Kenali Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu

Cara membedakan emas asli atau palsu – Membedakan emas asli atau palus tentu saja ini bukanlah hal yang sulit bagi anda yang sudah mengetahui bagaimana cara melakukan itu semua dengan tepat dan benar. Namun, bagi sebagian orang, hal ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan mengingat kurangnya pengetahuan, serta saking banyaknya emas palsu yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, anda tidak punya pilihan lain selain mengantisipasi hal ini sejak dini.

Caranya adalah dengan mengetahui apa saja langkah-langkah yang harus diterapkan untuk cara membedakan emas asli atau palsu tersebut. Selengkapnya adalah berikut ini:

1. Perhatikan Fisiknya

Emas asli

Emas asli

Hal yang harus anda perhatikan dengan baik di sini adalah memperhatikan bentuk fisik dari emas tersebut. Cara yang paling ampuh untuk membedakan apakah emas tersebut adalah palsu atau asli adalah dengan memperhatikan semua ciri fisik yang ada di dalamnya dengan seksama. Pada emas murni, biasanya anda akan melihat adanya cap yang menandakan kadar emas di dalamnya. Dari sini satuan yang digunakan biasanya adalah fineness atau 1-999 atau 0.1 – 0.999. Ini adalah satuan yang umumnya banyak digunakan untuk emas dengan satuan karat di angka 10K, 18K, 24K, dan seterusnya.

2. Cek Perubahan Warna Pada Emas Tersebut

Langkah berikutnya untuk mengetahui apakah emas tersebut palsu atau asli bisa dilakukan dengan mengecek perubahan warna yang terdapat pada emas itu sendiri. Biasanya emas yang mengalami perubahan warna mengindikasikan tanda-tanda tertentu. Anda bisa mencoba untuk menggosokan emas ini di jari atau area tertentu pada emas. Apabila ketika digosok, warnanya tiba-tiba berubah pudar atau tidak seragam lagi, maka bisa dipastikan bahwa emas yang anda beli tersebut adalah emas palsu.

3. Gigit Emas Tersebut

Langkah lainnya dalam cara membedakan emas asli atau palsu tersebut adalah dengan menggigitnya. Dengan mengigit emas tersebut, maka hal ini akan memudahkan anda untuk mengetahui apakah emas tersebut imitasi atau tidak. Satu hal yang pasti, emas sejatinya merupakan logam yang berbahan lembut. Jadi sifatnya begitu mudah sekali untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karat dari emas tersebut, maka semakin lembut pula emasnya.

Pada saat anda mengigit emas tersebut, maka biasanya bekas gigitan yang dilakukan tersebut akan tertinggal. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa emas yang dibeli tersebut asli jika bekas gigitannya masih tersisa. Sebaliknya, apabila saat digigit, emas tersebut ternyata tidak menimbulkan bekas apa-apa, maka bisa jadi emas tersebut adalah palsu. Lebih dari sekedar menggigit, yang anda butuhkan di sini adalah kejelian untuk melihat bekas gigitan emas itu sendiri.

4. Emas Asli Tidak Bisa Ditarik Oleh Magnet

Pengetesan lainnya juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan magnet. Sebagaimana penjelasan di atas, emas memiliki bahan dasar berupa logam yang lembut. Jadi ketika didekatkan pada magnet, maka emas yang asli tidak akan begitu mudahnya ditarik oleh magnet tersebut. Ini adalah langkah penting yang bisa anda lakukan dalam mengetes keaslian dari emas yang dipergunakan itu sendiri.

Cobalah ambil magnet yang berkekuatan cukup besar. Kemudian, arahkan magnet tersebut ke emas yang anda miliki. Apabila benar emas tersebut bisa ditarik oleh magnet, maka ada kemungkinan emas yang dimiliki tersebut palsu. Akan tetapi, perlu diperhatikan pula bahwa menguji cara membedakan emas asli atau palsu dengan magnet tidak 100 persen efektif. Kenapa? Karena ada juga bahan logam lainnya yang bersifat Non Magnetik.

5. Gesekan Pada Kertas dan Keramik

Gesek pada keramik

Gesek pada keramik

Langkah berikutnya dalam mengetahui apakah emas yang anda pakai tersebut adalah palsu atau asli bias dilakukan dengan melakukan penggesekan emas tersebut pada bidang tertentu, seperti keramik dan juga kertas. Saat menggosokannya pada media kertas, maka anda akan bisa melihat bahwa emas tersebut tidak meninggalkan bekas atau jejak sama sekali. Lain halnya jika itu emas palsu yang berbahan logam jenis lainnya, biasanya hasil goresan akan terlihat jelas pada permukaan kertas atau keramik yang digunakan tersebut.

6. Identifikasi Kepadatan Emas

Terakhir, metode yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi cara membedakan emas asli atau palsu adalah mengecek kepadatan emas. Langkah-langkahnya tidak sesulit yang anda bayangkan, yaitu:

  • Pertama, anda bisa mengisi air di gelas atau botol yang sudah disediakan
  • Kemudian, masukan emas tersebut dengan cara digantung dengan benang
  • Lihat perbedaan antara air sebelum dan sesudah emas direndam
  • Pakai rumus perhitungan kepadatan = Massa : Volume. Apabila angkanya mendekati 19 gram per milimiter, maka itu sudah cukup membuktikan bahwa emas yang anda miliki tersebut adalah asli.

Jangan lengah ketika anda membeli emas. Pastikan bahwa emas tersebut adalah yang asli sehingga bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Sekian ulasan tentang cara membedakan cara membedakan emas asli atau palsu.

Загрузка...

Tags: cara membedakan emas asli atau palsu membedakan emas asli atau palsu tips membedakan emas asli atau palsu

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar