Cara Membeli Saham Luar Negeri via Online Trading

ads

Tentang bagaimana cara membeli saham luar negeri mungkin sudah banyak yang tahu caranya atau mungkin sengaja tidak mau tahu. Mengapa begitu? Karena banyak dari kalangan investor yang bilang bahwa harga saham luar negeri sangat mahal, terutama jika dibandingkan dengan harga saham perusahaan Indonesia. Jadi sederhananya banyak yang lebih memilih membeli saham Indonesia karena alasan keterbatasan dana.

Terlepas dari mahal atau tidaknya harga saham luar negeri, sebenarnya cara membeli saham luar negeri tidak begitu sulit. Bahkan untuk jual atau beli saham perusahaan di pasar Amerika sangat mudah dilakukan, cukup bermodalkan software trading online yang lengkap ditunjang dengan pengetahuan cukup tentang prosedur jual beli saham luar negeri.

Cara Membeli Saham Luar Negeri via Online Trading di Bursa Amerika

 Cara Membeli Saham di Bursa Amerika

Cara Membeli Saham di Bursa Amerika

Seperti yuang disebutkan di awal, cara membeli saham perusahaan luar negeri, khususnya di bursa Amerika sangat gampang. Seperti prosedur pembelian saham di perusahaan lokal, kita hanya diminta membuka rekening pada sekuritas yang berangkutan. Hanya saja karena yang akan kita beli adalah saham perusahaan Amerika, maka kita juga harus membuka rekening pada sekuritas yang ada di bursa Amerika.

Dalam hal membuka rekening atau transaksi jual beli saham kita tidak perlu menelpon atau juga melalui pihak ketiga dari Indonesia. Cukup kitra gunakan fasilitas software online trading. Kebetulan mayoritas sekuritas di Amerika menawarkan jasa online via internet (online trading). Jadi kita memang wajib download software terlebih dulu. Biasanya software yang mereka miliki sangat bagus. Bagus dilihat dari segi data yang diberikan secara lengkap maupun dalam hal fasilitas lain, misalnya beli dan jual saham dengan kondisi khusus (conditional buy and sell) tanpa harus dimonitor terus-menerus.

Dibandingkan sekuritas di Indonesia, fasilitas software yang ditawarkan juga lebih lengkap sehingga cara membeli saham luar negeri menjadi begitu mudah. Karena software yang sedemikian bagus maka mampu memberi fleksibilitas serta respon lebih cepat terhadap pergerakan pasar, bahkan setelah memberikan input kondisi yang kita inginkan. Ada banyak sekuritas untuk bursa Amerika, dan tiga yang paling populer yaitu Interactive Brokers, Think or Swim, dan Optionsxpress.

Jumlah dana untuk Membeli Saham di Bursa Amerika

Sama seperti di Indonesia, saham yang diperdagangkan di pasar Amerika dijual dengan satuan lot. Untuk 1 lot berisi 100 lembar saham. Jadi jika kita ingin membeli saham, misalnya saham salah satu perusahaan Amerika sebanyak 1 lot yang saat ini dijual dengan harga saham (Share Price) USD 11.97, maka dana yang kita butuhkan adalah (USD 11.97 x 1 x 100) + USD 1,197 (Broker Fee).

Cara Membeli Saham di Bursa Amerika

Cara Membeli Saham via Online Trading

Umumnya sekuritas Amerika memang melakukan fix fee setiap satu kali transaksi. Fee yang diberikan rata-rata berkisar USD 1 per-transaksi. Jadi kesimpulannya, nilai broker fee untuk bertransaksi saham secara langsung di bursa Amerika memang tidak begitu tinggi. Agar keuntungan lebih maksimal kita harus punya landasan trading system. Dengan begitu kita bisa tahu kapan harus beli, berapa lama harus hold, dan kapan waktu yang tepat untuk menjual kembali. Hal ini penting mengingat bursa Amerika adalah bursa yang liquid, dinamis, dan bergerak cepat.

Meskipun sudah paham tentang cara membeli saham luar negeri namun kita juga harus pintar membaca situasi. Ingat, investasi saham resikonya juga tinggi dimana saham bergerak berfluktuasi kadang naik kadang turun. Intinya kita tidak perlu kaget ketika harga saham turun padahal baru kita beli. Itu hal yang wajar. Sebaliknya kita juga tidak perlu larut dalam eforia waktu saham habis dibeli harganya langsung naik. Harga saham naik turun dengan fluktuasi yang sempit adalah hal yang normal.

Itulah cara membeli saham luar negeri via online trading yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat …

 

ads

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara beli saham luar negeri -cara membeli saham luar negeri -cara membeli saham perusahaan luar negeri -beli saham luar negeri -cara membeli saham asing -membeli saham luar negeri -saham luar negeri -broker saham luar negeri -trading saham luar negeri -cara beli saham asing -

Tags: bagaimana Cara Membeli Saham Luar Negeri Cara Membeli Saham Luar Negeri Cara Membeli Saham Luar Negeri dengan mudah Cara Membeli Saham Luar Negeri murah

Posting Terkait "Cara Membeli Saham Luar Negeri via Online Trading"

3 Teknik Dasar Trading Bitcoin Agar Profit Khusus Pemula
Teknik dasar trading Bitcoin agar profit –
5 Cara Membaca Grafik Trading di VIP yang Akurat
Cara membaca grafik trading di VIP –
30 Perusahaan dalam Daftar Investasi Bodong menurut OJK
Bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi,
4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah
Tips rencana keuangan pasangan muda – Menikah
  1. author

    Rizki1 tahun agoBalas

    Bagaimana caranya membeli saham di italia? Mohon di jelaskan step ny step. Thanks

    • author

      carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

      Halo Mas Rizki, terus terang saya belum pernah membeli saham di italia namun secara logika seharusnya sih cara membeli saham luar negeri via online trading ini sama saja yaitu daftar ke brokernya, instal softwarenya, isi deposit, lalu mulai beli sahamnya.
      Menurut saya, cara membeli saham luar negri lewat online trading jauh lebih mudah & tidak ribet dibandingkan membelinya secara offline. Mungkin itu mas semoga membantu ..

      • author

        fiyo1 tahun agoBalas

        Jika ingin melihat saham dari Samsung lewat mana yah? Apabila kita memiliki kartu efek apakah kita bisa melihatnya?

        • author

          carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

          Maksudnya harga saham Samsung? Bisa dilihat di Korean Stock Exchanges dan Global Depository Receipts (GDR) di daftar London/Luxembourg Stock Exchanges atau melalui brokernya. Bila belum menjadi member, bisa lihat juga di web nya samsung.com. Semoga membantu ..

  2. author

    Rahman1 tahun agoBalas

    Kalau software online jual beli saham cari dimana ? Apakah bisa download di playstore atw app store ? Terimakasih

    • author

      carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

      Softwarenya bisa diperoleh dari broker saham / manager investasi /pihak sekuritas yang Mas pilih.

  3. author

    EKA SAPTA M.1 tahun agoBalas

    Apakah ada broker saham indonesia yang menjual saham-saham perusahaan terkenal di dunia (seperti : Apple, Google, Microsoft atau facebook) ? Terima kasih

    • author

      carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

      Setahu saya ada gan, salah satunya CIMB Securities Indonesia yang melayani online trading yang tergabung pada Bursa Efek Amerika (AMEX), dll. Untuk informasi lebih lanjut silahkan googling saja di internet mengenai CIMB tsb 🙂

  4. author

    Ahmad rizky maryadi1 tahun agoBalas

    kl di Indonesia sekuritasnya apa saja ya yang bisa untuk buka rekening transaksi di bursa as ?

    • author

      carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

      Setahu saya salah satu sekuritas yang melayani trading online saham di bursa AS adalah CIMB. Silahkan di googling saja untuk info lebih lanjutnya ..

  5. author

    Cloudssh1 tahun agoBalas

    ad ga ya perusahaan sekuritas yg minimal depositnya satu juta

    • author

      carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

      Ada kok, seperti BNI sekuritas, coba agan googling aja untuk informasi lebih jelasnya 🙂
      Salam sukses ..

  6. author

    sahrul8 bulan agoBalas

    Ada kok sekuritas yang minimal depositnya satu juta walaupun diperaturan yang tertulis minimal 5 juta rupiah. Nama sekuritasnya adalah DANAREKSA SEKURITAS, Saya sudah menggunakannya 1,4 tahun lebih dan pelayanannya sangat bagus.

    Semoga bisa membantu CLOUDSSH

    • author

      carainvestasibisnis8 bulan agoBalas

      Terima kasih mas Sahrul atas informasinya :-). Salam sukses!

  7. author

    hery8 bulan agoBalas

    selain fix fee untuk trading yg satu dolar, biaya, pajak, dan kewajoban apa saja yg harus kita bayarkan dan berapa besarannya dari mulai kita transfer dana dari Indonesia sampai dana ketika kita selesai trading dan dananya kita terima di Indonesia?

    • author

      carainvestasibisnis8 bulan agoBalas

      Bila ada keuntungan / profit pastilah dikenakan pajak. Biasanya pajak tsb dibayarkan bila saham dijual pada tahun pajak yg sama. Tapi bila sudah beda tahun disebutnya capital gain. Kebijakan pajak ini tentunya tergantung negara masing2. Ada juga fee untuk broker yg besarnya 5-10$. Semua cost tergantung pada broker yg Anda pilih, jadi pastikan Anda membaca & memahami semua ketentuan yg berlaku. Semoga membantu …

Tinggalkan pesan "Cara Membeli Saham Luar Negeri via Online Trading"