6 Tips Sukses Bisnis Sembako Paling Berhasil

Tips sukses bisnis sembako – Selama manusia membutuhkan makanan maka bisnis sembako ini tidak akan ada habisnya. Sembako sendiri adalah singkatan dari sembilan bahan pokok. Bahan pokok yang dimaksud adalah beras, gula, minyak goreng, telur, dan lain-lain. Sembako ini akan mengikuti perubahan zaman. Maksudnya ada yang bertambah namun ada juga yang berkurang. Sebagai contohnya adalah minyak tanah dulu menjadi salah satu sembako namun karena sudah ada gas maka saat ini sudah tidak termasuk di dalamnya. Banyak yang berminat untuk menggeluti bisnis ini, meskipun persaingan cukup ketat namun bisnis ini sukses menarik minat masyarakat yang sedang ingin memperbaiki finansial dari berbisnis.

Yang namanya bisnis perlu kiat atau usaha agar bisa berjalan sesuai dengan rencana. Tidak ada bisnis yang bisa langsung sukses, begitu pula dalam menggeluti bisnis sembako ini. Mereka yang saat ini sudah menjadi sukses pasti pernah merasakan berada di titik paling bawah. Oleh sebab itu bagi yang ingin berbisnis harus memiliki sifat pantang menyerah. Setelah memiliki sifat pantang menyerah, pebisnis yang ingin menggeluti bisnis sembako harus tahu bagaimana tips menjalankan bisnis sembako dengan sukses. Simak tips sukses bisnis sembako paling berhasil berikut ini:

Supplier Terpercaya

Supplier sembako

Supplier sembako

Salah satu tips sukses bisnis sembako yang pertama adalah mencari supplier yang terpercaya. Supplier ini bisa memberikan Anda sembako yang murah, namun berkualitas. Selain itu supplier yang terpercaya akan menjaga kepercayaan Anda dengan tidak memberikan bahan sembako yang kurang berkualitas. Salah satu supplier yang paling banyak dicari oleh pebisnis sembako adalah beras. Beras ini menjadi bahan pokok masyarakat Indonesia yang tidak bisa digantikan. Bahkan banyak masyarakat yang menganggap jika belum sarapan jika belum makan beras yang diolah menjadi nasi.

Anda bisa mencari beras yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, hal itu dikarenakan selera masyarakat berbeda. Ada yang suka mengonsumsi beras yang pulen dan wangi, namun ada juga yang menginginkan beras biasa tanpa ada wanginya. Menganalisa keinginan konsumen ini sangat bermanfaat untuk kelangsungan bisnis Anda.

Survey Harga Pasar

survey harga pasar

survey harga pasar

Hal yang harus diperhatikan oleh pebisnis sembako adalah melakukan survey pasar. Berapa harga normal untuk sembako yang dijual. Harga yang terlalu mahal akan membuat pembeli kapok membeli sembako yang ada di toko Anda. Anda bisa memberikan harga yang sedikit miring dibandingkan dengan harga pasaran sebab toko sembako dengan harga yang sedikit miring banyak dicari oleh masyarakat.

Mencari Lokasi yang Pas

Etalase

Lokasi yang pas

Tips sukses bisnis sembako selanjutnya adalah menentukan lokasi yang strategis. Lokasi ini adalah kunci sukses dalam bisnis yang digeluti, semakin strategis maka akan semakin bagus untuk perkembangan bisnis Anda. Usahakan untuk mendirikan toko sembako di pinggir jalan utama yang akan mudah terlihat oleh orang lain. Biasanya warung sembako menempel dengan rumah, namun jika ingin mengelola bisnis sembako secara profesional bisa dengan menyewa tempat yang strategis.

Analisa Pesaing

kompetitor

kompetitor

Analisa pesaing ini perlu. Meski lokasi yang digunakan untuk mendirikan tempat bisnis tersebut strategis namun jika sudah ada toko sembako di sana maka sebaiknya Anda mengurungkannya sebab akan membuat persaingan ketat. Boleh saja mendirikan toko sembako di jalan yang sama, namun jaraknya tidak boleh berdekatan.

Pelayanan Prima

Pelayanan toko sembako

Pelayanan toko sembako

Bisnis yang digeluti boleh saja hanya sembako, namun tidak boleh memberikan pelayanan yang ala kadarnya. Berikanlah pelayanan yang prima dimana keramahan adalah modal utama untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan. Anda juga bisa memberikan pelayanan tambahan berupa jasa antar barang yang mana bisa menambahkan charge sesuai dengan jarak tempuhnya.

Laporan Keuangan

Untuk bisa mengelola bisnis secara profesional pembukuan atau laporan keuangan tidak boleh dilewatkan. Pembukuan sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda berjalan apakah merugi atau berkembang sesuai dengan harapan. Tidak hanya pendapatan saja yang akan didapatkan namun pengeluaran pun bisa diketahui berkat pembukuan yang rapi dan terstruktur. Jika belum ada komputer, cukup sediakanlah buku dengan pena yang mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran setiap harinya dan mencocokkannya dengan uang yang ada.

Demikianlah tips sukses bisnis sembako yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis sembako -Tips bisnis sembako -cara usaha sembako -cara manusia mengelola bahan makanan saat ini -Cara sukses bisnis sembako -sukses bisnis sembako -tips dalam mengelola usaha sembako -tips sukses jualan sembako -https://carainvestasibisnis com/6-tips-sukses-bisnis-sembako-paling-berhasil/ -usaha sembako sukses -

Tags: tips sukses bisnis sembako tips sukses bisnis sembako 2018 tips sukses bisnis sembako terbaik tips sukses bisnis sembako terbaru tutorial tips sukses bisnis sembako

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Tips Sukses Bisnis Sembako Paling Berhasil"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan