4 Alternatif Jitu Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba – Modal menjadi salah satu hal paling penting saat anda akan memulai suatu usaha. Modal adalah hal yang akan membangun semua usaha anda mulai dari fondasi hingga ke atap-atapnya. Tanpa modal, usaha anda hanya akan berhenti pada rencana-rencana dan konsep belaka. Besar kecilnya modal biasanya akan berbanding lurus dengan usaha yang akan dibangun. Tidak ada masalah sebenarnya jika anda sudah mempunyai modal yang cukup untuk membuka bisnis anda sendiri. Semuanya dalam kendali. Bahkan jika anda tidak memiliki satu sen pun sebagai modal usaha awal anda, maka anda bisa meminjam terlebih dahulu sejumlah modal yang anda perlukan ke perusahaan atau koperasi yang menawarkan pinjaman. Banyak sekali pilihan pada zaman sekarang untuk anda mendapatkan alternatif modal jika anda tidak memilikinya.

Namun permasalahan timbul saat anda mulai khawatir terhadap bunga atau riba yang beranak dari modal pinjaman anda tersebut. memang tidak di pungkiri jika bunga atau riba yang di tawarkan bank-bank konvensional dan juga unit koperasi simpan pinjam begitu mencekik. Nah, jika memang demikian, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mencari modal usaha yang bebas riba. Di bawah ini adalah beberapa cara mendapatkan modal usaha tanpa riba.

Pinjaman Keluarga atau Sahabat

Pinjaman Keluarga

Saat mendengar kata pinjaman, jangan dulu anda tergesa-gesa memikirkan sebuah koperasi atau lembaga peminjaman uang lainnya. Cara pertama untuk mendapatkan modal usaha tanpa riba adalah dengan meminjam kepada keluarga atau sahabat terdekat anda. Benar sekali, anda bisa mengatakan baik-baik kepada keluarga atau sahabat anda tentang rencana-rencana anda dalam membangun usaha. Pastikan bahwa anda tidak sekedar coba-coba dalam merintis usaha yang akan anda jalani. Dengan demikian, keluarga atau sahabat anda pun akan melihat tujuan di dalam diri anda dan bisa mempercayakan uangnya sebagai modal usaha anda. Keuntungan lain dari pinjaman keluarga atau sahabat adalah, anda bisa kapan saja membicarakan baik-baik jika memang sedang ada kendala dalam bisnis anda. Yang paling penting, pastikan anda bersikap terbuka dan transparan jika hal tersebut memang menyangkut modal yang mereka berikan kepada anda.

Pegadaian Syariah

Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang kedua adalah dengan meminjam uang ke pegadaian syariah. Cara kedua ini mungkin bisa menjadi alternatif lain jika memang meminjam uang dari sahabat atau keluarga cukup membuat anda malu atau sungkan. Tidak seperti sistem pegadaian konvensional, pegadaian syariah tidak akan memberikan bunga atas uang yang anda pinjamkan. Pada pegadaian konvensional, meskipun anda sudah menjaminkan barang berharga anda, namun bunga pada pinjaman yang anda ambil juga terus bertumbuh. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat anda keberatan di waktu mendatang. Sedangkan pada pegadaian syariah, anda hanya akan dikenakan biaya administrasi, biaya pemindahan barang, dan juga biaya jaminan atas barang yang digadaikan. Semuanya sudah biaya paten dan tidak akan tumbuh layaknya bunga atau riba. Selain itu, proses pencairan dana pada pegadaian syariah termasuk lebih mudah. Anda hanya perlu menyiapkan identitas diri seperti KTP atau paspor dan juga surat kepemilikan barang yang di gadaikan seperti BPKB atau surat berharga lainnya. Proses pencairan biasanya hanya akan memakan waktu sekitar 15 atau 20 menit saja.

Akad yang digunakan dalam pegadaian syariah pun jelas, yaitu akad ijarah dan akad rahn. Anda tidak perlu khawatir dengan barang jaminan anda karena akan disimpan dengan aman oleh pihak pegadaian. Nominal pembayaran yang bisa anda pilih pun sangat ringan. Mulai dari 50 ribu hingga 200 ribu saja.

Bank Syariah

Sudah bisa di tebak bagaimana cara kerja dari bank syariah di sini. Benar sekali, seperti layaknya pegadaian syariah, bank syariah pun tidak akan mengenakan bunga atau riba dalam setiap pinjaman yang anda ambil. Anda juga tidak perlu khawatir pihak bank syariah akan menarik macam-macam dana lain kena bank syariah sudah dalam pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk menghindari adanya pungli tersebut. Akad yang digunakan pun bukan akad piutang, namun merupakan akad bagi hasil yang tentunya sesuai dengan tuntunan dalam islam.

Pinjam Kantor

Nah, cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang terakhir adalah dengan meminjam uang kantor. Tentu saja anda bisa melakukannya. anda bisa mulai dengan mengutarakan keinginan anda kepada atasan dan menjabarkan permasalahan dengan modal yang anda punya. Biasanya kantor akan mendukung usaha anda jika memang anda termasuk karyawan yang memiliki attitude baik dan sudah lama bekerja di dalamnya.

Itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang bisa anda lakukan. Selain modal, tentu tekad dan rencana yang matang menjadi aspek lain yang juga harus anda miliki sebelum benar-benar terjun di dalam sebuah usaha.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara mendapatkan modal usaha tanpa riba -cara mendapatkan modal tanpa riba -Dptkan modal usaha tanpa riba -modal tanpa riba -

Tags: Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba 2018 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Alternatif Jitu Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba"

    Ingin Kredit Tanpa Agunan? Simak 4 Tips Agar Disetujui
    Kredit tanpa agunan banyak dilirik oleh masyarakat.
    Pelajari Tren Marketing Terbaru Agar Bisnis Berkembang!
    Sebagai orang pengusaha, mengetahui tren marketing terbaru
    4 Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda
    Jenis investasi yang cocok untuk anak muda
    Prosedur Pelelangan di Pegadaian Yang Wajib Anda Tahu
    Prosedur pelelangan di pegadaian – Pegadaian sering

    Tinggalkan pesan "4 Alternatif Jitu Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba"