Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Rumahan

Bisnis makanan ringan kini semakin banyak diminati. Selain dapat dimulai dengan modal yang cukup kecil, usaha makanan ringan juga termasuk praktis dan mudah. Dari sisi modal, Anda tak harus menyewa tempat atau membeli peralatan yang mahal. Cukup dijalankan dari rumah dengan peralatan dapur yang sederhana, tak perlu membeli alat-alat khusus yang mahal. Cara membuatnya pun cukup mudah. Makanan ringan umumnya dapat dibuat dengan mudah dengan mengikuti resep atau berdasarkan pengalaman Anda. Pemasaran makanan ringan pun umumnya cukup sederhana, Anda dapat menitipkan makanan ringan buatan Anda di toko atau restoran terdekat, atau dapat juga Anda pasarkan secara online.

Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Rumahan

Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Rumahan

Meskipun terdengar cukup mudah, Anda juga harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis makanan ringan ini. Simak cara untuk memulai bisnis makanan ringan rumahan berikut ini.

  1.     Lakukan Riset Pasar

Jenis makanan ringan yang dapat dijual sangat beragam. Lakukan riset pasar tentang makanan ringan apa yang sedang tren dan dicari masyarakat. Namun jangan asal ikut-ikutan. Cobalah berkreasi dan ciptakan sesuatu yang khas dari makanan ringan yang akan Anda produksi. Anda dapat membuat makanan ringan khas daerah, namun dengan sedikit inovasi. Contohnya cireng rasa keju, keripik pisang coklat, mie lidi pedas berlevel, dan sebagainya.

Selain memilih makanan ringan yang banyak diminati masyarakat, perhatikan juga ketersediaan bahan bakunya. Pastikan Anda dapat memperoleh bahan baku untuk makanan ringan tersebut dengan mudah dan dengan harga yang cukup masuk akal.

Selain survey harga bahan baku, lakukan juga survey pada perlengkapan dan alat yang dibutuhkan untuk bisnis Anda. Misalnya jika Anda akan membuka usaha minuman jus, tentukan apakah Anda memerlukan juicer dan apakah Anda perlu membelinya.

  1.     Lakukan Analisa Usaha

Setelah menentukan jenis makanan ringan yang potensial untuk Anda produksi, lakukan analisa usaha yang akan Anda mulai. Hitunglah dengan teliti harga bahan baku yang akan digunakan. Hitunglah total perkiraan pengeluaran untuk bahan baku, dan tentukan harga jual makanan ringan yang akan diproduksi. Pertimbangkan biaya lainnya, seperti biaya untuk karyawan jika diperlukan, biaya pemasaran, penambahan biaya listrik, dan lainnya. Hitung dengan seksama berapa perkiraan keuntungan yang akan Anda peroleh. Dari analisa tersebut Anda dapat menyimpulkan apakah jenis makanan ringan yang Anda pilih sudah tepat untuk menjadi usaha Anda.

  1.     Utamakan Kualitas

Langkah selanjutnya adalah memilih bahan baku yang berkualitas. Saat ini masyarakat semakin pintar untuk memilih makanan ringan yang berkualitas dan sehat. Menggunakan bahan baku yang berkualitas akan membuat rasa makanan ringan lebih enak dan juga lebih bernilai gizi.

Selain bahan baku, proses pembuatan makanan ringan juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan semua alat dan ruangan dapur bersih serta memenuhi standar kesehatan.

  1.     Tentukan Strategi Pemasaran

Sebelum memulai bisnis makanan ringan Anda, tentukan terlebih dahulu bagaimana Anda akan memasarkan atau menjual produk Anda. Pilihlah cara yang tepat sasaran dan sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya, tentukan apakah produk Anda dapat dititipkan ke toko atau restoran atau kantin sekolah. Atau, apakah lebih memungkinkan jika Anda menjual produk Anda sendiri secara langsung misalnya ke teman-teman kantor atau teman arisan misalnya, atau apakah Anda ingin memasarkan produk Anda secara online.

  1.     Manfaatkan Media Sosial

Apakah Anda gemar dan aktif menggunakan media sosial atau medsos? Manfaatkan medsos untuk memperkenalkan produk makanan ringan Anda. Buatlah akun medsos khusus untuk usaha makanan ringan Anda. Seringlah mengunggah foto atau video, atau mengupdate status Anda di medsos secara teratur. Anda juga dapat memanfaatkan medsos untuk beriklan. Namun ingatlah untuk menyesuaikan pengaturan biaya iklan di medsos dengan budget Anda.

  1.     Diskon dan Promosi

Saat memperkenalkan produk baru Anda, penting untuk mempertimbangkan promosi apa yang tepat untuk Anda lakukan. Promosi sangat penting agar masyarakat semakin tertarik untuk mencoba produk Anda. Pertimbangkan promosi apa yang tepat dengan metode pemasaran yang Anda pilih. Promosi dapat dilakukan dengan memberikan diskon, memberikan produk gratis pada pembelian tertentu (misalnya buy 1 get 1), atau memberikan sampel makanan ringan secara gratis.

  1.     Teruslah Berinovasi

Saat Anda sudah memiliki pelanggan, Anda juga harus memikirkan cara untuk mempertahankan pelanggan Anda. Agar pelanggan tidak bosan dengan makanan ringan Anda, teruslah berkreasi dan berinovasi. Misalnya dengan menambah rasa baru atau menambah varian baru secara berkala.

Demikian adalah tips-tips untuk memulai bisnis makanan ringan rumahan. Ingat, fokus dan jeli dalam membaca peluang pasar sehingga bisnis makanan ringan rumahan yang akan Anda kerjakan dapat berhasil.

 

Загрузка...

Tags: bisnis rumahan

author
Penulis: 
Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Berikan komentar