6 Usaha Sampingan Untuk Guru Honorer Paling Populer

Usaha Sampingan untuk Guru Honorer – Profesi seorang guru pasti berkaitan dengan pendidikan profesional. Tugas guru tentu saja tidak mudah karena guru memiliki kewajiban mendidik, mengajar, melatih, hingga mengevaluasi banyak murid atau anak didik.

Berbanding terbalik dengan guru yang sudah menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS) bergaji besar, upah guru honorer bisa dikatakan sangat tidak layak. Dengan upah 300 ribu sebulan bahkan kadang dibawahnya, tentu sangat jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kendati demikian menjadi guru honorer adalah pekerjaan mulia dimana secara langsung mereka juga ikut andil dalam mencerdaskan bangsa. Terkait dengan minimnya imbalan, toh guru honorer sudah memiliki bekal pendidikan yang cukup sehingga bisa membuka usaha sampingan untuk menambah pemasukan keuangan.

Jika Anda seorang guru honorer bergaji kecil yang ingin meningkatkan taraf ekonomi keluarga, berikut ini peluang usaha sampingan untuk guru honorer yang layak Anda pertimbangkan.

Usaha Bimbel / Les Privat

Usaha Bimbel

Usaha Bimbel

Usaha sampingan yang satu ini memang tak jauh-jauh dari dunia pendidikan. Dengan sendirinya Anda sebagai guru honorer tentu tidak akan kesulitan menjalankannya. Terlebih jika Anda menguasai beberapa mata pelajaran sekaligus.

Usaha ini bisa Anda jalankan di rumah dengan memanfaatkan ruang tamu atau ruangan kosong untuk belajar para peserta didik. Bimbingan belajar dan les privat merupakan usaha sampingan di lingkungan sekolah yang cukup diminati saat ini. Tentunya soal gaji jauh lebih besar dibanding upah sebagai guru honorer.

Anda tidak perlu banyak meluangkan waktu karena pekerjaan ini cukup dilakukan 2-3 jam sehari. Masalah waktunya pagi, siang, atau sore, tentu harus menyesuaikan dengan waktu Anda sendiri dan waktu peserta bimbel.

Usaha Jasa Pengetikan

Jasa Pengetikan

Jasa Pengetikan

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum mempunyai komputer. Hal ini harus Anda manfaatkan sebagai peluang usaha, misalnya dengan membuka jasa pengetikan dan printing. Peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan jika Anda tinggal di lingkungan sekolah, kampus, atau instansi pemerintahan.

Terlebih jika menguasai bahasa Inggris, tentu income yang Anda peroleh jauh lebih besar karena memang tarif pengetikan untuk bahasa Inggris lebih besar dibanding bahasa Indonesia. Cukup dengan modal kertas, komputer, dan printer, penghasilan tambahan sudah terlihat di depan mata.

Menulis di Blog

Lowongan kerja sampingan untuk guru yang satu ini cukup mudah dikerjakan. Sebagai seorang guru tentu Anda memiliki wawasan luas terkait hal apapun. Dengan sendirinya Anda mudah menuangkan ide-ide kreatif dalam sebuah blog.

Menulis di Blog

Menulis di Blog

Anda tidak akan pernah kehabisan materi untuk menulis. Misalnya pengalaman saat kuliah, informasi seputar pendidikan, bahkan tutorial membuat perangkat belajar mengajar juga bisa Anda tulis dalam blog. Jika Anda akonsisten dengan tulisan yang berbobot dan edukatif, tentu Anda tidak kesulitan mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisnis Jual Produk via Online

Bisnis jual beli produk secara onlne merupakan bukti nyata perkembangan dunia digital saat ini. Meskipun baru berstatus guru honorer tentu soal teknologi terkini Anda juga tidak ketinggalan. Untuk menambah penghasilan tidak ada salahnya mencoba bisnis jual produk secara online.

Produk yang dijual tak jauh-jauh dari kebutuhan sehari-hari. Misalnya pakaian, kosmetik, sepatu, alat olahraga, hijab atau produk-produk lain yang sedang in saat ini.

Tidak perlu khawatir dengan modal karena Anda bisa berperan sebagao drop-shipper. Artinya Anda cukup mempromosikan dan menjual produk orang lain dengan keuntungan selisih harga dari harga yang sudah ditetapkan oleh penjual.

Untuk pekerjaan sampingan guru di rumah yang satu ini Anda cukup berbekal kuota internet, serta beberapa akun media sosial untuk promosi semacam facebook dan instagram. Bahkan Anda juga bisa membuka online shop sendiri misalnya di marketplace faebook atau di toko online seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

Usaha Jasa Penerjemah

Usaha Jasa Penerjemah

Usaha Jasa Penerjemah

Lagi-lagi usaha sampingan untuk guru honorer ini berkaitan dengan penguasaan bahasa asing. Jika masa kuliah dulu Anda sempat mendalami bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, atau bahasa-bahasa asing lainnya tentu peluang usaha sebagai jasa penerjemah ini sangat mudah Anda jalankan.

Adapun jasa penerjemah bisa Anda tawarkan kepada warga negara asing yang tinggal di sekitar Anda. Dalam hal ini Anda bisa berperan sebagai guru ekspatriat atau guru bahasa bagi warga negara asing yang berniat tinggal di Indonesia atau mereka yang baru berstatus WNI.

Usaha Jual Pulsa Elektrik

Jual Pulsa Elektrik

Jual Pulsa Elektrik

Dulu bisnis jual pulsa elektrik sering dipandang sebelah mata. Namun kondisi sekarang berbeda dimana hampir semua orang tidak bisa dipisahkan dari gadget terutama handphone. Ketergantungan orang dengan pulsa dan kuota internet membuat jual pulsa elektrik menjadi salah satu usaha paling prospektif saat ini. Berminat dengan bisnis jual pulsa elektrik? Hubungi agen pulsa di kota Anda.

Usaha sampingan untuk guru honorer memang tidak serta merta mendatangkan income yang besar. Namun menilik upah sebagai guru honorer yang terbilang sangat kecil, usaha sampingan apapun sepertinya layak dicoba supaya roda perekonomian keluarga tetap berjalan normal.

 

 

Загрузка...

Tags: daftar Usaha Sampingan untuk Guru Honorer Usaha Sampingan untuk Guru Honorer Usaha Sampingan untuk Guru Honorer 2019

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar