Pengertian Growth Hacking dan Cara Menjadi Growth Hacker

Pengertian growth hacking – Istilah hacker semakin sering terdengar seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital. Di masyarakat pun hacker menjadi julukan bagi mereka yang pandai mengutak-atik komputer dan jaringan internet. Bahkan ada juga yang mengenal hacker sebagai tukang bajak akun sosial media. Tapi, apakah Anda sudah tahu tentang growth hacking? Sepintas memang terdengar sama dengan hacker pada umumnya, namun kedua hal ini sesungguhnya sangat jauh berbeda.

Growth hacking pada dasarnya bukanlah profesi yang mengharuskan Anda untuk dapat membobol sistem keamanan internet. Melainkan untuk memasarkan berbagai produk secara digital. Oleh karena itu, agar mengenal lebih jauh tentang growth hacking, langsung saja Anda simak ulasan dibawah ini seputar pengertian growth hacking dan cara menjadi seorang growth hacker yang profesional.

Mengenal Definisi Growth Hacking

Growth hacking merupakan teknik marketing yang kini menjadi primadona dikalangan perusahaan startup. Growth hacking digunakan sebagai salah satu cara marketing dengan memanfaatkan teknologi dan kreativitas. Mereka yang bekerja dibalik ini adalah orang-orang yang memahami algoritma internet dan penguasaan terhadap teknik SEO, analisis situs web, dan pemasaran konten secara masif.

Para pelaku growth hacking ini juga disebut sebagai growth hacker. Dengan kemampuan analisa yang baik dalam dunia internet dan sosial media, mereka mampu meningkatkan trafik pengunjung dengan cepat. Dalam pengembangan sosial media pun jumlah followers menjadi tolok ukur keberhasilannya.

Umumnya growth hacking ini dimaksimalkan oleh perusahaan start up dengan anggaran dana terbatas. Dengan menggunakan jasa growth hacking, sebuah perusahaan bisa memasarkan namanya secara online yang pastinya jauh lebih hemat daripada harus turun ke lapangan secara langsung. Terlebih growth hacking juga dapat menyasar segmentasi pasar yang sesuai dengan target perusahaan karena konten yang ada di publikasi secara besar-besaran melalui media online.

Beberapa hasil dan keuntungan lain yang bisa didapat melalui growth hacking diantaranya adalah menambahnya jumlah unduhan aplikasi mobile, tingginya jumlah pengunjung website, dan semakin banyak orang yang mengenal nama dari perusahaan start up tersebut.

Dengan ini maka tidak heran semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa growth hacking. Bahkan tidak hanya perusahaan kecil saja, perusahaan besar juga semakin melebarkan bisnisnya dengan jasa growth hacking ini. Dan pastinya keuntungan dari jasa growth hacking sangatlah besar. Jadi tidak heran jika semakin banyak orang yang ingin menjadi seorang growth hacker profesional.

Lalu setelah membaca pengertian growth hacking di atas, apakah Anda tertarik menjadi seorang growth hacker? Jika iya, ulasan selanjutnya tak kalah penting karena kami akan memberi tips bagaimana menjadi seorang growth hacker profesional yang handal.

Menjadi Seorang Growth Hacker Profesional

professional growth hacking

professional growth hacking

Sebagai pelaku usaha growth hacking, Anda tidak hanya dituntut untuk mampu memasarkan nama atau brand suatu perusahaan saja. Namun lebih dari itu, Anda harus memahami jaringan algoritma internet dan sosial media. Sebut saja pengoptimasian SEO, tentu ada berbagai hal yang harus Anda pahami, mulai dari pembuatan konten yang tidak plagiat dan penyisipan kata kunci yang paling sering dicari oleh masyarakat.

Hal-hal tersebut harus Anda ketahui berdasarkan riset pada pengguna. Tentunya menjadi seorang growth hacker juga dituntut untuk sabar dan tekun. Selain itu, haus akan ilmu menjadi sifat yang harus dimiliki oleh setiap growth hacker.

Untuk dapat meningkatkan trafik pengunjung sosial media dan menambah followers pada instagram atau subscriber pada youtube, Anda juga harus memahami algoritma yang ada. Seperti youtube misalnya, Anda harus paham bagaimana sebuah video bisa masuk dalam kategori trending. Apakah karena jumlah views, komentar, atau watch time. Jika Anda memahami algoritma perhitungan tersebut, bukan tidak mungkin jika nantinya channel yotube dari perusahaan start up yang bekerjasama dengan Anda mengalami peningkatan jumlah subscribers secara signifikan.

Anda juga harus paham terhadap detail nilai produk yang dipasarkan. Bagaimana produk tersebut dibuat dan siapa targetnya tentu menjadi bahan riset lanjutan untuk menentukan jenis marketing yang paling cocok. Dengan demikian, pengerjaan secara teknis dalam area programer dan data pun bisa Anda jalani secara maksimal.

Menjadi seorang growth hacker yang handal memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih seorang growth hacker berbeda dengan hacker biasa yang cukup bekerja dengan cara membobol jaringan atau sistem keamanan internet. Dengan menyandang status growth hacker, Anda dituntut untuk mampu memahami setiap detail dari optimasi pemasaran digital yang dilakukan.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat yang dapat dibagikan seputar pengertian growth hacking dan cara menjadi seorang growth hacker profesional. Pastikan Anda terus belajar dan mencari pengalaman sebanyak mungkin agar mampu menjadi grotwh hacker yang handal. Dengan demikian, setiap perusahaan start up yang menjadi mitra kerjasama pun bisa mendapat kepuasan maksimal dengan meningkatnya jumlah pengunjung ataupun penggunanya.

 

Загрузка...

Tags: apa itu growth hacking cara menjadi growth hacking growth hacking Pengertian growth hacking

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian Growth Hacking dan Cara Menjadi Growth Hacker"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –

    Tinggalkan Balasan