4 Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Pertanian dengan Prospek Baik

Sering dengan perkembangan teknologi yang pesat, ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi pertanian ini dapat menjadi salah satu peluang usaha yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Terlebih lagi masih sedikit orang yang menyadari bahwa peluang usaha di bidang pertanian tersebut memiliki prospek yang bagus ke depannya.

Dalam menjalankan bisnis usaha pertanian sendiri, tak hanya modal saja yang dibutuhkan, namun juga keahlian dalam menjalankan bisnis tersebut agar dapat berjalan dengan maksimal. Lalu apa saja ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian yang dapat dilakukan? Daripada Anda penasaran, lebih baik simak ulasan berikut ini.

Menjual Bibit dan Pupuk untuk Tanaman Pertanian

Ide bisnis pertama adalah dengan menjual bibit serta pupuk untuk aneka jenis tanaman pertanian. Dalam memulai bisnis yang satu ini, Anda yang masih pemula tentu akan mengalami kesulitan saat hendak melakukan metode pembibitan. Hal ini karena persaingannya yang cukup ketat. Untuk itulah, dibutuhkan fokus serta usaha keras dalam menjalankan bisnis ini. Bila perlu, gunakan cara pemasaran yang ekstrim agar produk bibit tanaman pertanian yang Anda produksi dapat lebih mudah dikenal oleh pasar.

Menjual Bibit tanaman

Menjual Bibit tanaman

Sedangkan untuk pupuk, pemasarannya lebih mudah terutama apabila sasaran pasar adalah para petani dan pekebun. Hal ini karena biasanya pupuk yang akan dibeli tak cukup 1 kg saja, bahkan hingga 1 ton pupuk. Kedua jenis usaha ini sangat cocok dijalankan di daerah pedesaan yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani atau pekebun.

Bisnis Tanaman Sayur Organik

Sayuran organik merupakan jenis sayuran yang dikembangkan melalui metode hidroponik dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini menjadikan sayuran organik dikategorikan sebagai sayuran yang lebih sehat karena tak menggunakan bahan kimia saat proses budi daya. Bisnis ini memang sudah dikembangkan di beberapa tempat namun terbilang aman dalam hal persaingan pasar.

Bisnis Tanaman Sayur Organik

Bisnis Tanaman Sayur Organik

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda pun juga harus dapat memetakan skema pasar yang sesuai untuk produk sayuran organik tersebut. Anda dapat memasarkannya langsung pada supermarket, minimarket, atau menjualnya di rumah sendiri. Sebagai sayuran yang sehat, tentu saja konsumen dari produk ini pun akan sangat banyak.

Bisnis Tanaman Rempah-Rempah

Contoh ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian yang selanjutnya adalah penanaman rempah-rempah. Bisnis yang satu ini dapat dikategorikan sebagai peluang bisnis yang masih sangat langka. Hal ini karena biasanya rempah-rempah hanya diperoleh oleh para petani dengan jenis rempah-rempah tertentu saja.

Bisnis Tanaman Rempah-Rempah

Bisnis Tanaman Rempah-Rempah

Oleh karena itu, dalam memulai bisnis ini, Anda dapat sekaligus menanam rempah-rempah yang beragam. Ini bertujuan agar nantinya setiap rempah-rempah yang diproduksi dapat dipasarkan dengan mudah karena tak fokus pada satu rempah-rempah saja. Sebagai bisnis dengan prospek yang bagus, tak menutup kemungkinan bahwa bisnis tanaman rempah-rempah dapat diekspor ke luar negeri.

Bisnis Jual Mesin dan Alat Pertanian

Banyak yang beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang besar. Padahal kenyataannya tak demikian, terlebih apabila Anda dapat menemukan cara untuk menggandeng investor atau pemodal saat menjalankan bisnis ini.

Bisnis Alat Pertanian

Bisnis Alat Pertanian

Di Indonesia sendiri, prospek bisnis mesin dan alat pertanian memiliki prospek yang sangat bagus karena mayoritas penduduk di Indonesia bergerak di bidang pertanian. Bayangkan saja, di antara banyaknya jumlah petani di Indonesia, pasti sebagian besar membutuhkan alat-alat bahkan mesin pertanian mulai dari karet roda diesel, mesin diesel, alat bajak sawah, dan lain sebagainya.

Apabila nantinya selama menjalankan bisnis ini Anda tak mendapatkan investor yang dapat memberikan modal, Anda dapat bekerja sama dengan toko online maupun offline sebagai seorang reseller. Buatlah data terlebih dahulu mengenai mesin dan alat pertanian seperti apa yang akan Anda jual. Setelah itu, carilah toko yang menyediakan jasa reseller alat dan mesin pertanian tersebut. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan dapat ditekan dan penghasilan yang diterima pun akan semakin besar.

Dengan mencoba menjalankan beberapa bisnis pertanian di atas, maka kemungkinan Anda untuk mendapatkan kesuksesan pun akan semakin besar. Poin penting yang harus diperhatikan adalah mengenai keuletan serta usaha keras yang harus dilakukan selama menjalakan bisnis tersebut. Demikian sedikit ulasan tentang ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian yang dapat Anda pilih, semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

contoh produk kreatif pertanian -Usaha di bidang pertanian -contoh kreativitas di bidang pertanian -usaha bidang pertanian -contoh inovasi alat dan mesin tanaman yang harus dikembangkan -usaha kreatif pertanian -ide pertanian -ide kreatif bidang pertanian berkelanjutan di bidang peternakan -bisnis di bidang pertanian -produk kreatif pertanian -

Tags: ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian 2018 ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian modal kecil ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian terbaru model ide bisnis kreatif dalam bidang pertanian

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Pertanian dengan Prospek Baik"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan