Bisnis Parsel Menjelang Lebaran: Menjemput Rezeki di Hari yang Suci

Bisnis parsel menjelang lebaran – Momen Ramadhan semakin dekat saja. Artinya akan ada banyak bisnis musiman yang bisa Anda geluti untuk menambah anggaran baju lebaran Anda. Salah satunya adalah bisnis parsel. Bisnis tersebut selalu mendulang keuntungan yang besar menjelang lebaran. Meski begitu, bisnis parsel sebenarnya bisa Anda kembangkan tidak hanya pada bulan puasa saja. Tradisi memberikan parsel juga ada saat natal, momen pernikahan, menjenguk orang sakit, dan acara lainnya. Nah, bagi Anda yang tertarik terjun di dalam bisnis ini, simak ulasan mengenai cara memulai, tips sukses, dan analisa modal dan keuntungan dari bisnis parsel menjelang lebaran berikut ini:

Bagaimana Memulai Bisnis Parsel?

Bisnis Parcel

Bisnis Parcel

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis parsel seperti di bawah ini:

  1. Pilih Supplier Terpercaya

Sebelum memulai bisnis parsel, kami rekomendasikan Anda untuk mensurvei supplier yang menyediakan barang yang Anda butuhkan dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Anda juga bisa membeli produk dalam satu parsel di tempat yang berbeda jika memungkinkan. Agar, margin keuntungan Anda lebih besar. Jika Anda memiliki keterbatasan modal, Anda harus mencari supplier yang mau dibayar secara bertahap.

  1. Kembangkan Skill dalam Membuat Parsel

Yang membuat parsel tampak menarik adalah keunikan rangkaiannya. Jadi, Anda harus benar-benar kreatif dalam memadu padankan produk dalam parsel menjadi bentuk yang menarik. Anda bisa belajar bagaimana merangkai parsel dari intenet dengan mudah. Anda juga bisa mengikuti pelatihan pembuatan parsel agar skill Anda semakin terasah. Variasikan ilmu yang Anda dapatkan untuk membuat bingkisan yang atraktif dan tidak monoton.

  1. Perhitungkan Modal Yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya, Anda harus mengkalkulasikan besarnya modal yang harus Anda keluarkan. Lakukan dengan cermat dan efisien. Untuk permulaan, sebaiknya pengeluaran modal disesuaikan dengan tabungan yang Anda miliki. Anda harus menyiasatinya dengan tepat sehingga tidak perlu terlibat hutang. Anggap saja untuk mengetes pasar terlebih dahulu. Jika prospeknya bagus, Anda bisa menambah modal di kemudian hari.

  1. Realisasikan Bisnis Parsel Anda

Setelah Anda menemukan supplier terbaik, konsep yang menarik, dan modal mencukupi, segera realisasikan bisnis Anda. Anda bisa mulai memasarkan produk sejak awal Ramadhan sehingga omset menjelang lebaran naik karena orang sudah mengenal toko Anda.

Tips Sukses Bisnis Parsel Menjelang Lebaran

Bisnis Parcel lebaran

Bisnis Parcel lebaran

Agar bisnis parsel Anda memetik hasil sesuai harapan, Anda harus mempunyai strategi jitu. Berikut kiat sukses bisnis parsel menjelang lebaran yang bisa Anda terapkan:

  1. Segementasi Pasar Jelas

Segmentasi pasar bisnis harus disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Jika terbatas, sebaiknya Anda menargetkan pasar Anda untuk kalangan menengah ke bawah. Isi parsel tidak harus dari brand terkenal. Yang penting harga terjangkau dan kualitasnya baik. Kelengkapan isi parsel juga harus dipertimbangkan. Standar parsel lebaran biasanya berisi Sirup, sembako, dan kue kering.

  1. Berikan Inovasi

Dalam bisnis apapun, inovasi adalah senjata untuk mengokohkan usaha Anda. begitu juga dengan bisnis parsel lebaran ini. Gunakan tema menarik seperti rustic atau bisa juga menggunakan variasi box unik dan kokoh sehingga bisa dipakai lagi nantinya.

  1. Tawarkan ke Lingkungan Sekitar Dulu

Memulai bisnis parsel tidak harus dengan skala besar. Kenalkan dulu produk Anda lingkungan terdekat seperti keluarga, teman, atau tetangga. Dengan berjalannya waktu, parsel yang menarik akan mencuri perhatian dari mulut ke mulut. Cara ini cukup efektif untuk menjaring calon pembeli.

  1. Gencarkan Promosi

Banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. manfaatkan sosial media, market place, blog, brosur, dan sebagainya untuk mengiklankan parsel buatan Anda. media media tersebut cukup efektif dengan jangkauan tak terbatas. Jadi, Anda bisa menjual produk Anda dari rumah. Berikan potongan harga atau giveaway jika perlu, agar banyak orang yang tertarik.

  1. Jangan Menunda Pesanan

Pebisnis pemula harus pandai mencuri hati konsumen. Jangan buat mereka kecewa karena pengiriman parsel molor. Buatlah time line yang jelas ketika Ada pesanan. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari makanan yang ada dalam parsel supaya konsumen percaya dengan Anda.

  1. Jangan Berhenti Untuk Belajar

Bisnis parsel bisa Anda lanjutkan walaupun lebaran telah usai. Kuncinya, Anda harus tetap belajar. Kuasai beragam Teknik dalam mengkreasikan parsel. Selalu ikuti perubahan trend di masyarakat jadi Anda bisa mengikuti keinginan pasar.

Estimasi Modal dan Keuntungan Parsel Lebaran

  • Modal Awal
  1. Pita, plastik pembungkus, dan aksesoris lain = Rp. 500.000
  2. Rak untuk menata parsel = Rp. 1000.000
  3. Spanduk dan perbaikan tempat usaha = Rp. 5.000.000

Total  = Rp. 6.500.000

  • Biaya Operasional
  1. Promosi = Rp. 500.000
  2. Listrik, internet, dan telfon = Rp. 500.000
  3. Gaji karyawan = Rp.1.000.000
  4. Stok bahan parsel = Rp. 2000.000
  5. Biaya lain lain = Rp. 500.000

Total = Rp. 4.500.000

  • Omset Penjualan Perbulan

Anggap saja Anda bisa menjual 2 parsel dengan harga Rp.150.000 dalam sehari maka:

2 x Rp. 150.000 x 30 hari = Rp. 9.000.000

  • Laba Bersih

Omset – Biaya operasional

Rp. 9.000.000 – Rp. 4.500.000 = Rp. 4.500.000

  • Break Even Point

Modal awal : keuntungan

Rp. 6.500.000 : Rp. 4 .500.000 = 1,44 bulan atau 44 hari.

Bisnis parsel menjelang lebaran memang sangat menjanjikan. Estimasi keuntungan diatas tidak termasuk lonjakan permintaan ketika hari lebaran semakin dekat. Menarik, bukan?

 

Загрузка...

Tags: Bisnis Parsel Menjelang Lebaran peluang usaha Parsel Menjelang Lebaran

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar