5 Contoh Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Peternakan yang Menguntungkan

Bagi Anda yang tertarik dalam dunia peternakan, tentu saja akan mencari contoh ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan dengan hasil yang menjanjikan. Hal ini karena selama menjalakan kegiatan bisnis, Anda harus mencari bisnis yang sesuai dengan hobi ataupun minat. Dengan begitu, maka langkah ataupun proses selama menjalankan bisnis tersebut dapat dilakukan secara maksimal dan memuaskan hasrat.

Berbicara tentang ide kreatif bisnis bidang peternakan, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tentang bagaimana Anda merawat hewan ternak agar dapat berkembang dengan baik. Berbeda dengan bisnis lain yang objeknya adalah benda mati, bisnis peternakan sebagian besar didominasi oleh bentuk bisnis dengan objek benda hidup berupa hewan. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam bisnis ini Anda juga dapat menjual produk makanan dari ternak ataupun untuk ternak. Lantas apa saja contoh ide bisnis dalam bidang peternakan yang dapat dicoba?

Ternak Unggas: Ayam, Bebek, Itik, dan Sebagainya

Ternak Unggas

Ternak Unggas

Contoh ide bisnis dalam bidang peternakan yang pertama adalah bisnis unggas. Seperti yang kita tahu, bisnis yang satu ini memang dapat dikategorikan sebagai salah satu lahan bisnis yang banyak dikembangkan. Meski demikian, permintaan akan daging unggas seolah-olah tak pernah berkurang sedikitpun. Ini karena permintaan akan daging unggas oleh konsumen terbilang cukup banyak. Unggas pun dapat dijual baik langsung ke pasar, pedagang lain, dan sebagainya.

Untuk bisnis ternak unggas berupa bebek ataupun itik, satu-satunya hal yang dapat diperjual belikan adalah daging dan telurnya. Sedangkan untuk bisnis unggas berupa ayam, ada beberapa kategori misalnya ayam kampung jenis petelur dan pedaging, ayam bangkok untuk pedaging, ayam potong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyaknya jenis bisnis ternak ayam tersebut dipengaruhi oleh permintaan daging ayam yang terbilang lebih banyak apabila dibandingkan dengan ternak unggas yang lainnya. Sebagai saran, sebelum mulai menjalankan bisnis ini, sebaiknya Anda mencari tahu tentang cara dan tips dalam mengembangbiakkan ayam sesuai dengan jenis-jenisnya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Ternak Burung Kicau dan Burung Hias

Ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan yang selanjutnya adalah beternak burung kicau ataupun burung hias. Untuk burung kicau merupakan jenis burung yang biasa dilombakan. Sedangkan untuk burung hias, merupakan jenis burung yang memang dipelihara sebagai hobi saja.

Ternak Burung Kicau

Ternak Burung Kicau

Bisnis yang satu ini memang dapat dikategorikan sebagai bisnis berskala kecil. Hanya saja keuntungan yang dapat diperoleh sangat besar terutama burung kicau untuk lomba. Bayangkan saja, apabila sebuah burung kicau sering memenangkan lomba, harganya dapat mencapai hingga 10 juta rupiah bahkan lebih. Inilah kesempatan yang tak boleh dilewatkan sedikit pun dalam menjalankan bisnis di bidang peternakan.

Adapun contoh dari burung kicau adalah burung kenari, murai batu, love bird, dan lain sebagainya. Intinya adalah burung-burung yang dapat mengeluarkan suara kicau yang bagus. Sedangkan untuk burung hias, contohnya adalah parkit, perkutut, merpati hias, jalak nias, dan juga burung gelatik. Modal yang dibutuhkan untuk perawatan pun terbilang terjangkau namun pendapatan yang dapat diperoleh sangat besar.

Ternak Ikan Lele, Mujair dan Nila

Ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan yang selanjutnya adalah ternak ikan. Bisnis yang satu ini pun terbilang memiliki prospek yang bagus. Pasalnya kebutuhan ikan oleh masyarakat tak pernah menurun. Untuk ternak ikan sendiri, modal yang dibutuhkan juga terjangkau. Setidaknya Anda harus menyiapkan tempat budi daya, baik dari kolam terpal ataupun kolam semen. Selain itu, Anda juga harus membeli bibit ikan yang akan dibudi daya.

Ternak Ikan Lele

Ternak Ikan Lele

Sebagai saran, ketika menjalankan bisnis ternak ikan, fokuslah pada salah satu jenis ikan saja. Hal ini karena untuk masalah perawatan, tiap jenis ikan membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Namun bagi Anda yang sudah dapat menguasai teknik perawatan berbagai macam ikan, tentu akan lebih menguntungkan. Mengenai pemasaran, Anda dapat memasarkannya langsung ke pasar, kolam pemancingan, rumah makan, dan lain sebagainya.

Ternak Tikus Mencit untuk Pakan Hewan

Ternak Tikus Mencit

Ternak Tikus Mencit

Ide bisnis lain yang dapat dilakukan adalah ternak tikus mencit. Tikus yang satu ini merupakan jenis pakan untuk hewan karnivora seperti elang, ular, burung hantu, dan lain sebagainya. Meskipun konsumen jenis ternak ini terbilang terbatas, yakni pemilik hewan karnivora saja, namun untuk masalah harga jual, tikus mencit terbilang cukup mahal. Inilah peluang bisnis hewan ternak yang tak boleh Anda lewatkan.

Ternak Jangkrik untuk Pakan Burung

Ternak Jangkrik

Ternak Jangkrik

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak sekali peternak burung yang membutuhkan pakan bernutrisi untuk ternak mereka, salah satunya adalah jangkrik. Jangkrik menjadi jenis pakan yang tentu akan sangat dicari oleh para peternak burung. Modal yang dibutuhkan untuk ternak jangkrik pun sangat terjangkau. Anda hanya perlu menyediakan tempat berukuran 1 x 2 meter serta bibit-bibit jangkrik yang akan diternak.

Demikian beberapa contoh ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan yang dapat Anda coba jalankan.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

contoh ide kreatif -usaha bidang peternakan -Inovasi dalam bidang peternakan -investasi bidang peternakan -peluang bisnis di bidang peternakan -inovasi bisnis peternakan -ide ternak -peternak kreatif -pengertian inovasi bisnis peternakan -Usaha jasa profesi di bidang ppeternakan -

Tags: ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan 2018 ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan modal kecil ide bisnis kreatif dalam bidang peternakan terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Contoh Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Peternakan yang Menguntungkan"

    Kisah Sukses Pebisnis Muda yang Kaya Raya Sebelum Usia 25 Tahun
    Kisah sukses pebisnis muda memang banyak yang
    Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang Menarik Diketahui
    Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) – Bank
    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang

    Tinggalkan pesan "5 Contoh Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Peternakan yang Menguntungkan"