Cara Memblokir Kartu ATM dan Membukanya Kembali

Cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Tentu ada sejumlah alasan mengapa Anda harus melakukan pemblokiran tersebut. Salah satunya mungkin dilakukan karena kartu debit Anda tertelan di mesin ATM pada saat bertransaksi. Alasan lainnya juga bisa dipicu oleh kartu ATM yang mendadak hilang dari dompet. Tentu saja Anda tidak ingin ada orang yang menyalahgunakan kartu ATM yang dimiliki tersebut. Bagi Anda yang ingin segera melakukan pemblokiran, berikut pilihan solusi yang bisa dilakukan:

1. Hubung Call Center Layanan Perbankan Anda

Cara tercepat yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan menghubungi Call Center pada layanan perbankan tersebut. Call Center tersebut biasanya tersedia selama 24 jam Non Stop. Dengan cara inilah maka proses pemblokiran akan bisa dilakukan dengan cepat dan segera. Terutama jika terjadinya kehilangan tersebut berlangsung pada malam hari.

Call center

Pada saat pemblokiran tersebut, maka Anda harus mempersiapkan beberapa data yang kemungkinan dibutuhkan, mulai dari nama, alamat KTP, perkiraan saldo terakhir, dan lain sebagainya. Tak perlu cemas karena data-data tersebut akan ditanyakan oleh pihak bank hanya untuk keperluan verifikasi saja. Apabila semua sudah Anda penuhi sesuai dengan prosedur, maka pengajuan pemblokiran tersebut akan segera diproses oleh pihak bank.

2. Masukan PIN Salah Sebanyak Tiga Kali Berturut-Turut

Langkah cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali yang satu ini terbilang cukup unik. Mengapa? Biasanya ini sistem ini hanya dijadikan sebagai antisipasi ketika Anda lupa kata sandi dan memasukan 3 kali percobaan berturut-turut. Namun, apabila Anda memang dengan sengaja berniat untuk memblokir ATM anda, maka tidak ada salahnya menerapkan langkah yang satu ini. Ya, caranya cukup dengan sengaja memasukan 3 kali PIN yang salah berturut-turut.

Masukkan PIN

Masukkan PIN

Ingat, yang dimaksud dalam hal ini adalah benar-benar memasukannya selama 3 kali percobaan. Misalnya salah, salah, salah. Jangan memasukannya salah, salah, benar, salah, karena dalam percobaan tersebut Anda masih salah dua kali, dan benar satu kali saja.

3. Gunakan Aplikasi Mobile Anda

Beberapa layanan perbankan di bank-bank tertentu akan menyediakan fasilitas cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali bagi nasabahnya. Jadi tidak perlu repot menghubungi Call Center. Anda bisa melakukan pemblokiran sendiri secara manual dengan menggunakan aplikasi Mobile yang dimiliki. Penerapannya biasanya bisa dilakukan pada langkah berikut ini:

  • Pilih aplikasi perbankan yang terinstall di Smartphone anda
  • Cari menu Pelayanan Nasabah
  • Pilih dan tekan submenu Enable atau Disable kartu anda
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukan PIN BRI ke Smartphone
  • Jika sudah, maka secara otomatis nantinya sistem akan mengirimkan SMS ke nomor ponsel. Dimana isi dari SMS tersebut adalah pemberitahuan bahwa kartu ATM BRI yang Anda miliki telah diblokir.

Perlu diketahui pula bahwa Disable hanyalah langkah untuk melakukan blokir level standard. Jadi akun Anda tidak akan diblokir secara sepenuhnya. Serta dalam beberapa kasus tidak akan berpengaruh pada layanan SMS Banking atau Internet Banking yang Anda miliki. Cara mengaktifkannya kembali juga tidak perlu ke bank.

4. Melalui Internet Banking

Melalui inet banking

Melalui inet banking

Penerapan selanjutnya dalam cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan internet banking. Anda hanya tinggal membuka layanan internet banking. Bisa melalui web-nya yang Anda akses lewat PC, Laptop, atau Smartphone. Di sini yang perlu Anda lakukan pada penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Tahap awal bisa dimulai dengan masuk ke web Internet Banking bank bersangkutan
  • Masukan User ID dan Password seperti biasanya ketika Anda melakukan Login
  • Masuklah pada menu Pelayanan
  • Kemudin pilih pada bagian Disable/Enable kartu anda
  • Pilih nomor rekening yang hendak Anda disable
  • Jika sudah, masukan password internet banking Anda untuk langkah selanjutnya
  • Kini rekening kartu ATM Anda sudah di non aktifkan.

Sama seperti nomor tiga di atas, untuk bisa membuka kembali blokiran tersebut, Anda tidak perlu ke kantor cabang bank. Yang perlu dilakukan hanyalah tinggal memakai laptop atau handphone biasa untuk melakukan itu semua.

Cara Membuka Blokir Kartu ATM

Selain informasi tentang cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali di atas, tentu tahapan selanjutnya adalah membuka blokir yang dilakukan tersebut. Simak berikut ini caranya:

  • Hubungi Call Center bank yang bersangkutan dan sampaikan bahwa Anda ingin membuka blokir dari kartu Anda.
  • Anda bisa langsung menuju ke kantor cabang layanan perbankan yang digunakan. Setelah itu langsung saja datang ke Customer Service terkait untuk mendapatkan solusi.
  • Apabila semua data telah sinkron, maka Customer Service akan menanyakan apakah Anda masih ingat dengan PIN yang terblokir tersebut.
  • Dalam hal ini, biasanya Anda akan dikenai biaya administrasi untuk membuka blokir tersebut.

Ternyata cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali tersebut bukan hal yang sulit, bukan?

Загрузка...

Tags: cara memblokir kartu ATM cara memblokir kartu ATM dan membukanya kembali tips memblokir kartu ATM

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar