5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia

Pendiri startup paling sukses di Indonesia – Di tahun 2018 ini majalah GlobeAsia telah merilis data 150 orang terkaya di Indonesia. Dari 150 orang tersebut, rupanya 5 diantaranya adalah para pendiri perusahaan startup yang kini sukses di Indonesia bahkan Asia. Para pendiri startup ini memang pantas menyandang predikat CEO paling sukses. Mereka membangun perusahaan startup dari nol hingga akhirnya bisa menjaring beberapa investor dengan kucuran dana tak terbatas.

Penasaran siapa saja pendiri startup tersebut? Langsung saja Anda simak ulasan dibawah ini seputar 5 pendiri startup paling sukses di Indonesia, berikut ulasannya.

Patrick Waluyo dari Northstar Capital

Patrick Walujo Northstar Capital

Patrick Walujo Northstar Capital

Pria berusia 42 tahun ini telah berhasil menjadi salah satu CEO startup tersukses di Indonesia. Bahkan jumlah kekayaannya kini mencapai 200 juta dollar AS atau setara dengan 2,89 triliun rupiah. Dengan jumlah kekayaan tersebut, Patrick Waluyo berhasil menduduki peringkat ke-131 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Patrick sendiri merupakan pendiri sekaligus Direktur di Northstar Equity Partners, perusahaan pengelolaan dana yang memiliki banyak modal di berbagai perusahaan di Indonesia. Bahkan Patrick sempat menanamkan modalnya sejumlah 480 miliar rupiah pada PT Go-Jek di tahun 2015 silam.

Kesuksesan Northstar Capital ini juga terlihat dari banyaknya saham yang ada di berbagai perusahaan besar. Diantaranya adalah PT Bank BPTN, BFI Finance, Delta Dunia Makmur, dan perusahaan besar lainnya. Dengan kesuksesannya tersebut, tak heran jika nama Patrick Waluyo tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi juga dunia internasional.

Ferry Unardi dari Traveloka

Pendiri Traveloka, Ferry Unardi menjadi salah satu pendiri startup paling sukses di Indonesia dengan usia termuda. Di usianya yang masih 30 tahun, Ferry telah berhasil membawa perubahan dari sistem pembelian tiketing maskapai penerbangan dan hotel.

Saat ini Ferry juga menduduki posisi kedua dari pendiri startup terkaya di Indonesia sekaligus menjadi orang terkaya di indonesia peringkat ke-146. Dengan total kekayaan mencapai 145 juta dollar AS, Ferry semakin memantapkan posisinya sebagai CEO termuda sekaligus tersukses.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Harvard University ini mulai membangun Traveloka pada tahun 2012. Sejak saat itu Traveloka menjadi aplikasi pemesanan tiket pesawat yang paling terkenal karena mampu memberi kemudahan transaksi dan berbagai promo menarik. Bahkan Traveloka juga berhasil memenangkan hati para investor untuk mau berinvestasi dalam jumlah besar.

William Tanuwijaya dari Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan Tokopedia? Sebuah platform e-commerce dengan sistim business to business (B2B) ini berhasil menjadi salah satu marketplace dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia.

Adanya kemudahan dan jaminan keamanan dalam bertransaksi membuat Tokopedia digemari masyarakat. Tokopedia juga turut membantu pergerakan ekonomi bangsa dengan semakin banyaknya orang yang memasarkan produk secara online.

Tokopedia sendiri mulai berdiri sejak tahun 2009 dan telah mendapat kepercayaan dari beberapa investor besar, diantaranya adalah Sequoia Capital, Alibaba Group, dan Softbank Internet and Media. Tak heran jika dalam perjalanannya selama 9 tahun terakhir ini Tokopedia selalu mampu menghadirkan beragam promo menarik yang pastinya semakin memantapkan posisinya sebagai marketplace nomor 1 di Indonesia.

Achmad Zaky dari Bukalapak

Berbicara marketplace maka kita tidak bisa lepas dari bayang-bayang Bukalapak. Menjadi pesaing nomor satu dari Tokopedia, Bukalapak juga berhasil membuat Achmad Zaky sang pendiri menjadi orang terkaya ke-149 di Indonesia. Saat ini kekayaan Zaky mencapai 105 juta dollar AS dan berpotensi untuk terus bertambah seiring dengan suksesnya marketplace Bukalapak.

Bukalapak

Pria muda lulusan ITB ini mulai mendirikan Bukalapak pada tahun 2011. Saat itu dirinya melihat ada peluang besar di sektor e-commerce dan tak ragu untuk mengeksekusi ide briliannya. Dengan membangun Bukalapak dari nol, Zaky akhirnya mendapat suntikan dana segar dari beberapa investor hingga akhirnya mampu membuat Bukalapak semakin besar.

Nadiem Makarim dari Go-Jek

Pendiri startup paling sukses di Indonesia yang ke-5 adalah Nadiem Makarim. Dirinya berhasil menjadi orang terkaya ke 150 di Indonesia. Berawal dari startup kecil berbasis aplikasi ojek online, Nadiem kini mampu melebarkan sayap perusahaannya hingga Vietnam. Bahkan kedepannya tidak menutup kemungkinan jika Nadiem akan menghadirkan Go-Jek untuk beberapa negara lainnya di Asia.

Go-Jek pertama kali dikenalkan kepada publik pada tahun 2011. Saat itu Go-Jek adalah pemain utama dan satu-satunya yang meyuguhkan kemudahan akses transportasi online di Indonesia. Bahkan seiring berjalannya waktu, Go-Jek tidak hanya melayani transportasi kendaraan saja, melainkan juga beberapa layanan lainnya yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan konsumen, seperti Go-Food, Go-Massage, hingga Go-Life.

Kejayaan Go-Jek hingga seperti sekarang ini juga tidak terlepas dari besarnya pemasukan yang didapat dari para investor. Beberapa perusahaan besar seperti Google, Capital Group, dan Northstar Group adalah pihak yang mempercayai bahwa Go-Jek akan menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia bahkan dunia suatu saat nanti.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar 5 pendiri startup paling sukses di Indoneisa. Semoga ulasan ini bermanfaat dan kesuksesan mereka dapat menginspirasi Anda!

Загрузка...

Tags: daftar Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –

    Tinggalkan Balasan