3 Solusi Agar Bisa Kuliah Walaupun Tak Ada Dana Untuk Biayanya

Solusi Agar Bisa Kuliah Walaupun Tak Ada Dana – Sambil menunggu pengumuman sekolah SMA / SMK, biasanya para orang tua atau para pelajar sibuk memikirkan apakah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja saja. Memilih kuliah mungkin bukanlah hal yang sulit bagi orang yang berkecukupan. Lalu bagaimana bila Anda terlahir di keluarga yang memiliki dana tak cukup? Tak perlu dipungkiri bila biaya pendidikan di Indonesia memang cukup tinggi.

Setiap orang tua memang menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Yap, mencari ilmu hingga ke negeri China atau belajar setinggi-tingginya sangat dianjurkan oleh setiap agama dan juga merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Namun faktanya banyak pertimbangan yang harus dipikirkan untuk membiayai sekolah anaknya. Bagi orang tua yang sudah meyiapkan dana pendidikan melalui investasi ataupun asuransi pendidikan mungkin tak terlalu pusing. Lalu bagaimana solusi agar bisa kuliah meskipun tak punya biaya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai solusi agar dapat kuliah walaupun penghasilan pas-pasan, CaraInvestasiBisnis.com ingin mengajak pembaca semua mengenai kelebihan dan kekurangan bekerja vs kuliah terlebih dahulu.

solusi agar bisa kuliah walaupun tak ada dana

Ilustrasi solusi agar bisa kuliah walaupun tak ada dana (image: unigo.com)

Baca juga: Contoh Investasi Yang Cocok Untuk Anak Sekolah

Perbandingan Kerja vs Kuliah, Lebih Baik Mana?

Berikut ini gambaran bila Anda bekerja setelah lulus SMA / SMK tanpa kuliah, yaitu:

  • Memiliki penghasilan sendiri sehingga Anda pun lebih mandiri secara finansial. Dengan penghasilan tsb, Anda bebas mengatur keuangan pribadi, dapat menabung, atau malah membantu membiayai kebutuhan keluarga. Walaupun demikian, perlu diketahui, kisaran gaji lulusan SMA/SMK lebih kecil dibandingkan lulusan S1, UMR berkisar antara Rp. 2-2,8 juta sementara lulusan S1 berkisar di angka Rp3,3 juta.
  • Jenis profesi terbatas, selain tak banyak pilihan posisi lowongan pekerjaan juga jenjang karir pun tak sebaik lulusan S1.

Berikut ini gambaran bila Anda memilih kuliah setelah lulus SMA / SMK,  yaitu:

  • Menambah beban pengeluaran, biaya kisaran kuliah S1 selama 4 tahun untuk Universitas Negeri adalah minimal Rp. 24 juta sementara Universitas Swasta adalah minimal Rp. 40 juta. Biaya ini dapat membengkak dengan adanya uang gedung, uang praktikum, dan biaya lainnya.
  • Masih tergantung pada orang tua dan belum mandiri secara finansial. Artinya Anda perlu minta uang pada orang tua untuk memenuhi kebutuhanmu.
  • Bila Anda lulus kuliah dan kemudian bekerja maka peluang profesi terbuka lebar, memiliki jenjang karir yang lebih jelas, dan penghasilan pun lebih tinggi dibandingkan lulusan SMA/SMK.

Bila dilihat dari perbandingan di atas, memang lebih baik kuliah dulu setelah lulus SMA / SMK. Nah masalahnya bagaimana caranya kuliah bila ga ada biaya?

Begini Solusi Agar Bisa Kuliah Walaupun Tak Ada Dana

Memang betul biaya pendidikan di Indonesia cukup tinggi, namun bukan berarti dengan tingginya biaya tsb menyurutkan niat Anda untuk kuliah. Percaya deh selama Anda punya niat dan kemauan yang kuat maka tak ada yang tak mungkin.

Berikut ini adalah beberapa solusi agar bisa kuliah walaupun tak punya dana cukup yang dapat Anda coba pertimbangkan baik-baik, yaitu:

Solusi Agar Bisa Kuliah Tanpa Biaya #1: Manfaatkan Program Beasiswa

Banyak sekali program beasiswa dana kuliah yang dapat Anda manfaatkan, baik dari lembaga masyarakat maupun pemerintah, seperti beasiswa Djarum yang sering diiklankan di TV, beasiswa unggulan.kemdikbud.go.id. yang diberikan khusus untuk Anda yang berprestasi.

