Tips Jualan di TikTok Shop Untuk Pemula Supaya Cepat Laku, Mau Tahu?

Saat ini zaman sudah begitu canggih sehingga proses berjualan lewat internet juga sangat gampang untuk dilakukan, salah satunya dengan menggunakan TikTok Shop. Namun bagi Anda yang baru pertama kali memulainya maka simak ulasan yang ada di bawah ini mengenai ragam tips jualan di TikTok Shop untuk pemula.

Pahami Cara Kerjanya TikTok

Tiktok shop

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan yaitu dengan memahami cara kerja dari fitur TikTok   terlebih dahulu. Singkatnya aplikasi  TikTok sendiri memang fokus pada sharing konten video yang memiliki durasi antara 15 detik sampai dengan 3 menit. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memasarkan produk maupun layanan bisnis sendiri.

Caranya yaitu dengan membuat beberapa konten video produk atau layanan bisnis Anda tadi lalu tambahkan latar musik yang sedang ngetrend. Sehingga nantinya bisa memikat para audiens dan tertarik untuk membeli maupun menggunakan produk Anda.

Melalui konten video tersebut pengguna TikTok dapat memberikan like, komentar, dan juga membagikannya ke platform media sosial yang lain.

Buat Konten Video Yang Menarik

Membuat konten video di TikTok memang tidak mudah karena Anda harus mencari ide-ide yang bisa menarik audiens. Anda bisa mencari ide konten video produk terlebih dahulu sebagai langkah strategi marketing jualan di TikTok Shop untuk pemula. Misalnya saja Anda dapat mencari ide tersebut dari content creator yang ada di luar sana lalu melakukan modifikasi supaya berbeda dengan konten video aslinya.

Jika mau lebih gampang maka Anda bisa mengikuti trend pasar yang sedang ngehits di TikTok. Dengan begitu nantinya pengunjung konten video produk Anda akan jauh lebih meningkat pesat. Beberapa jenis konten yang bisa Anda coba tak lain yaitu mengenai video tutorial, Products launching, challenge, dan juga review.

Baca juga:  Sewa Sawah untuk Ditanami, Untungkah? Simak Ulasannya

Manfaatkan Fitur Hashtag  Ketika Membuat Video

Tips jualan di TikTok Shop untuk pemula yang harus Anda perhatikan yaitu dengan memanfaatkan fitur hasta ketika membuat video. Sehingga nantinya video yang Anda buat tersebut dapat muncul di FYP alias For Your Page dengan memakai hashtag di setiap konten tadi.

Umumnya hashtag ini dibuat untuk rujukan rekomendasi video pada pengguna TikTok yang lainnya. Sebagai contoh jika Anda menjual make up maka buat hashtag dengan tagar #tutorial make up atau bisa juga #makeup challenge. Tentunya Anda juga bisa membuat hashtag sendiri untuk campaign merek bisnis sehingga nantinya bisa mengiklankan event maupun promo yang sedang berlangsung.

Konsisten Untuk  Posting Konten Video

Salah satu kunci yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan brand awareness tak lain yaitu dengan konsisten memposting konten video. Sebab mungkin saja pengikut Anda maupun pengguna TikTok lainnya menyukai konten video yang sebelumnya telah dibuat.

Bahkan bisa juga audiens akan memberikan like maupun komentar pada konten video tadi. Sehingga hal tersebut mampu meningkatkan daya tarik bagi pengguna TikTok yang lain untuk memberikan respons serupa atau bahkan mencoba produk Anda!

Lakukan Kerjasama Dengan Influencer / Content Creator TikTok

Cara paling ampuh untuk memikat calon konsumen yaitu dengan melakukan kerja sama dengan content creator maupun influencer TikTok. Secara tidak langsung sudah ada banyak sekali brand yang menggunakan influencer supaya penjualan produknya meningkat sekaligus meningkatkan brand awareness.

Bahkan, promosi dari pihak influencer atau content creator ini jauh lebih ampuh jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun meskipun begitu Anda tidak boleh asal-asalan saat memilih content creator maupun influencer tadi untuk mempromosikan produk maupun layanan bisnis. Pastikan bahwa Anda telah memahami persona target konsumennya hingga apa tujuan promosi yang akan dicapai nantinya.

Baca juga:  Pengertian Unicorn dalam Bidang Startup

Baca juga : Kunci Sukses Strategi Pemasaran Melalui Influencer

Misalnya saja apabila Anda berjualan kosmetik maka pilih influencer atau content creator yang memang fokus pada konten terkait make up maupun skin care. Anda bisa membuat konten video tersebut berupa tutorial make up hingga testimoni produk.

Jangan Lupakan Fitur TikTok Ads

Tips terakhir yaitu dengan mengoptimalkan fitur TikTok Ads untuk menjangkau target pasar yang jauh lebih luas lagi.  Jika Anda ingin memperoleh profit yang besar dengan bisnis yang simpel maka lebih baik gunakan jenis iklan Infeed Ads saja karena akan muncul saat pengguna melakukan scroll feeds.

Demikian ulasan artikel mengenai berbagai macam tips jualan di TikTok Shop untuk pemula sehingga bisa langsung Anda praktekkan sekarang juga karena begitu gampang. Dengan begitu Anda akan memperoleh profit yang menarik dari hasil berjualan di TikTok Shop tersebut.

Tags: jualan di TikTok Shop untuk pemula tips jualan di TikTok Shop untuk pemula

Berikan komentar