu sendiri. Misalnya saja adalah ada perusahaan asuransi yang mewajibkan nasabahnya mengirimkan bukti pembayaran premi melalui faksimile, padahal tidak semua nasabah memiliki mesin faksimile ini. Sedangkan dari segi kemudahan, nasabah bisa membayarnya dengan cara online, menggunakan Smartphone, pembayaran dengan jangka waktu tiap sebulan sekali, setiap 6 bulan sekali dan bahan setahun sekali. Jangka waktu pembayaran tersebut tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Cuti Premi

Keuntungan dan kerugian asuransi jiwa  lainnya yang perlu untuk Anda ketahui adalah adanya cuti premi. Mengapa disebut dengan keuntungan dan kerugian?, alasannya adalah tidak semua asuransi jiwa memberlakukan cuti premi. Hanya asuransi jiwa jenis Unit Link saja yang memiliki cuti premi ini.  Selain itu hanya nasabah dengan kondisi polis tertentu saja yang bisa menikmati cuti premi ini.

Banyaknya Rider

Asuransi jiwa juga memiliki rider atau manfaat tambahan yang beragam. Untuk bisa lebih melindungi diri, Anda bisa menambahkan berbagai macam rider ke asuransi utama Anda. Jumlah rider dari asuransi jiwa ini lebih banyak dibandingkan dengan rider asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan dan juga pendidikan. Rider yang bisa diambil contohnya saja perlindungan dari penyakit kritis seperti kanker, jantung dan juga stroke. Banyaknya penyakit kritis yang dicover tergantung dengan perusahaan asuransi masing-masing. Ada yang mencover 37 penyakit dan ada yang mencover 39 penyakit, sehingga jika nanti pihak tertanggung meninggal diakibatkan oleh penyakit tersebut maka asuransi harus membayarkan santunan kepada ahli waris.

Praktis

Keuntungan asuransi jiwa lainnya adalah lebih praktis hanya dengan satu polis saja pihak tertanggung bisa mendapatkan manfaat ganda. Contohnya saja asuransi jiwa Unit Link, pihak yang ikut asuransi bisa merasakan manfaat dari asuransi tersebut sekaligus bisa untuk berinvestasi.

Premi Tidak Hangus

Ada istilah premi hangus pada asuransi kesehatan dan juga pendidikan, namun khusus untuk Asuransi Jiwa Unit Link ini tidak ada istilah premi hangus. Sebenarnya premi itu tetap hangus, namun jumlah premi itu akan digantikan dengan Uang Pertanggungan yang jumlahnya lebih besar. Uang Pertanggungan tersebut jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan jumlah premi yang sudah disetorkan oleh nasabah.

Kerugian

kerugian Asuransi Jiwa

kerugian Asuransi Jiwa

Kerugian maupun keuntungan tersebut melekat satu sama lain. Jika ada keuntungan maka akan ada kerugiannya. Berikut ini adalah kerugian asuransi jiwa yang harus Anda pertimbangkan:

Premi Lebih Mahal

Kerugian yang pertama tentu saja terletak pada premi yang harus dibayarkan lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi lainnya seperti kesehatan dan juga pendidikan. Hal itu disebabkan oleh besarnya komponen biaya yang harus dicover oleh asuransi jiwa, selain itu dibebani oleh biaya lain seperti biaya akuisisi, administrasi, pengelolaan investasi dan masih banyak lagi lainnya. Jika memang terlalu mahal, sebaiknya Anda bertanya kepada pihak asuransi kelebihan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan premi yang besar itu.

Pencarian Uang Klaim

Kerugian asuransi jiwa terletak pada uang klaim nasabah dimana hanya bisa dicairkan atau ditarik sekali seumur hidupnya. Hal inilah yang sering menjadi bahan pertimbangan masyarakat sehingga memilih untuk mengikuti asuransi yang lainnya seperti kesehatan, pendidikan dan lain-lain. Banyak masyarakat yang memilih asuransi yang bisa memberikan Uang Pertanggungan secara berkala.

Dinikmati Ahli Waris

Kerugian asuransi jiwa yang lainnya adalah hasil dari asuransi hanya bisa dinikmati oleh ahli waris bukan dirasakan oleh pihak tertanggung asuransi. Kebanyakan masyarakat menginginkan asuransi yang bisa dinikmati oleh dirinya sendiri dan juga keluarganya. Selain itu untuk bisa merasakan manfaat dari asuransi hanya bisa dirasakan ketika yang tertanggung sudah meninggal dunia ataupun mengalami kecacatan.

Investasi yang Tidak Transparan

Kelemahan ini menjadi kekurangan dari asuransi jiwa dari beberapa perusahaan asuransi. Asuransi jenis Unit Link kadang tidak memiliki hasil investasi yang transparan sehingga nasabah bertanya-tanya kemana premi yang sudah dibayarkannya selama ini.  Selain itu informasi tentang kapan nilai investasi naik dan juga turun sering tidak didapatkan oleh nasabah.

Ketika Anda menginginkan untuk membeli produk sebaiknya diperkirakan dengan baik apa saja keuntungan dan juga kerugian yang didapatkan. Begitupula dengan asuransi, sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan baik tentang keuntungan dan kerugian asuransi jiwa yang sudah dijelaskan diatas sebelum memutuskan membeli polis asuransi jiwa.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

keuntungan asuransi -Kelemahan asuransi -keuntungan ikut asuransi -manfaat asuransi jiwa -manfaat ikut asuransi -Kekurangan asuransi -kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa -keuntungan faksimile -keuntungan ikut asuransi jiwa -keuntungan asuransi jiwa -

Tags: apa saja keuntungan dan kerugian asuransi jiwa keuntungan dan kerugian asuransi jiwa keuntungan dan kerugian asuransi jiwa allianz keuntungan dan kerugian asuransi jiwa prudential keuntungan dan kerugian dari asuransi jiwa

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "12 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Jiwa Yang Banyak Orang Tidak Tahu"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan