7 Keuntungan Membeli Apartemen Dihuni Maupun Disewakan

Keuntungan membeli apartemen – Hunian menjadi kebutuhan primer karena jumlah populasi manusia yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Pemerintah sudah berusaha menekan laju populasi dengan menerapkan program keluarga berencana, namun jumlah populasinya tetap terus meningkat. Salah satu yang menyebabkan populasi ini meningkat adalah kegagalan program KB yang digalakkan oleh pemerintah. Melihat peluang ini berbisnis properti menjadi menggiurkan. Salah satu properti yang saat ini banyak diincar adalah apartemen. Ada beberapa keuntungan membeli apartemen yang akan Anda dapatkan seperti berikut ini:

Banyak Dibutuhkan

keuntungan membeli apartemen

keuntungan membeli apartemen

Minimnya lahan membuat hunian vertikal banyak diincar, hal itu dikarenakan harga apartemen lebih terjangkau dibandingkan dengan hunian horizontal. Anda bisa membeli apartemen tersebut untuk disewakan atau untuk dijual kembali.

Dijadikan Sebagai Investasi

Semua properti bisa dijadikan sebagai investasi karena semakin lama harganya akan semakin mahal. Jika Anda membeli apartemen di tahun ini, 5 tahun lagi atau 10 tahun lagi harganya akan meningkat dengan tajam. Apartemen bisa dijadikan investasi untuk mempersiapkan dana pensiun dan juga pendidikan untuk anak karena nilainya akan terus merangkak naik.

Mendapatkan Penghasilan Pasti

Apartemen yang dibeli bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan pasti. Ketika menyewakan apartemen tersebut penyewa harus membayar setiap bulan atau per tahunnya sehingga meski Anda tidak bekerja nantinya akan tetap mendapatkan penghasilan dari sewa apartemen. Terbukti harga sewa apartemen ini tiga kali lipat lebih mahal dibandingkan sewa properti lainnya, sehingga hal ini akan menjadi menguntungkan bagi Anda. Sebagai contohnya adalah sewa rumah mewah yang sebulannya hanya berkisar antara 1,5 juta sampai dengan 2 juta per bulan, sedangkan untuk sewa apartemen ini bisa mencapai 5 sampai dengan 6 jutaan per bulan. Itu tandanya dalam setahun saja nilai sewa sebesar 60 jutaan.

Capital Gain

Menyewa apartemen memang tidak akan menghasilkan uang yang banyak seperti ketika Anda menjualnya. Namun dengan menyewakannya Anda akan mendapatkan uang secara berkelanjutan sedangkan jika menjualnya kembali Anda akan mendapatkan uang dengan jumlah yang cukup besar dalam satu waktu. Salah satu keuntungan membeli apartemen kemudian dijual kembali adalah capital gain.  Capital gain ini adalah selisih harga jual dengan harga beli. Nilai dari capital gain ini begitu besar namun kepemilikan dari properti bisa terlepas dari tangan Anda.

Memiliki Return on Investment Tinggi

Keuntungan membeli apartemen kemudian menyewakan akan membuat Anda mendapatkan return on investment yang tinggi. Untuk menghitung ROI sewa apartemen ini Anda bisa menghitung biaya sewa dengan modal yang sudah Anda keluarkan untuk membeli apartemen tersebut. Misal dalam sebulan sewa apartemen sebesar 5 juta maka setahun mendapatkan penghasilan 60 juta. Dia menyewa selama 5 tahun sehingga didapatkan nilai 300 juta.

Untuk harga beli apartemen sebesar 200 juta. Rumusnya adalah total penjualan dikurangi modal investasi sehingga 300 juta dikurangi 200 juta didapatkan nilai 100 juta.  Nilai 100 juta itu dibagi dengan modal investasi kemudian dikalikan dengan 100%, sehingga 200 juta dikalikan dengan 100% atau 0,01 nilainya menjadi 2 juta. 100 juta dibagi menjadi 2 juta nilainya 50, karena bentuknya adalah persen maka ROI yang akan didapatkan Anda sebesar 50%.

Mudah Menjangkau Pusat Kota

Membeli apartemen untuk ditinggali sendiri membuat Anda mudah menjangkau pusat kota. Apartemen ini didirikan di dekat pusat kota sehingga letaknya begitu strategis dan bisa membuat Anda menuju ke pusat kota dengan mudah. Berbeda jika tinggal di rumah horizontal yang jauh dari pusat kota sehingga perjalanan yang ditempuh cukup jauh terutama jika tempat Anda bekerja berada di pusat kota.

Praktis

Jika Anda tinggal di apartemen kehidupan yang dijalani semakin praktis. Ruangan yang terbatas membuat Anda bisa mendesain sedemikian rupa ruangan apartemen Anda dan lebih mudah membersihkannya. Tidak hanya itu saja, untuk berbelanja Anda tidak perlu keluar kompleks dari apartemen karena di lingkup apartemen sudah memiliki pusat per belanjaannya sendiri. Fasilitas yang lengkap akan membuat Anda lebih mudah dalam menjalani hidup di dalam apartemen.

Tips Membeli Apartemen

Tips membeli Apartemen

Tips membeli Apartemen

Supaya Anda tidak salah dalam membeli apartemen ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli apartemen ini. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli apartemen:

1. Track Record Developer

Hal penting sebelum membeli apartemen adalah Anda harus memperhatikan rekam jejak developer. Pastikan Anda tidak membeli apartemen dari developer bermasalah.

2. Sertifikat dan Legalitas

Apartemen yang dibeli harus legal dengan bukti sertifikat. Sertifikat yang harus dimiliki Hak Guna Bangunan HGB, izin prinsip, IMB, dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah. Lakukan pengecekan dan validasi ke dinas terkait.

3. Lokasi dan Usia

Jika dijadikan sebagai investasi pilih apartemen yang lokasinya strategis dan umurnya belum terlalu tua. Apartemen dengan umur terlalu tua membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit.

Apartemen menjadi properti yang potensial. Beberapa keuntungan membeli apartemen yang telah disebutkan di atas akan Anda dapatkan jika membeli apartemen yang tepat dan tidak bermasalah.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kelebihan membeli apartment -keuntungan membeli apartemen dan menyewakannya -keuntungan membeli apartemwb surabaya -manfaat membeli apartemen -manfaat memiliki apartemen -manfaat memiliki apartmen -

Tags: Keuntungan Membeli Apartemen Keuntungan Membeli Apartemen 2018 Keuntungan Membeli Apartemen terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Keuntungan Membeli Apartemen Dihuni Maupun Disewakan"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
    1. author

      Sewa Apartemen Jakarta1 minggu agoBalas

      Lumayan banyak juga keuntungan membeli apartemen, boleh di coba nih.

    Tinggalkan Balasan