4 Tips Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran dengan Cepat

Tips memulihkan keuangan setelah lebaran – Lebaran adalah salah satu moment sakral yang hanya terjadi satu tahun sekali. Libur lebaran yang panjang membuat masyarakat menjadi boros keuangan dikarenakan akan sangat disayangkan jika hanya berdiam diri di dalam rumah. Oleh sebab itu banyak yang hangout atau jalan-jalan bersama dengan teman maupun keluarga besar. Yang membuat pengeluaran menjadi besar adalah tidak cukup satu tempat dikunjungi namun beberapa tempat sekaligus. Baru ketika libur lebaran telah usai banyak yang sadar jika sudah menghamburkan banyak uang sehingga kantong menjadi menipis dan keuangan tidak stabil.  Bagi yang sering merasa boros ketika lebaran tiba simak beberapa tips memulihkan keuangan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Tambahkan Tabungan

Tambahkan tabungan

Tambahkan tabungan

Tips memulihkan keuangan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan tabungan. Sebelum Anda melakukan hal ini, sebaiknya Anda melakukan evaluasi keuangan Anda selama lebaran. Tidak hanya saat lebaran saja, namun Anda bisa melakukan evaluasi saat ramadhan juga. Dari evaluasi tersebut Anda bisa tahu apakah Anda menghamburkan banyak budget atau pengeluaran Anda masih normal. Jika pengeluarannya masih normal Anda bisa santai namun jika sudah over budget harus bisa mengembalikan kantong Anda seperti sedia kala.

Cara memulihkan kondisi kantong setelah lebaran adalah menambah nominal tabungan. Misalnya jika dulu setiap bulan Anda menyisihkan tabungan sebesar 1 juta rupiah, maka setelah lebaran berlalu anda bisa menambahkan nominalnya minimal 50% dari nominal awal. Sehingga Anda harus menambahkan ke dalam tabungan setiap bulan minimal 500 ribu rupiah. Anda bisa melakukan cara ini sampai kantong benar-benar pulih.

Pulihkan Dana Darurat

Dana Darurat

Dana Darurat

Selain menyisihkan uang untuk di tabung di rekening, sebaiknya lihatlah dana darurat yang berfungsi sebagai jaga-jaga untuk kebutuhan  yang mendesak. Anda tidak akan pernah tahu kapan membutuhkan dana tersebut. Sehingga jika dana darurat terpakai untuk lebaran sebaiknya harus segera memulihkannya. Selain Anda menambahkan tabungan di rekening, Anda juga harus menyisihkan uang yang Anda gunakan sebagai dana darurat. Jangan gunakan dana darurat tersebut untuk hal-hal yang tidak semestinya.

Investasi Jangka Pendek

Tips memulihkan keuangan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah investasilah dengan jangka pendek. Selama ini investasi kebanyakan jangka panjang sehingga baru akan terlihat ketika jangka waktunya sudah terpenuhi. Namun bagi Anda yang ingin mengembalikan keuangan seperti semula bisa memilih investasi jangka pendek. Sebagai contohnya Anda bisa investasi pada saham ritel atau bisa juga consumer goods. Selain bisa digunakan sebagai tips memulihkan keuangan cara ini juga bisa Anda gunakan sebagai dana tambahan untuk lebaran. Anda bisa mulai ikut saham tersebut ketika bulan Ramadhan tiba. Saham tersebut nilainya akan menjadi lebih tinggi ketika bulan puasa tiba.  Saat lebaran tiba atau ketika lebaran telah usai Anda bisa mengecek nilai returnnya. Ketika nilai sudah berubah tinggi kemudian nilainya menjadi normal, Anda harus mengubah investasi Anda ke produk investasi yang prospeknya lebih tinggi. Segera cairkan return investasi yang Anda dapatkan tersebut untuk membuat keuangan Anda menjadi stabil kembali setelah lebaran usai.

Investasi yang Tepat

Investasi yang Tepat

Investasi yang Tepat

Bagi yang belum terjun ke investasi sebainya Anda harus memulai memikirkannya. Hal itu dikarenakan saat ini investasi adalah salah satu kunci untuk membuat keuangan menjadi lebih baik lagi. Saat ini bukan saatnya takut untuk ikut investasi, terlebih lagi investasi tidak memerlukan modal yang besar. Diperlukan sifat cermat dan teliti dalam memilih investasi agar prospeknya menjadi bagus dan menguntungkan.

Investasi adalah cara agar keuangan menjadi cepat pulih yang paling efektif dikarenakan tabungan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat keuangan menjadi cepat pulih. Kenali profil risiko yang Anda miliki setela itu bisa memilih investasi sesuai dengan profil risiko tersebut. Misalnya jika Anda ingin aman meski hasilnya minimal pilihlah deposito. Tempatkan dana tersebut ke investasi kemudian dana akan menjadi berbunga yang mana suku bunganya lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan. Anda juga disarankan untuk sabar dalam berinvestasi sebab dana tersebut sudah ada jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Demikianlah beberapa tips memulihkan keuangan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis yang sangat cepat cairkan uang -cara agar cepat tinggi loc:ID -cara cepat tinggi -melakukan evaluasi investasi -

Tags: bagaimana Tips memulihkan keuangan setelah lebaran cara memulihkan keuangan setelah lebaran memulihkan keuangan setelah lebaran dengan benar Tips memulihkan keuangan setelah lebaran Tips memulihkan keuangan setelah lebaran dengan benar

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Tips Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran dengan Cepat"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan