Cara Menabung Yang Efektif Untuk Persiapan Masa Depan

Bagi masyarakat indonesia mungkin cukup sulit menemukan cara menabung yang efektif dalam jangka panjang. Paling tidak menurut hasil Survey Kecerdasan Finansial atau City Financial Quotient Survey yang dilakukan setiap tahun, tercatat hanya 47% dari seluruh penduduk Indonesia yang mulai menabung. Sementara hanya 29% yang disiplin dengan anggaran belanja yang dibuatnya.

Sebenarnya kebiasaan menabung bisa ditanamkan sejak dini tanpa harus berpatokan dengan pendapatan atau penghasilan. Setidaknya dengan memahami cara menabung dan berinvestasi yang benar minimal kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan masa depan.

Baca juga: Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

Nah, menurut pakar sekaligus Vice President Corporate Affairs Head City Bank berikut tips menabung sekaligus cara berinvestasi yang benar terlepas berapapun penghasilan kita perbulannya.

Cara Menabung Yang Efektif Untuk Persiapan Masa Depan

  1. Catat Kebiasaan Kita dalam Sebulan
Cara Menabung Yang Efektif

Cara Menabung Yang Efektif

Kita tidak perlu kaya terlebih dulu untuk mulai menabung. Intinya cara menabung sangat mudah, dengan catatan pendapatan lebih besar dari pengeluaran. Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan penghematan sebaiknya kita tahu kebiasaan kita terkait pengeluaran uang dalam sebulan. Karena itu mulai bulan depan catat semua pengeluaran baik harian, mingguan, dan bulanan. Hilangkan kebiasaan mengeluarkan uang yang tidak penting, misalnya kebiasaan makan di luar yang menghabiskan banyak uang ganti dengan membiasakan diri makan di rumah.

2. Sisihkan Sebagian Penghasilan untuk Pribadi

Cara menabung yang benar adalah menyisihkan uang dari awal. Artinya sebelum melakukan pembayaran listrik, telepon, air, cicilan, dan sebagainya. Ini harus dilakukan secara reguler baik dalam bentuk tabungan atau investasi. Jika kita terbiasa menabung dengan sisa uang belanja akhir bulan, biasanya saldo uang di rekening tidak banyak. Tidak perlu menciptakan peluang untuk boros sebab kita harus menyiapkan dana untuk hari tua, dana darurat, dan lain-lainnya. Jika ini bisa dilakukan secara reguler, setiap akhir bulan kita akan merasa senang sebab kita sudah menyiapkan sesuatu untuk kebutuhan masa depan.

3. Bayar Hutang dan Hidup Disiplin

Bayar Hutang dan Hidup Disiplin

Bayar Hutang dan Hidup Disiplin

Untuk cara menabung yang sukses salah satunya dengan membayar hutang secepatnya, terutama untuk hutang yang berbunga. Mengapa harus begitu? Alasannya jelas , karena bunga hutang (pinjaman) lebih tinggi dari bunga tabungan. Setelah hutang dilunasi maka secara rutin kita harus menyisihkan uang setiap bulan ke tabungan. Bahkan akan jauh lebih baik jika ada penarikan otomatis dari gaji lalu dimasukkan ke investasi.

Baca juga: 9 Tips Menghindari Jeratan Hutang

4. Buka Rekening yang Sulit “Disentuh”

Untuk kebutuhan dana yang jumlahnya besar, misalnya DP rumah atau mobil sebaiknya kita menabung dalam bentuk deposito. Tabungan deposito memiliki tingkat bunga lebih tinggi dibanding tabungan biasa, dengan jangka waktu yang periodenya dapat dipilih. Maka dengan tabungan deposito kita tidak bisa menyentuh dana didalamnya sebelum masa periode yang ditentukan berakhir. Meski demikian tabungan deposito masih tetap bisa dicairkan jika kondisi benar-benar darurat.

Cara menabung yang paling penting dan tidak boleh diabaikan yaitu membiasakan hidup hemat. Banyak cara hidup hemat tanpa harus merasa menderita, misalnya sewaktu ke kantor lebih memilih menggunakan kendaraan umum dibanding kendaraan pribadi, mengurangi kebiasaan merokok, serta memanfaatkan diskon. Masih banyak lagi cara hidup hemat dengan menekan biaya hidup sehari-hari yang tidak begitu penting.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

menabung untuk masa depan -cara menabung yang baik untuk masa depan -cara menyimpan uang untuk masa depan -cara menabung untuk masa depan -tips menabung untuk masa depan -cara menabung yg baik untuk masa depan -menabung -cara menabung jangka panjang -INVESTASI MASA DEPAN -perencanaan menabung -

Tags: bagaimana cara menabung Cara Investasi cara menabung di bank cara menabung di bank mandiri cara menabung yang aman cara menabung yang efektif Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Menabung Yang Efektif Untuk Persiapan Masa Depan"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
    1. author

      wahyu utama2 tahun agoBalas

      tips yang menarik dan mudah untukk diterapkan.

    Tinggalkan Balasan