3 Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan – Saat akan mendirikan usaha, modal menjadi faktor pertama yang harus diperhatikan. Di zaman sekarang ini, jika anda tidak mempunyai satu persen pun uang untuk dijadikan modal awal usaha anda, maka anda tidak perlu khawatir. Anda bisa memilih perusahaan penyedia pinjaman mana yang bisa memberikan modal yang sesuai dengan kriteria yang anda mau. Bisa dari bank, dari koperasi simpan pinjam, dan lain Ian. Namun sering kali, para pemberi pinjaman modal tersebut menyaratkan banyak hal. Mulai dari data diri hingga barang yang bisa dijadikan jaminan.

Jika anda sedang terjebak dalam situasi membutuhkan modal namun tidak ingin melibatkan jaminan sebagai bagian dari pinjaman anda, maka di bawah ini adalah beberapa opsi yang bisa anda lakukan untuk mendapat pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program dari pemerintah yang fokus pada pengembangan usaha mikro dan menengah. KUR menyediakan modal bagi para pengusaha dengan skala bisnis yang kecil tanpa membutuhkan jaminan sebagai persyaratannya. Untuk masalah bunga, Kredit Usaha Rakyat terbilang cukup rendah. Hanya sekitar 7% setiap tahunnya. Itu berarti, anda hanya akan dikenakan bunga sebesar 0.6% saja setiap bulannya. Namun kekurangan dari KUR adalah pada jumlah modal pinjaman yang bisa anda cairkan. KUR hanya menyediakan nominal yang tergolong kecil karena memang prioritas yang di sasarnya adalah usaha kelas mikro dan menengah.

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat

KUR sangat cocok bagi anda yang sedang mulai merintis bisnis anda dari nol dan belum terlalu banyak membutuhkan biaya tambahan untuk pengembangan. Anda juga perlu tahu bahwa tidak semua sistem KUR tidak menyaratkan pinjaman. Beberapa penyedia KUR terkadang juga menanyakan jaminan yang bisa anda berikan sebagai tanda jadi. Maka ada baiknya sebelum anda mengajukan KUR, anda melakukan survey terlebih dahulu untuk membandingkan KUR mana yang sesuai dengan kriteria anda. Anda bisa memilih beberapa bank penyedia KUR yang resmi dari pemerintah seperti BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah.

Modal Ventura

Modal Ventura

Cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan selanjutnya adalah dengan sistem modal ventura. Sistem ini adalah sistem yang berjalan di atas lembaga non-bank dengan prosedur dan peraturan modal usaha tersendiri. Sistem modal ventura cenderung menyerupai sistem tanam saham dalam bentuk modal. Jadi jika anda mengajukan pinjaman dengan sistem ini, maka perusahaan akan memberikan modal tanpa jaminan kepada anda. Memang anda tidak akan dimintai jaminan. Namun anda akan terlibat kerja sama dengan pemilik pinjaman tersebut. Ada beberapa jenis pinjaman modal ventura, yaitu:

  1. Equality Financing

Jenis modal ventura yang satu ini adalah jenis modal ventura di mana pemilik pinjaman modal akan terjun langsung dalam bisnis anda. pemilik pinjaman akan memberikan pembiayaan langsung dan mengawasi jalannya bisnis anda.

  1. Semi Equality Financing

Berbeda dengan Equality Financing, jenis ini adalah jenis di mana anda membeli sebagian saham dari pemilik pinjaman. Jadi anda akan membeli sebagian saham dan perusahaan masih memiliki bagian yang sudah disepakati dalam usaha anda. Jenis ventura ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dengan skala yang sudah besar.

  1. Bagi Hasil

Jenis ventura yang terakhir adalah bagi hasil. Sistem ini akan membuat perjanjian dengan anda pada awal saat anda mencairkan dana pinjaman modal. Jenis ini banyak dipakai pada usaha yang belum memiliki badan hukum resmi dan belum berbentuk PT. Pembagian hasil dari usaha anda bervariasi, tergantung kesepakatan yang sudah dicapai sebelumnya. Adakalanya 60:40, 50:50, bahkan 70:30.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan

Pilihan pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang terakhir adalah Kredit Tanpa Agunan. Jenis pinjaman ini memiliki banyak sekali kelebihan seperti banyaknya pilihan jumlah bunga yang bisa anda pilih, plafon pelunasan yang bisa mencapai 60 bulan, dan juga tentunya, jumlah nominal yang bisa anda cairkan. Benar sekali, KTA selain tidak menyaratkan jaminan juga bisa memberikan anda modal usaha yang besar bahkan hingga ratusan juta. Anda juga bisa menemukan banyak pilihan penyedia KTA karena hampir semua bank memilikinya. Persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mengajukan KTA adalah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun, fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), fotokopi buku tabungan, dan juga kartu kredit. Namun beberapa bank juga tidak selalu emnanyakan masalah kartu kredit tersebut. Ada beberapa Anka paling di rekomendasikan untuk bisa anda ajukan KTA, di antaranya yaitu Amar Bank, BNI, Bank DBS Indonesia, CTBC Indonesia, KEB Hana Bank, dan Maybank.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa anda pilih sesuai dengan kriteria anda. Yang pasti, semua ada konsekuensinya, kembali lagi kepada anda bagaimana mempertimbangkan konsekuensi tersebut.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

pinjaman modal awal usaha -pinjaman modal usaha awal -

Tags: Pinjaman modal usaha tanpa jaminan Pinjaman modal usaha tanpa jaminan 2018 Pinjaman modal usaha tanpa jaminan terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan