Pengertian Social Climber dan Cara Mengatasi Mereka

Pengertian social climber dan cara mengatasinya – Memang benar, hidup ini selalu diwarnai oleh adanya berbagai sosial yang ada di sekitarnya. Anda bisa menemukan orang dengan tingkat sosial yang rendah, menengah, dan juga tinggi. Tentu semua tingkatan tersebut adalah tingkatan yang diklasifikasikan berdasarkan materi atau harta yang dimiliki. Jika pada zaman dahulu orang dengan kelas sosial tinggi sering kali di gambarkan sebagai bangsawan, maka pada era sekarang ini, kelas sosial yang tinggi adalah kelasnya para jutawan dengan harta yang berlimpah.

Didukung dengan kemajuan teknologi yang pesat, maka muncullah istilah baru yang ikut meramaikan fenomena antar kelas sosial tersebut. Social climber, atau pemanjat sosial. Mungkin sebagian dari anda merasa asing dengan istilah tersebut, namun seperti itulah kenyataannya. Ada sekelompok orang yang memang mengabdikan hidup mereka untuk rela melakukan apa pun demi menaikkan derajat sosial mereka. Apakah wabah tersebut berbahaya? Saya kasih bocoran, sangat berbahaya. Maka jika anda sedang penasaran dengan apa itu social climber dan bagaimana cara menghindarinya, di bawah ini adalah pengertian social climber dan cara mengatasinya.

Pengertian Social Climber

Istilah social climber muncul pada sekitaran tahun 2008. Istilah ini marak di kalangan anak muda yang menyibukkan diri dengan penggambaran mewah dan serba ada di laman sosial media mereka yang notabene sedang marak-maraknya saat itu. Social climber adalah sebutan bagi anak-anak muda yang bakal melakukan apapun untuk bisa stabil mengikuti tren kekinian dan berharap mendapat penerimaan di masyarakat kelas sosial yang lebih tinggi. Namun pada perkembangannya, istilah social climber pun berkembang bukan hanya untuk anak-anak muda saja. Pada zaman sekarang, banyak orang-orang yang mendapat label social climber jika orang tersebut bergaya hidup, berdandan, atau bersikap seperti layaknya orang dengan kelas yang lebih tinggi darinya.

 Social Climber

Sebagai contoh, seseorang bakal rela membeli kacamata persis dengan yang di pakai oleh artis pujaannya demi mendapat label up-to-date, kekinian, dan yang pasti kaya karena senantiasa bisa mengikuti tren yang ada. Orang-orang tipe seperti ini membutuhkan pengakuan dari sosial sekitarnya jika kelas mereka memang tinggi meskipun berbagai cara harus ditempuh. Terkesan memaksakan karena memang tidak seharusnya mereka berada di kelas tersebut. Apakah sikap seperti ini berbahaya? Tentu saja. Ingat, social climber rela melakukan apapun demi label kelas sosial tinggi yang di incarnya. Maka acara mengancam, merengek-rengek untuk meminta, atau bahkan melakukan tindak kejahatan akan mereka lakukan. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut adalah caranya.

Pura-pura Polos

Pengertian social climber dan cara mengatasinya yang pertama adalah dengan bersikap polos. Bersikaplah layaknya anda tidak tahu jika semua barang yang dipakainya adalah barang imitasi. Anda bisa bersikap antusias saat si social climber memamerkan sepatu terbarunya, atau foto-foto liburannya di luar negeri. Setelah dirasa cukup menyenangkan hatinya, anda bisa berdalih ingin melihat sepatu tersebut secara jelas karena anda juga menginginkannya. Saat itu, cobalah anda buang sepatunya jauh-jauh. Jika si social climber marah, maka yang perlu anda katakan adalah bahwa dia tidak perlu khawatir karena dia bisa membelinya lagi. Tentu perkara membeli sepatu adalah mudah jika memang dia benar-benar orang kaya.

Pergi Secara Perlahan

Yang paling buruk dari sifat ini adalah kemampuannya untuk menular. Jika anda sudah sadar dari awal bahwa teman anda adalah seorang social climber, maka anda bisa mengatur rencana untuk perlahan-lahan pergi darinya. Anda tidak bisa terus-menerus mendengarkan berbagai obsesinya untuk diakui sebagai orang kaya sedangkan anda sendiri merasa risih dengan hal tersebut. Maka, sebelum anda malah ikut ke dalam arus wabah social climber yang dibawanya, akan lebih baik jika anda mulai pergi dari hidupnya secara perlahan-lahan. Ya bagaimanapun, seorang social climber juga tidak berhak kita sakiti dengan memutus hubungan pertemanan secara tiba-tiba.

Berikan Masukan Secara Langsung

Nah, cara mengatasi social climber yang satu ini bisa dibilang sedikit frontal. Namun jika anda memang sangat sayang kepada social climber tersebut, anda tidak bisa meninggalkannya begitu saja. Anda bisa mengajaknya bicara dari hati ke hati supaya dia bisa merubah sikapnya tersebut. Anda bisa memberitahukan efek-efek negatif yang timbul dariperilaku seorang social climber. Jangan sekali-kali mencelanya karena Aan percuma saja. Anda hanya buang-buang energi jika berencana berdebat dengan social climber. Maka anda perlu memberinya pemahaman yang baik tentang bagaimana hidup dengan kelas yang sesuai dan tidak memaksakan.

Sekian pengertian social climber dan cara mengatasinya. Anda mungkin sudah banyak menemui fenomena dan perilaku social climber dalam hidup anda. namun kembali lagi kepada anda bagaimana dalam menyikapi perilaku tersebut. anda juga harus tahu jika anda tidak bisa mencela begitu saja karena jelas, itu adalah pilihan hidup mereka.

Загрузка...

Tags: mengatasi social climber Pengertian social climber Pengertian social climber dan cara mengatasinya

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian Social Climber dan Cara Mengatasi Mereka"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –

    Tinggalkan Balasan