6 Tips Mengubah Passion Menjadi Bisnis yang Sukses

Tips mengubah passion menjadi bisnis – Banyak orang terbukti sukses dalam menggeluti bisnis jika disesuaikan dengan passion yang ada.  Bahkan banyak artis ternama yang sukses menggeluti bisnis berdasarkan passion mereka. Sebagai contohnya adalah Raditya Dika, dia memiliki passion dalam menulis. Awalnya dia hanya rajin menulis di blognya bernama kambingjantan.com, namun kini berubah menjadi namanya sendiri. Blog tersebut hanya digunakan sebagai diary digital. Namun siapa sangka jika diary nya tersebut banyak diminati dan banyak disukai oleh pengunjung. Raditya Dika pun memenangkan penghargaan di tahun 2009.

Berawal dari penghargaan tahun 2009 tersebut Radith terus semangat dan termotivasi untuk menulis, kemudian dia juga menerbitkan novel. Menerbitkan novel ini tidak semudah yang dibayangkan karena banyak penerbit yang menolak tulisannya. Namun berkat kerja kerasnya novel yang dia beri judul kambing jantan tersebut diterima oleh penerbit, dan novel yang awalnya tidak laris manis di pasaran akhirnya menjadi laku keras. Dari sinilah karier Radith melesat tajam. Tidak hanya di bidang novel dan komik, namun Radith bisa masuk ke dunia entertain. Hal tersebut menunjukkan bahwa melakukan hal yang sesuai dengan passion dengan maksimal justru akan mendatangkan peluang yang tidak disangka-sangka. Begitu pula dengan Radith ini, yang awalnya hanya memiliki menulis kini justru membuatnya menjadi creativepreneur yang memiliki penghasilan tinggi.

Bagaimana Mengubah Passion Jadi Bisnis

Passion Jadi Bisnis

Passion Jadi Bisnis

Belajar dari kisah Raditya Dika di atas tentu banyak orang yang kemudian bertanya-tanya bagaimana cara mengubah passion menjadi bisnis. Karena ketidak tahuan masyarakat ini mereka membiarkan passionnya begitu saja tanpa memanfaatkannya. Oleh sebab itu bagi yang memiliki passion sangat disayangkan sekali jika membiarkannya begitu saja tanpa memanfaatkannya.  Simak tips mengubah passion menjadi bisnis yang tepat berikut ini:

1. Keluar Dari Zona Nyaman

Banyak yang membiarkan passion menghilang tanpa memanfaatkannya dikarenakan sudah nyaman dengan kehidupannya yang sekarang. Semakin nyaman dengan hidup fase tidak akan berkembang. Di saat fase tidak berkembang maka hidup akan monoton dan juga membosankan. Oleh sebab itu untuk menghindari hidup yang monoton dan membosankan cobalah untuk keluar dari zona nyaman.

2. Kerjakan Hal Sesuai Prioritas

Tips mengubah passion menjadi bisnis yang bisa di lakukan adalah siapkan atau buatlah list yang akan di kerjakan. Semakin yakin dengan passion yang dimiliki maka semakin banyak hal yang ada di dalam list atau daftar yang akan dikerjakan. Meski begitu tidak semua rencana yang telah terdaftar di dalam list tersebut bisa dilakukan serentak. Lakukanlah hal-hal prioritas yang akan dilakukan terlebih dahulu. Dengan membuat prioritas ini akan diketahui mana hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu.

3. Kembangkan Jaringan

Cara terbaik untuk mengubah passion menjadi bisnis yang tepat adalah kembangkanlah passion dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas. Dalam bisnis tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Dibutuhkan bantuan dan juga dukungan dari orang lain untuk menjalankan bisnis tersebut. Pilihlah orang-orang yang dipercaya untuk ikut terjun dalam bisnis tersebut.

4. Siapkan Rencana Cadangan

Roda akan terus berputar, tidak semua roda kehidupan akan bisa berjalan mulus. Musibah bisa datang kapan saja, oleh sebab itu siapkanlah rencana cadangan jika sewaktu-waktu harapan tidak sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya.

5. Cari Sumber Uang

Dalam berbisnis yang penting untuk diketahui adalah carilah sumber uangnya. Sekuat apapun passion dan minat tidak akan ada artinya jika tidak tahu dari mana sumber uangnya. Cobalah untuk mencari tahu sumber uangnya supaya hobi atau passion yang dimiliki itu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sebagai contohnya adalah memiliki passion dalam menggambar, maka tidak ada salahnya membuka bisnis dalam bidang pembuatan sketsa wajah, membuat lukisan custom sesuai dengan permintaan konsumen. Pundi-pundi rupiah akan datang jika ada konsumen yang meminta untuk dibuatkan sketsa, lukisan, dan lain sebagainya. Jika permintaan masih belum banyak, permintaan tersebut bisa ditangani sendiri namun jika permintaan sudah membuat dan kewalahan sudah saatnya merekrut orang lain atau teman yang dipercaya untuk ikut menggeluti bisnis ini sebab tidak bisa menangani semuanya dengan sendirian.

6. Temukan Target Pasar

Setelah menemukan dari mana sumber uangnya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah temukan target pasarnya. Banyak yang gagal dalam berbisnis dikarenakan mereka tidak menemukan target pasar yang tepat. Target pasar inilah yang akan menjadi sasaran promosi. Jika bisnis yang di geluti memiliki target pasar yang tepat pastinya bisnis tersebut akan laku di pasaran.

Menggeluti bisnis bukan tanpa tantangan. Saat keluar dari zona nyaman justru tantangan baru saja akan muncul. Namun jika sudah memiliki mental pebisnis hal tersebut tidak akan menghalangi langkah untuk berbisnis. Lakukanlah beberapa tips mengubah passion menjadi bisnis seperti yang telah disebutkan di atas untuk mengubah passion menjadi kegiatan komersial yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara mengenal passion -

Tags: tips mengubah passion menjadi bisnis tips mengubah passion menjadi bisnis 2018 tips mengubah passion menjadi bisnis dengan mudah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Tips Mengubah Passion Menjadi Bisnis yang Sukses"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan