Pentingkah Asuransi Bagi Pasien BPJS?

Pentingkah asuransi bagi pasien BPJS? Mungkin pertanyaan semacam itu cukup membuat penasaran bagi mereka yang terdaftar sebagai pasien Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).  Jika kita lihat, melalui BPJS Kesehatan, setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sifatnya standar. Karena sifat standar, tidak semua orang merasa cocok dengan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda memiliki asurasi yang sifatnya komersial di luar BPJS Kesehatan yang sudah Anda miliki. Dengan adanya tambahan asuransi kesehatan yang diperoleh dari pihak swasta, Anda akan tidak akan lagi merasa khawatir terkait masalah biaya selama Anda menjalani pengobatan.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan bagi Pasien BPJS

Pasien BPJS

Pasien BPJS

Setiap orang bisa saja tiba-tiba jatuh sakit. Karena itulah, salah satu langkah antisipasi yang dapat Anda lakukan untuk menghindari masalah terkait biaya yang harus dikeluarkan selama menjalani pengobatan adalah dengan aktif membayar iuran BPJS Kesehatan yang telah diprogramkan oleh pemerintah. Selain itu, tak ada salahnya jika Anda juga memiliki asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh pihak swasta.

Asuransi kesehatan tersebut sangat penting untuk dimiliki karena dapat dijadikan sebagai alat proteksi diri apabila suatu ketika Anda jatuh sakit dan harus menjalani berbagai tahapan pengobatan. Dengan adanya asuransi kesehatan dan juga BPJS Kesehatan yang telah Anda miliki, saat Anda sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan biaya. Asuransi kesehatan maupun BPJS Kesehatan yang Anda miliki akan memberikan santunan rawat inap yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk bisa menikmati fasilitas kesehatan yang lebih maksimal, Anda perlu memiliki auransi kesehatan komersial. Seperti kita ketahui, BPJS Kesehatan hanya memberikan fasilitas kesehatan yang standar. Bahkan ada kalanya pasien BPJS diharuskan mengantre begitu lama untuk mendapatkan fasilitas kesehatan.

Karena itulah, memiliki asuransi kesehatan sekaligus BPJS Kesehatan sangat penting untuk Anda. Jadi, ketika Anda bertanya pentingkah asuransi bagi pasien BPJS, maka jawabannya adalah iya. Asuransi kesehatan sangat penting untuk menjamin Anda untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih maksimal.

Manfaat Asuransi Kesehatan di Luar Asuransi BPJS

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan komersil di luar asuransi BPJS:

  1. Lebih Leluasa Memilih Rumah Sakit

Dengan memiliki asuransi kesehatan komersial, Anda akan lebih leluasa dalam memilih atau menentukan rumah sakit yang Anda inginkan. Biasanya pihak penyedia asuransi kesehatan komersial memiliki jaringan rumah sakit yang lebih luas.

Untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih maksimal, bagi para pemegang asuransi kesehatan dari BPJS, Anda perlu memastikan bahwa pihak penyedia asuransi kesehatan komersial tersebut telah menjalin koordisi yang baik dengan pihak dari BPJS .

  1. Memperoleh Pelayanan Kesehatan yang Lebih Optimal dan Cepat

Jika Anda hanya mengandalkan asuransi BPJS saja, maka mau tidak mau Anda hanya akan mendapatkan fasilitas ataupun pelayanan kesehatan yang standar. Hal tersebut berdampak pada kecepatan pelayanan kesehatan yang Anda dapatkan. Karena itulah, jika Anda hanya menggunakan BPJS saja, maka dikhawatirkan Anda tidak akan mendapatkan pelayanan kesehatan ataupun perawatan secara cepat.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan asuransi kesehatan komersial, maka Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara lebih optimal dan cepat. Karena itulah, jika tiba-tiba Anda ataupun keluarga Anda membutuhkan perawatan kesehatan yang sifatnya harus segera ditangani, maka Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan komersial. Sementara itu, apabila Anda masih berada dalam kondisi yang memungkinkan untuk menunggu perawatan, maka Anda cukup menggunakan asuransi BPJS saja.

  1. Mendapatkan Santunan Rawat Inap

Selain memiliki asuransi BPJS, Anda juga perlu untuk memiliki asuransi kesehatan komersial yang dikelola oleh pihak swasta untuk mendapatkan santunan rawat inap selama menjalani pengoabatan di rumah sakit.

Nasabah yang tergabung dalam asuransi kesehatan komersial tersebut nantinya akan mendapatkan sejumlah uang ketika sedang menjalani rawat inap serta perawatan di rumah sakit. Jumlah santunan rawat inap tersebut besarnya disesuaikan dengan premi yang dimilikinya.

  1. Memperoleh Santunan Kematian

Asuransi kesehatan komersial juga akan memberikan santunan kematian apabila tertanggung meninggal dunia. Jumlah santunan kematian yang diberikan oleh pihak asuransi pada ahli waris besarnya juga akan disesuaikan dengan premi yang dimiliki oleh tertanggung.

Para ahli waris yang berhak mendapatkan santunan tersebut sesuai dengan yang telah disebutkan saat proses pengajuan polis.

  1. Bisa Melakukan Double Claim

Bagi mereka yang secara aktif memberikan iuran BPJS dan juga memiliki asuransi kesehatan komersial sebagai tambahannya, maka akan mendapatkan kesempatan double claim. Dengan demikian, biaya rawat inap di rumah sakit nantinya akan ditanggung dengan dana dari asuransi BPJS. Sementara itu, santunan yang berasal dari asuransi kesehatan dapat Anda gunakan untuk biaya pengobatan lanjutan (selain rawat inap).

Berdasarkan pembahasan di atas, pertanyaan pentingkah asuransi bagi pasien BPJS tentu saja sudah biasa terjawab. Dengan adanya auransi BPJS dan sekaligus asuransi kesehatan komersial, Anda akan merasa lebih terlindungi jika sewaktu-waktu Anda harus menjalani pengobatan ataupun perwatan kesehatan di rumah sakit.

 

 

Загрузка...

Tags: asuransi bagi pasien BPJS bisakah asuransi bagi pasien BPJS pentingkah asuransi bagi pasien BPJS

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar