Cara Mengoptimalkan Bisnis dengan Linkedin Marketing

Cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin Marketing – Perlu di sadari bahwa kini urusan bisnis dan marketing sudah tidak bisa dipisahkan dengan sosial media. Pesatnya perkembangan teknologi informasi juga turut mendukung sosial media untuk lebih banyak digunakan oleh semua orang. Dan itu artinya, sosial media menjadi salah satu alat promosi terbaik saat ini.

Namun dari sekian banyak sosial media, ada satu yang benar-benar diciptakan dengan tujuan bisnis dan marketing, yaitu Linkedin. Dengan memanfaatkan Linkedin marketing, Anda bisa mengupdate profil seputar data diri dan bisnis yang sedang dijalankan. Namun tentu saja untuk bisa mendapat respon yang baik dari para pengguna lainnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin marketing. Untuk itu langsung saja Anda simak informasinya pada ulasan di bawah ini.

Membuat Akun Pribadi yang Profesional

registrasi linkedin

registrasi linkedin

Jika pada umumnya kita menggunakan sosial media hanya sebagai ajang interaksi bersama kawan-kawan atau mencari teman baru, maka hal itu berbeda dengan Linkedin. Untuk memaksimalkan sosial media yang satu ini, sebaiknya Anda membuat akun pribadi yang profesional dengan data diri yang sebenarnya, mulai dari foto asli, nomor telepon asli, riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, hingga rincian bisnis yang kini dijalankan.

Pastikan Anda juga tidak menggunakan nama email yang terkesan aneh dan palsu. Buatlah email khusus yang terlihat profesional untuk akun Linkedin Anda. Karena profesionalitas akun bisa mencerminkan kepribadian Anda dan ini akan sangat berpengaruh terhadap respon pengguna lainnya.

Lengkapi Semua Data

Jika sebelumnya Anda bermain Facebook atau Instagram, maka tidak ada kewajiban bagi kita untuk melengkapi semua data. Namun berbeda dengan Linkedin, sebaiknya Anda lengkapi data-data yang dinilai penting, khususnya terkait dengan bisnis yang dijalankan.

Kelengkapan data ini bisa Anda mulai dengan memberikan informasi alamat dan contact person yang lengkap. Setelah itu cantumkan informasi terkait sosial media lainnya, seperti facebook, instagram, atau twitter. Dan jangan lupa untuk mencantumkan nama aplikasi e-commerce apa saja yang juga Anda gunakan.

Rekomendasi Teman

fitur rekomendasi teman linkedin

fitur rekomendasi teman linkedin

Fitur rekomendasi teman adalah salah satu fitur yang paling bermanfaat di Linkedin. Fitur ini sama halnya dengan promosi karena nantinya teman Anda akan merekomendasikan akun miliki Anda kepada pengguna lain. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda juga akan mendapat relasi yang lebih luas. Dari luasnya relasi inilah Anda bisa mendapat semakin banyak konsumen atau orang-orang yang ingin bekerjasama. Dan yang terpenting, untuk menggunakan fitur ini Anda tidak perlu membayar sehingga bisa dikatakan jika ini adalah ajang promosi gratis yang efektif.

Update secara Intens

Sebagaimana umumnya sosial media, maka Linkedin juga memungkinkan Anda untuk mengupdate status. Hanya saja, status di sini bukan seperti status pribadi lainnya, melainkan status seputar kondisi terkini dari bisnis atau pekerjaan Anda.

Dan untuk menjaring semakin banyak konsumen, Anda harus bisa memberi notifikasi secara rutin dengan cara rajin update. Semakin Anda sering update secara intens, maka notifikasi akan terus muncul di akun kawan-kawan Linkedin Anda. Namun perlu diingat juga bahwa terlalu banyak mengupdate status juga tidak baik karena akan membuat pengguna lainnya terganggu. Jadi lebih baik Anda terus konsisten untuk update setiap harinya minimal satu kali sehari.

Melakukan Perkenalan secara Profesional

Cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin marketing yang selanjutnya adalah memastikan bahwa obrolan dan perkenalan Anda hanyalah sebatas profesional. Karena saat Anda mendapat kawan baru di akun Linkedin, maka tantangan selanjutnya adalah memberi kesan yang baik kepada mereka.

Linkedin profile

Linkedin profile

Ingatla bahwa akun Linkedin ini bukan akun sosial media pencari jodoh. Sehingga jika Anda mendapat kawan baru, sebaiknya lakukan perkenalan dengan cara yang elegan dan profesional. Jangan membahas obrolan yang keluar dari topik bisnis profesional Anda. Bahkan pada dasarnya obrolan seputar bisnis inilah yang harus banyak dibahas untuk semakin memperkenalkan produk Anda.

Gunakan Sponsored Update

Jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan, maka cara terakhir yang bisa Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan fitur sponsored update. Fitur ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk memperkenalkan akun dan bisnis Anda dengan cakupan yang lebih luas semua pengguna Linkedin. Bahkan Anda juga bisa mencantumkan target audiens sehingga promosi hanya disampaikan kepada para pengguna yang relevan dengan bisnis Anda.

Namun sayangnya untuk bisa menikmati fitur ini Anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Karena fitur ini tidak gratis sehingga cukup rumit jika ingin mencobanya. Tetapi tenang saja, uang yang dikeluarkan untuk membayar fitur ini juga dirasa sangat worth it jika mengingat dampak baiknya untuk akun dan bisnis Anda.

Dan demikianlah beberapa ulasan singkat yang bisa kami bagikan seputar cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin marketing. Pastikan Anda menggunakan sosial media ini dengan bijak untuk terus meningkatkan pemasaran bisnis yang profesional.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin marketing cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin marketing cara mengoptimalkan bisnis dengan Linkedin marketing terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar