Begini Cara Beli Saham Secara Online

Cara Beli Saham Secara Online – Hadirnya sejumlah perangkat berbasis teknologi seperti komputer dan smartphone berdampak positif dalam bidang bisnis, salah satunya kemudahan cara membeli saham online. Dengan demikian berinvestasi saham kini lebih praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, cukup modal akses internet.

Meski begitu tentu masih ada masyarakat awam yang belum mengetahui cara beli saham secara online karena memang tidak ada sosialisasi khusus untuk itu. Nah, bagi Anda yang belum tahu cara praktis membeli saham secara online, berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Bermain Saham Online untuk Pemula Agar Terhindar dari Kerugian

Langkah-Langkah / Cara Beli Saham Secara Online

Membuka Rekening Saham

Salah satu syarat membeli saham terlebih dulu kita wajib memiliki rekening saham. Intinya kita harus terdaftar sebagai nasabah sebuah sekuritas (pialang). Perusahaan sekuritas nantinya akan menjadi perantara jika kita ingin membeli saham di Bursa Efek Indonesia.

cara beli saham

cara beli saham secara online

Dengan demikian jika kita ingin membeli saham secara online maka pialang atau broker yang kita pilih harus memiliki fasilitas softwere online trading yang mudah digunakan. Kita tidak dikenakan biaya apapun sewaktu membuka rekening saham. Cukup dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan serta mengisi formulir yang disediakan.

Deposit Dana

1-2 minggu setelah membuka rekening saham, kita akan mendapat email sebagai bukti bahwa rekening saham sudah aktif. Dalam email tersebut disertakan informasi Username, Password, No.PIN, dan nomor RDI (Rekening Data Investor). Kita harus melakukan deposit dana dengan nilai dana minimal yang sudah ditentukan oleh broker tempat dimana kita membuka rekening.

Rekening Dana Investor ini adalah rekening bank atas nama kita sendiri, tapi kita tidak diberi buku tabungan maupun ATM. Sederhananya, Rekening Data Investor ini hanya digunakan khusus untuk jual beli saham. Untuk cara deposit dana ke RDI bisa melalui transfer ATM, via teller bank, atau bisa juga via internet banking.

Baca juga: Cara Membeli Saham Luar Negeri via Online Trading

Download & Install Software Online Trading

Untuk cara beli saham secara online kita wajib download dan install software online trading. Biasanya software ini sudah disediakan oleh pihak pialang atau broker tempat dimana kita membuka rekening saham. Software tersebut tentunya sudah support PC dan smartphone baik Android maupun i-Phone. Tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Software Online Trading

Software Online Trading

Langkah berikutnya kita tingggal login menggunakan username serta password seperti yang dikirim via email. Untuk keamanan kita bisa mengganti password setelah login. Di aplikasi online trading ini kita juga bisa melihat deposit dana yang sudah disetor.

Beli atau Jual Saham via Software

Pada software online trading sudah tersedia menu-menu termasuk cara beli saham secara online dan cara jual saham. Berikutnya kita tinggal memasukkan PIN. Ingat, tanpa pin kita tidak bisa melakukan transaksi apapun. Untuk membeli saham cukup pilih menu beli saham (Buy) lalu masukkan kode saham yang akan dibeli.

Baca juga: Cara Bisnis Saham Online dengan Modal Kecil dan Minim Resiko

Saham-saham yang dijual diberi kode 4 huruf. Huruf-huruf tersebut biasanya inisial dari perusahaan yang menjual saham. Selanjutnya masukkan harga saham, masukkan juga jumlah lot saham yang ingin kita beli. Pembelian minimal adalah 1 lot (100 lembar). Terakhir klik tombol Send. Misalnya ingin jual saham kita tinggal pilih menu Jual (Sell). Jika ada keuntungan dari hasil penjualan saham, otomatis akan masuk ke saldo rekening kita.

Cara beli saham secara online sekilas memang mudah namun tentunya kita harus mempelajari strategi investasi saham supaya tidak rugi. Intinya kita harus jeli memilih saham yang tepat, juga waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Untuk itu kita wajib memperluas pengetahuan tentang investasi saham dari website atau buku-buku tentang investasi maupun trading saham.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara membeli saham telkomsel -cara beli saham telkom -cara beli saham online -cara membeli saham bri -beli saham telkom -cara beli saham bca -cara beli saham bri -beli saham online -cara membeli saham telkom -cara beli saham -

Tags: cara beli saham cara beli saham bca cara beli saham bri cara beli saham online cara beli saham telkom

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Begini Cara Beli Saham Secara Online"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan