Cara Meningkatkan Laba Penjualan Paling Ampuh

Sebagai seseorang yang menjalankan sebuah bisnis ataupun usaha, pertanyaan yang sering kali muncul adalah bagaimana cara meningkatkan laba penjualan supaya bisa mencapai target yang diinginkan. Tentu saja, peningkatan laba diperlukan untuk mengembangkan bisnis itu sendiri. di tengah gempuran dan persaingan bisnis yang saat ini melesat dengan cepat, maka strategi khusus diperlukan untuk terus bisa menghasilkan laba yang meningkat dan bertahan dari gejolaknya. Itulah inti dari sebuah bisnis dijalankan.

Namun seperti bagaimana bisnis berjalan, tidak melulu strategi yang diterapkan bisa mendongkrak laba penjualan sebuah bisnis. Biasanya, pebisnis yang cenderung gagal meningkatkan labanya adalah pebisnis yang tidak menimbang berbagai faktor baik internal maupun eksternal dalam usahanya. Maka dibutuhkan lebih dari sekedar inovasi atau ide-ide segar agar bisnis bisa berkembang terutama dari segi laba yang dihasilkan.

Lalu apa sajakah cara meningkatkan laba penjualan yang ampuh supaya terhindar dari risiko gagal? Berikut adalah daftarnya.

Memperluas Target Bisnis

Target Bisnis

Target Bisnis

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan laba lebih adalah dengan memperluas target bisnis. Langkah ini termasuk yang paling rasional karena jika pangsa pasar meningkat, tentu saja laba yang dihasilkan juga turut meningkat. Dengan begitu, peningkatan yang signifikan bisa langsung dirasakan. Memang ada konsekuensi dengan membidik pangsa pasar yang lebih luas, yaitu biaya produksi yang juga turut meningkat. Namun dengan pertimbangan matang dan rencana yang rapi, maka memperluas target bisnis bisa menjadi langkah yang sangat ideal. Pertimbangkan saingan dalam pangsa pasar yang akan di jangkau. Jangan sampai menyadari kekurangan produk bisnis sendiri saat sudah berhadapan langsung dengan bisnis serupa di pangsa pasar yang serupa.

Lakukan Riset Mengenai Harga Produk

Produk research

Produk research

Untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, maka perlu diadakan sebuah riset kecil dari para konsumen mengenai bagaimana produk yang dipasarkan di mata masyarakat. Pebisnis bisa mulai menanyakan tentang harga yang ditetapkan dari produk usahanya. Apakah terkesan terlalu mahal atau kurang pada segi apa lagi. Jika Menag demikian, maka hasil riset dari para konsumen bisa digunakan untuk membuat inovasi dari produk itu sendiri. Jika memang pebisnis ingin menaikkan harga barang atau jasa yang dipasarkan, maka pebisnis perlu memberikan edukasi kepada para konsumen mengenai keputusan tersebut. apa saja manfaat yang mereka dapatkan sehingga kenaikan harga tersebut tetap pantas untuk mereka dapatkan.

Buat Program Promosi

Langkah ketiga adalah dengan mengadakan promosi. Sepertinya langkah yang satu ini menjadi yang terpopuler mengingat dengan memberlakukan program promosi, maka pelanggan akan menjadi tertarik untuk membeli produk atau memilih jasa yang ditawarkan. Memang ada risiko yang harus diambil, yaitu dengan mengorbankan laba yang seharusnya masuk seperti rencana. Namun demi menjaring konsumen yang lebih luas, maka strategi promosi tetap bisa menjadi pilihan dengan perhitungan yang matang tentunya.

Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Kesetiaan pelanggan

Kesetiaan pelanggan

Langkah selanjutnya dari cara meningkatkan laba penjualan adalah dengan menjaga kesetiaan pelanggan. Pelaku bisnis bisa memberikan memanjakan pelanggan dengan berbagai keistimewaan-keistimewaan yang ditawarkan kepada mereka. Pebisnis juga bisa membentuk komunitas khusus bagi para penikmat produknya supaya konsistensi laba tetap terjaga sekaligus menjaring pasar yang lebih luas lagi. Perlu diingat, usaha atau bisnis yang memanjakan para pelanggannya otomatis akan mendapatkan review yang baik dari mereka. Reputasi tersebut sangatlah penting karena dengan begitu, pebisnis tidak perlu membayar mahal untuk promosi yang sudah berjalan dari mulut ke mulut tersebut.

Inovasi

Pikirkan Inovasi produk

Pikirkan Inovasi produk

Langkah yang terakhir adalah dengan memberikan inovasi bagi lini produk yang ditawarkan. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, inovasi yang paling baik adalah inovasi yang datang dari pendapat konsumen. Jangan sampai membuat inovasi yang justru ketika sudah diluncurkan ke konsumen malah membuat mereka merasa antipati. Jangan sampai pula membuat inovasi yang justru membuat biaya produksi dan modal menjadi meningkat. Berkreasilah dengan biaya seminim mungkin namun target laba setinggi mungkin. Maka dengan perhitungan yang matang dan jejak pendapat yang dilakukan, membuat inovasi bisa menjadi salah satu strategi paling jitu meningkatkan laba penjualan.

Evaluasi

Langkah terakhir untuk cara meningkatkan laba penjualan adalah dengan melakukan rapat evaluasi. Satu kesatuan dalam menjalankan bisnis antar divisi perlu terjalin untuk menjaga stabilitas bisnis itu sendiri. Evaluasi diperlukan untuk melihat bagaimana semua strategi untuk meningkat laba di atas berjalan. Apakah sesuai rencana atau malah mengakibatkan kemunduran. Pebisnis bisa melanjutkan strategi lainnya jika memang satu strategi sudah tergolong berhasil dan membuat rencana cadangan jika memang strategi yang dijalankan mengalami kegagalan.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan laba penjualan yang bisa coba dijalankan. Yang perlu diingat selanjutnya adalah bahwa setiap bisnis memiliki strateginya masing-masing. Tidak ada strategi yang paling baik tapi yang paling tepat.

Загрузка...

Tags: Cara Meningkatkan Laba Penjualan Cara Meningkatkan Laba Penjualan 2018 Cara Meningkatkan Laba Penjualan terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Meningkatkan Laba Penjualan Paling Ampuh"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan