Belum Banyak Yang Tahu, Cara Menaikkan Rating Shopee Yang Gampang Diterapkan!

Belakangan ini, Shopee menjadi salah satu marketplace yang begitu populer karena jumlah pembelinya yang begitu banyak. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang memulai bisnis online shop demi mendapatkan penghasilan tambahan.

rating shopee

Supaya produk bisa cepat laris maka Anda harus meningkatkan peringkat toko online melalui berbagai macam cara menaikkan rating Shopee berikut ini.

Pastikan Produk Yang Berkualitas

Cara menaikkan rating Shopee pertama yang wajib Anda lakukan yaitu dengan memastikan bahwa produk  yang Anda jual memang telah berkualitas. Jangan pernah sekalipun menjual produk dalam keadaan rusak maupun tidak layak pakai atau bahkan KW.

Sebab, hal ini nantinya akan mempengaruhi penilaian atau rating dari para pembeli produk Anda. Sebenarnya Anda boleh-boleh saja menjual produk KW atau yang mempunyai kualitas rendah. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menuliskannya di bagian deskripsi produk.

Dengan kata lain, Anda harus jujur terhadap produk yang dijual di Shopee supaya tidak mengecewakan calon pembeli dari awal. Gunakan bahasa yang halus, misalnya seperti produk cloning maupun mendekati asli supaya calon pembeli tahu bahwa merek tersebut bukan yang asli.

Selain itu , cara menaikkan rating Shopee yang wajib Anda ingat adalah penggunaan foto produk yang mampu menarik perhatian konsumen. Jelaskan deskripsi produk secara detail supaya calon pembeli menjadi lebih paham.

Tingkatkan Kecepatan Respon Penjual

Poin yang kedua ini tentunya sudah harus Anda perhatikan sejak awal karena tidak jarang banyak calon pembeli yang bertanya tentang produk maupun layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda harus siap menjawab segala macam pertanyaan yang diajukan dan pastinya tidak boleh slow response.

Balas pertanyaan dari calon pembeli secepatnya sehingga rating yang akan Anda dapatkan menjadi semakin bagus. Namun, apabila nantinya Anda mendapatkan komplain maka cari jalan tengahnya dan berikan  solusi yang terbaik.

Baca juga:  5 Ide Bisnis UKM Yang Potensial

Jangan ulangi kesalahan yang sama sehingga bisa mengakibatkan penilaian rating dari pembeli menjadi buruk sehingga berisiko merusak reputasi bisnis Anda.

Pancing Ulasan Positif Dari Pembeli

Salah satu cara menaikkan rating Shopee yang patut Anda coba yaitu dengan memancing ulasan positif dari para pembeli. Coba ungkapkan rasa terima kasih karena sudah berbelanja di toko Anda lalu minta pembeli untuk memberikan bintang lima maupun ulasan positif.

Supaya lebih menarik, coba berikan diskon maupun hadiah menarik untuk pembelian berikutnya. Apabila orderannya banyak, maka Anda bisa memberikan hadiah yang sekiranya bermanfaat supaya pembeli memberikan rating tertinggi nantinya.

Kirim Produk Secepatnya

Setelah konsumen membeli produk Anda, maka sudah semestinya langsung  diproses dan kirim melalui jasa ekspedisi secepatnya. Jangan kemas produk terlalu lama sebab Shopee mempunyai batas waktu pengiriman yang telah ditetapkan kepada seller.

Sehingga mau tak mau Anda wajib memenuhi aturan tersebut sebelum batas waktunya tiba. Apabila nantinya Anda melebihi tenggat waktu yang telah ditentukan oleh pihak Shopee, maka akan ada beberapa masalah yang dialami.

Mulai dari order akan batal secara otomatis, pelanggan yang meng-cancelnya sendiri karena Anda lambat mengirimkan produk, hingga rating yang tak kunjung meningkat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka usahakan kirim produk di hari yang sama dengan waktu orderan tadi.

Kurangi Penalti / Pelanggaran Toko

Ada banyak sekali alasan kenapa bisnis online shop Anda  bisa kena penalti oleh pihak Shopee. Beberapa diantaranya yaitu karena mengunggah produk yang tidak sesuai dengan aturan Shopee hingga melanggar hak cipta atau asal comot foto.

Pelanggaran juga bisa terjadi karena adanya pembatalan orderan secara sepihak atau menolak pengiriman produk. Selain itu, Anda akan mendapatkan penalti apabila terlambat menyelesaikan kiriman yang telah di order oleh pembeli.

Baca juga:  Ini Dia 6 Ide Bisnis untuk Pensiunan Paling Potensial!

Baca juga : Belum Banyak Yang Tahu Ini Dia Penyebab Mengapa Akun Shopee Disuspend

Semua hal tersebut tentunya tidak akan terjadi apabila Anda sudah membaca dan juga mengikuti ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Shopee dengan seksama. Pertahankan penalti atau pelanggaran pada poin zero / kosong. Sehingga rating  bisnis online shop Anda akan selalu berada di atas rata-rata.

Manfaat memiliki rating yang tinggi tersebut tentunya bisa membuat bisnis online shop Anda akan memperoleh program promo khusus dari Shopee. Menariknya lagi, Anda juga akan memperoleh visibilitas hingga penjualan yang tinggi.

Demikian ulasan artikel mengenai berbagai macam cara menaikkan rating Shopee yang bisa langsung Anda terapkan sekarang juga. Semoga bisnis online shop Anda bisa semakin berkembang dengan menerapkan semua tips yang ada di atas tadi.

 

Tags: berikut cara menaikkan rating Shopee cara menaikkan rating Shopee menaikkan rating Shopee

Berikan komentar