Solusi agar bisa kuliah dengan program beasiswa ini adalah hal yang pernah saya gunakan. Kebetulan saya pribadi terlahir di keluarga sederhana, belum lagi pas saya mau kuliah saya kehilangan ayah saya sebagai sumber pendapatan keluarga. Alhamdulillah dengan program beasiswa ini saya dapat membiayai kuliah di PTN termasuk kebutuhan lainnya seperti beli buku, dll. Waktu itu saya mendapatkan beasiswa biaya semesteran plus beasiswa untuk uang saku hehehe.

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa sebagai solusi agar bisa kuliah tanpa biaya, saya sarankan untuk rajin mencari informasi beasiswa dari berbagai sumber (misalnya tanya pada TU kampus atau situs internet) dan cobalah untuk berprestasi di bidang akademis.

Cara Kuliah Tapi Tak Punya Biaya #2: Manfaatkan Pinjaman Pendidikan

Solusi agar bisa kuliah inipun termasuk yang pernah saya gunakan. Setelah lulus S1 yang notabene gratis dengan beasiswa, kemudian dengan beberapa pertimbangan sebaiknya melanjutkan ke jenjang profesi. Nah biaya kuliah profesi ini berhasil saya selesaikan dengan dana pinjaman tanpa bunga dari dosen pembimbing skripsi waktu itu lalu dibayar dengan cara dicicil saat saya telah bekerja.

Anda pun dapat menggunakan cara yang sama, dengan mencari pinjaman pada saudara, teman, ataupun dosen sebagai solusi biaya kuliah. Sedikit tips buat Anda, cobalah berprilaku baik serta beprestasi, insya Allah mereka pun akan percaya pada Anda untuk meminjamkan uangnya.

Nah selain dengan meminjam pada orang terdekat untuk sumber dana kuliah, Anda pun dapat mencoba pinjaman dana pendidikan yang banyak disediakan oleh lembaga perbankan, salah satunya adalah BRI Kredit Mahasiswa dengan persyaratan fotocopy KTP dan KTM saja.

Ada juga program “student loans” sebagai solusi agar bisa kuliah walaupun tak memiliki biaya. Dengan program ini, Anda akan mendapatkan bantuan dana kuliah lalu dapat dilunasi setelah bekerja. Program ini ada yang menggunakan bunga dan ada yang tidak, silahkan cek di situs DanaDidik.com atau dapat pula mengunjungi Koperasi Jasa Siswa Bangsa yang digagas oleh Yayasan Sampoerna Foundation.

Beberapa perguruan tinggi yang telah membuka student loans adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Sekolah Bisnis Prasetya Mulya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Atma Jaya, Universitas Trisakti, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Bunda Mulia dan Sekolah Bisnis Institut Pengembangan Manajemen Indonesia.

Solusi Agar Bisa Kuliah Tanpa Membebani Orang Tua #3: Bekerja Sambil Kuliah, Why Not?

Tak ada larangan bekerja sambil kuliah ataupun kuliah sambil kerja, yang penting Anda dapat mengatur waktu sehingga kedua kegiatan ini tidak bertabrakan dan dapat berjalan lancar.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba solusi agar bisa kuliah dengan biaya dari hasil bekerja, berikut ini beberapa tips cerdas kuliah sambil kerja yang dapat Anda coba, yaitu:

  • Pilih pekerjaan yang cukup fleksibel dalam hal waktu, seperti bekerja part time atau sebagai freelancer atau bekerja online. Sekarang ini banyak pilihan bekerja online seperti menjadi blogger, penulis artikel, dll yang semua itu dapat Anda kerjakan di waktu luang Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis Online Terpercaya Tanpa Modal

  • Anda pun dapat memilih kelas kuliah malam / kelas karyawan agar lebih leluasa dalam mengatur waktu antara kuliah ataupun bekerja.
  • Sebaiknya pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tekuni. Bila Anda ahli maka jenjang karir pun akan lebih mudah diperoleh.
  • Jangan lupa sisihkan setidaknya 40% dari uang penghasilan kamu sebagai dana untuk membiayai kuliah.

Nah itulah 3 solusi agar bisa kuliah walaupun tak ada dana cukup untuk membiayainya. Semoga dengan informasi sumber biaya kuliah di atas tak menyurutkan langkah Anda untuk terus mendapatkan ilmu dan meraih cita-cita yang Anda impikan. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara agar bisa kuliah -ingin kuliah tapi gak punya biaya -cara mahasiswa mengatasi tingginya biaya pendidikan -Ingin kuliah tapi tidak ada biaya -agar bisa kuliah -ingin kuliah tidak ada biaya -ingin kuliah -pengen kuliah tapi gak ada biaya -dana kuliah -Pengen kuliah tapi -

Tags: Solusi Tak Punya Biaya

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "3 Solusi Agar Bisa Kuliah Walaupun Tak Ada Dana Untuk Biayanya"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan