Konsep dan Strategi Pemasaran Bisnis Menurut para Ahli

Strategi Pemasaran Bisnis Menurut para ahli – Secara teori, kita mengenal pemasaran sebagai upaya untuk mencapai kesesuaiaan antara tujuan perusahaan untuk meningkatkan hasil penjualan dengan para konsumen. Pemasaran sendiri menjadi salah satu hal terpenting bagi perusahaan. Karena tanpa adanya sistem pemasaran yang optimal, maka mustahil bagi perusahaan untuk menjual produknya dan bisa dikenal secara luas.

Dan dalam praktiknya, setiap perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang pemasaran untuk membuat strategi dan konsep pemasaran yang matang. Oleh karena itu, sebelum Anda benar-benar bisa menguasai pemasaran, sebaiknya Anda mengetahui konsep dan strategi pemasaran bisnis menurut para ahli, berikut ulasannya.

Definisi Strategi Pemasaran Menurut para Ahli

strategi marketing

strategi marketing

  1. Menurut Tjiptono

Tjiptono mengatakan bahwa pemasaran adalah alat fundamental yang telah dirancang untuk mencapai sebuah tujuan dengan menjalankan program pengembangan tentang keunggulan produk. Nantinya, hal ini akan menyentuh pasar secara langsung untuk mendapat awareness dari calon konsumen.

  1. Menurut Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan dengan tujuan pemasaran perusahaan. Pola pikir ini bisa meliputi strategi secara spesifik yang langsung menyasar target pasar, mulai dari positioning, marketing mix, hingga penghitungan besarnya sebuah pengeluaran untuk pemasaran.

  1. Menurut Guiltinan & Paul

Strategi pemasaran adalah pernyataan pokok yang bersangkutan dengan efek atau dampak atas permintaan pasar yang sebelumnya sudah ditentukan melalui tahap analisis dan riset produk.

  1. Menurut Kurtz

Strategi pemasaran adalah semua program perusahaan terkait penentuan target pasar dan kepuasan pelanggan yang mana dibangung dengan berpatokan pada positioning, marketing mix, pendistribusian, harga, dan promosi.

Dalam prosesnya, strategi pemasaran akan dilakukan oleh para ahli yang sebelumnya sudah melakukan riset terkait kondisi pasar.

  1. Menurut Stanton

Stanton mengatakan bahwa definisi strategi pemasaran merupakan sesuatu yang ruang lingkup sistemnya terhubung dengan perencanaan dan penentuan harga hingga dipromosikan dan menyalurkan porduk untuk kepuasan konsumen.

5 Konsep Dasar Strategi Pemasaran

Konsep Dasar Strategi Pemasaran

Setelah Anda sudah mengetahui definisi dari strategi pemasaran bisnis menurut para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran adalah sebuah upaya untuk meningkatkan penjualan dan pengenalan produk atau perusahaan.

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui konsep dasar dalam strategi pemasaran, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Segmentasi Pasar

Sebelum membuat strategi pemasaran, maka terlebih dahulu Anda harus melakukan riset yang sesuai dengan segmentasi pasar. Ketahuilah target pasar Anda, mulai dari demografi, psikografi, hingga usia dan lain sebagainya. Dengan demikian Anda bisa membuat konten pemasaran yang tepat dan langsung menyasar target yang sesuai.

  1. Positioning

Sebuah perusahaan pada dasarnya tidak mungkin bisa menguasai semua lini pasar dan konsumen. Sehingga Anda harus mengerti dimana letak positioning perusahaan dan produk Anda. Ini akan sangat berpengaruh terhadap materi pemasaran yang nantinya akan dilempar ke masyarakat.

Dan untuk mempermudah Anda membangun positioning ini, maka sebaiknya Anda memiliki produk yang tidak hanya dibutuhkan oleh banyak orang, namun juga dibutuhkan dengan waktu yang sering sehingga akan selalu lahir pembaharuan yang sesuai dengan kondisi pasar terkini.

  1. Market Entry Strategy

Ini adalah strategi perusahaan untuk dapat memasuki segmen pasar yang lebih luas dan sesuai dengan produk. Beberapa cara yang umum dilakukan untuk menyelesaikan konsep ini adalah dengan cara berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk saling memperkenalkan produk kepada para pelanggan antara keduanya.

Cara ini sebenarnya juga sudah sangat banyak dilakukan oleh para pebisnis di luar sana. Bahkan konsep ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan disiplin waktu Anda dan para karyawan.

  1. Marketing Mix Strategy

Konsep ini merupakan sebuah kumpulan variabel yang bisa digunakan perusahaan untuk dapat memberi pengaruh atas tanggapan para konsumen. Dan beberapa variabel yang menjadi pedoman untuk dapat mempengaruhi keinginan konsumen adalah “7P”, yaitu product, place, price, participant, prosess, promotion, and people physical evidence,

Dengan menguasai ketujuh hal tersebut, maka bisa dipastikan sebuah konten pemasaran bisa mencakup pasar konsumen yang lebih luas lagi.

  1. Timing Strategy

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah timing atas pemasaran Anda. Dalam menyusun strategi pemasaran ini tentunya Anda juga harus melakukan observasi terkait hal-hal yang sedang trend atau viral.

Dari hasil observasi tersebut Anda dapat mengetahui waktu paling tepat untuk mengeluarkan strategi pemasaran. Karena waktu yang tepat juga akan berdampak pada hasil penjualan Anda.

Dan itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan seputar strategi pemasaran bisnis menurut para ahli dan 5 konsep dasarnya. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah, dalam memulai bisnis pastinya kita tidak boleh takut akan resiko kegagalan. Karena pada dasarnya semua tindakan yang dilakukan selalu memiliki resiko masing-masing. Demikian pula dengan resiko strategi pemasaran yang bisa jadi kurang tepat sehingga akan berdampak banyak bagi profit perusahaan.

 

Загрузка...

Tags: definisi Strategi Pemasaran Bisnis Menurut para Ahli pengertian Strategi Pemasaran Bisnis Menurut para Ahli Strategi Pemasaran Bisnis Menurut para Ahli

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar