6 Tips Investasi Berlian bagi Pemula Anti Rugi yang Wajib Anda Tahu!

Apakah Anda tertarik investasi berlian bagi pemula? Jika iya Anda menemukan artikel yang tepat. Disini Anda akan tahu bagaimana cara investasi berlian agar tidak rugi.  Investasi berlian ini tidak hanya bisa dilakukan oleh kalangan selebriti saja namun masyarakat pun bisa berinvestasi.  Perlahan tapi pasti investasi berlian ini akan menggeser keberadaan emas. Banyak yang berdalih jika investasi berlian lebih mudah dan menguntungkan karena harganya jauh diatas emas.

Investasi Berlian bagi Pemula

Yang lebih menggiurkan adalah berlian lebih tahan terhadap inflasi dibandingkan emas. Berlian tidak membutuhkan biaya perawatan dan tren harga cenderung meningkat. Dibandingkan emas, berlian merupakan batu mulia dengan harga yang paling maha dengan sifat keras dan langka. Dari karakter itulah bisa disimpulkan jika investasi berlian lebih mahal dibandingkan dengan emas.  Lantas seberapa menarik investasi berlian bagi pemula dan bagaimana caranya agar tidak rugi? Simak informasinya sampai habis ya!

Investasi Berlian Menarik Karena Dipengaruhi Kurs Rupiah Terhadap Dollar

Belum banyak yang tahu jika investasi berlian ini dipengaruhi oleh kurs rupiah terhadap dollar AS. Kurs rupiah yang menguat dan melemah penting untuk Anda perhatikan. Hal itu karena investasi berlian akan menggairahkan jika harganya naik. Itu artinya Anda akan mendapatkan keuntungan. Selain itu, Anda harus memahami tujuan atau fungsi dari berlian itu sendiri.

Pada dasarnya berlian merupakan barang yang dinikmati seperti lukisan dan fungsi utamanya adalah perhiasan. Tidak ada jaminan apakah investasi berlian tersebut harganya naik, stagnan atau turun karena tergantung dengan peminatnya. Investasi berlian akan menguntungkan jika ada momen yang menyebabkan kurs rupiah melemah terhadap dollar AS.

Tips Investasi Berlian bagi Pemula

Ada beberapa tips investasi berlian bagi pemula yang penting untuk Anda ketahui karena bisa menghindarkan Anda dari kerugian. Simak beberapa tips investasi berlian seperti berikut ini:

  1. Pelajari Karakter Berlian
Baca juga:  3 Syarat Kredit Emas di Bank, Keuntungan dan Kelebihannya

Tips investasi berlian bagi pemula yang pertama Anda bisa mempelajari karakter berlian. Sebagai pemula, Anda harus mempelajari dasar. Jangan sampai uang yang Anda investasikan menjadi buntung. Dengan memahami karakteristiknya, Anda bisa tahu mana berlian yang memiliki nilai jual dan tidak. Hal yang perlu Anda perhatian adalah warna, potongan, karat an kejernihan.

  1. Pahami 4C

Agar tidak merugi, penting bagi Anda untuk memahami 4C. Warna atau berlian memiliki skala. GIA sendiri merupakan singkatan dari Gemological Institute of America yang mengelompokkan kategori berlian mulai dari putih hingga kuning. Berlian dengan kualitas terbaik colorless dan tingkatannya D-F. Jika tidak berwarna ada di tingkatan G-J, kuning di tingkatan K-M, kuning terang tingkat N-R, dan kuning terang S-Z.

Untuk cut, GIA juga membuat skala tersendiri.  Skala itu adalah fair, good, very good, ideal dan signature ideal. Untuk karat atau kadarnya sama dengan emas. Semakin tinggi karatnya maka semakin bagus. Untuk satu karat berlian setara dengan 0,2 gram atau 200 miligram. Clarity adalah kejernihan dan ada 5 kelas kejernihan yang bisa Anda jadikan sebagai acuan.

  1. Cari Berlian yang Langka

Tips investasi berlian bagi pemula yang bisa Anda lakukan selanjutnya Anda bisa mencari berlian yang langka. Aset akan semakin berharga jika jumlahnya semakin terbatas, selain itu memiliki nilai yang tinggi.  Berlian yang langka dan jarang dimiliki dan banyak digemari nilainya akan naik berkali-kali lipat saat dijual. Misalnya saja dalam hal kejernihan, Anda bisa memilih yang unik. Anda bisa mengurangi pesaing dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca juga : Emas Antam Instrumen Investasi Resiko Rendah, Benarkah?

  1. Beli Langsung dari Produsen

Anda bisa membandingkan harga dan mencari harga murah saat berbelanja komoditas. Dalam investasi berlian, Anda juga harus melakukan hal tersebut. Yang harus Anda ingat adalah membeli murah bukan menandakan berlian yang Anda beli ini tidak berkualitas atau malah abal-abal. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk belajar dasar dan melakukan pembelian langsung kepada produsennya. Hindari membeli berlian dari pihak perantara.

  1. Konsultasi Pada Ahlinya
Baca juga:  6 Syarat KTA Online dan Kelebihannya

Agar Anda tidak mengalami kerugian saat berinvestasi berlian, jangan ragu untuk bertanya dan berkonsultasi pada ahlinya. Malu bertanya sesat di jalan, oleh sebab itu bertanyalah jika Anda tidak tahu. Hal itu untuk menghindari kerugian dari investasi. Anda bisa mencari konsultan berlian atau membeli di toko yang terpercaya.

  1. Tentukan Besar Anggaran

Anda yang ingin berinvestasi berlian penting untuk menentukan besar anggaran.  Anda harus menentukan berapa besar anggaran yang Anda keluarkan untuk berbelanja berlian. Jangan sampai Anda kalap dan gelap mata saat berbelanja berlian tersebut. Anda tidak bisa menghabiskan semua dana hanya untuk berbelanja berlian saja. Tujuannya Anda membeli berlian adalah untuk investasi bukan untuk koleksi pribadi. Jangan mudah tergiur dengan model perhiasan yang cantik terlebih berlian ini harganya relatif mahal dibandingkan logam mulia yang lainnya.

Demikianlah informasi tentang investasi berlian bagi pemula yang menarik, bagaimana apa Ada tertarik untuk investasi di logam mulia yang satu ini? jika iya, Anda bisa melakukan beberapa tips diatas untuk menghindarkan Anda dari kerugian yang bisa terjadi kapan saja, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Tags: investasi berlian bagi pemula keuntungan investasi berlian bagi pemula menilik investasi berlian bagi pemula

Berikan komentar