4 Cara Membeli Tanah Tanpa Modal Paling Efektif

Cara membeli tanah tanpa modal – Bagi Anda yang ingin membeli tanah untuk dijadikan rumah, lahan pertanian atau kebutuhan lainnya mungkin selalu berfikir harus memiliki modal yang besar di awal. Mereka berusaha mencari modal dengan cara menabung atau mencoba mengajukan pinjaman. Padahal, saat ini ada cara untuk membeli tanah tanpa harus memikirkan modal. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan tanah atau lahan impian Anda untuk berinvestasi, berbisnis atau membangun rumah pribadi Anda. Berikut 3 cara membeli tanah tanpa modal yang bisa Anda coba sendiri.

Bekerjasama Dengan Pihak Bank

Bekerjasama dengan bank

Bekerjasama dengan bank

Cara membeli tanah tanpa modal yang pertama adalah bekerjasama dengan pihak bank. Anda bisa mengajukan kredit yang nantinya Anda cicil secara berkala. Kini sudah banyak bank yang menawarkan jasa kredit dengan persyaratan yang tergolong mudah dan juga dengan bunga yang murah. Anda bisa memilih bank yang sudah berstandar internasional agar prosesnya jauh lebih aman dan juga terpercaya dibandingkan bank yang belum memiliki standar internasional.

Karena sudah banyak bank yang menawarkan kredit. Maka pilihkan bank dengan bunga kredit yang rendah dan juga memiliki variasi ataupun pilihan waktu angsuran yang banyak sehingga bisa dipilih sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan mendapatkan pinjaman dari bank ini, Anda tidak perlu mengumpulkan modal, yang harus Anda lakukan hanyalah membayar angsuran setiap bulannya dalam kurun wakitu dan juga nominal yang sudah di sepakati saja.

Mengajukan Program KPR

Program KPR

Program KPR

Jika tujuan Anda membeli tanah untuk membangun rumah pribadi, maka pembelian tanah kavling ataupun perumahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Perumahan bisa menjadi pilihan terbaik. Selain ukuran tanah kavlingnya yang tepat dan juga sesuai dengan dokumen, Anda juga bisa membelinya tanpa harus mengeluarkan modal. Anda bisa mengikuti program KPR atau kredit kepemilikan ruumah.

Dalam program KPR ini, pihak bank akan membayarkan tanah dan perumahan tersebut untuk Anda yang selanjutnya Anda membayar angsuran setiap bulannya dalam kurun waktu tertentu. Untuk harganya pun bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan harga tanah dan rumah yang akan Anda beli.

Persyaratan untuk mengajukan KPR pun tidaklah rumit, sehingga banyak orang yang menggunakan program ini untuk mendapatkan properti impian mereka. Cara ini juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin mendapatkan tanah tanpa harus mengeluarkan modal di awal.

Menawar Tanah Atau Lahan Dengan Harga Yang Tinggi

Cara membeli tanah tanpa modal yang selanjutnya adalah menawar tanah dengan harga yang tinggi. Contohnya, jika ada yang akan menjual tanah dengan harga 2 juta per m2 namun pembayaran dilakukan secara cash. Maka, Anda bisa mencoba menawar dengan harga sebesar 2,5 jt per m2 namun dengan pembayaran secara bertahap.

Jika si penjual tak membutuhkan dana dalam waktu cepat, kemungkinan penawaran Anda diterima cukup besar. Beda halnya jika si penjual sedang membutuhkan dana cash dalam waktu singkat, Anda harus melakukan negosisasi yang ketat agar bisa mendapatkan tanah yang diinginkan terebut.

Dalam transaksi ini, Anda harus bisa membangun kepercayaan si penjual, sehingga si penjual mau menerima penawaran Anda. Jangan sampai sudah diberikan toleransi dalam hal pembayaran dan juga memberikan kepercayaan kepada Anda. Namun di pihak Anda malah khianat atas semua kepercayaan tersebut.

Cara ini banyak digunakan oleh para makelar tanah yang menjalankan bisnis jual beli property. Biasanya, si makelar akan membayar secara berkala selama belum mendapatkan pembeli yang mau membeli tanah tersebut secara cash. Jika sudah menemukan pembeli yang cocok dan transaksi selesai, si makelar akan membayar kekurangannya kepada si penjual sebelumnya secara tunai.

Cara ini pun bisa Anda gunakan jika tidak memiliki modal besar di awal dan hanya mampu membayar secara berkala.

Sistem Tebas Lahan

Sistem tebas lahan

Merupakan metode atau cara membeli tanah yang tanpa modal yang terakhir. Anda cukup mencari tanah berukuran sangat luas minimal 800 m2 kemudian Anda bisa menghubungi pemiliknya sebagai media ketiga, dalam hal ini makelar. Minta persetujuan pemilik untuk menebas 800m2 tanah tersebut menjadi kavling kecil-kecil berukuran 100m2 an. Setelah itu tugas Anda adalah dengan menjualnya kembali per kavling dengan harga yang lebih tinggi dari total harga luas tanah. Katakankan total harga luas tanah 800m2 adalah 800 juta, maka untuk 1 kavling 1 m2 Anda bisa menjual dengan harga 150 – 160 juta. Maka jika ditotal 150 juta X 7 kavling = 1.050 M. Disebut 7 kavling karena tanah berukuran 800m2 tersebut sudah dibagi menjadi 8 kavling masing-masing berukuran 100an m2. 8 adalah total semua kavling, 7 kavling untuk Anda jual dan 1 kavling adalah milik Anda.

Dengan cara itu keuntungan yang Anda dapatkan adalah 1.050M – 800juta = 250 juta adalah keuntungan Anda dibagi dengan biaya notaris katakankan (3 juta X 8 kavling = 24 juta) jadi 250 juta – 24 juta = 226 juta kurang lebih adalah keuntungan Anda, yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli lahan yang ke 8 seluas 100 m2.

Cukup kreatif bukan startegi tebas lahan untuk membeli tanah tanpa modal di atas?

Itulah beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan tanah tanpa harus mengeluarkan modal di awal. Anda bisa mencoba ketiga cara diatas sesuai dengan kemampuan Anda. Yang harus Anda pahami dari ketiga cara diatas adalah, Anda harus bisa memanfaatkan peluang dan juga mengukur kemampuan Anda.

Semoga sukses!

 

Загрузка...

Tags: Cara Membeli Tanah Tanpa Modal tips membeli Tanah Tanpa Modal

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar