6 Cara Meningkatkan Keuangan Rumah Tangga

Bagi pasangan yang sudah menikah wajib mengetahui dan memahami cara meningkatkan keuangan rumah tangga. Kemampuan dalam hal pengelolaan keuangan ini tentu saja dapat memberi efek positif terhadap kondisi keuangan dalam rumah tangga itu sendiri.

Meningkatnya faktor finansial dengan sendirinya juga meningkatkan kesejahteraan keluarga secara ekonomi. Sebaliknya kondisi keuangan yang tidak sehat, misalnya pengeluaran tidak sebanding dengan penghasilan dapat menjadi pemicu masalah rumah tangga.

Lantas bagaimana cara meningkatkan keuangan rumah tangga untuk menciptakan kondisi finansial yang stabil? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1.     Mengenali Kondisi Keuangan

Meningkatkan Keuangan Rumah Tangga

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengetahui kondisi keuangan terlebih dahulu. Poin ini mencakup berapa jumlah pendapatan, berapa jumlah pengeluaran, berapa jumlah tagihan, dan berapa sisa uang yang masih tersimpan. Dengan mengenali kondisi keuangan maka Anda lebih mudah menemukan cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.

2.     Menyusun Anggaran Rumah Tangga

Menjalani kehidupan rumah tangga memang tidak mudah. Pasangan dalam keluarga, baik suami maupun istri, dituntut mampu menyeimbangkan pengeluaran dan penghasilan terutama cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim.

Jika kondisi keuangan sudah diketahui minimal Anda sudah punya gambaran secara ringkas uang yang keluar masuk setiap bulannya. Untuk menjaga kondisi keuangan tetap sehat luangkan waktu khusus untuk menyusun anggaran rumah tangga.

Rancangan anggaran rumah tangga ini berisi mengenai pendapatan dalam satu bulan yang kemudian dialokasikan pada pos-pos pengeluaran. Tentunya pengeluaran yang paling penting terlebih dulu. Intinya buatlah susunan anggaran yang realistis atau benar-benar sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

3.     Catat Pengeluaran

Catat Pengeluaran

Catat Pengeluaran

Salah satu kunci sukses mengatur keuangan keluarga yaitu dengan  mencatat pos-pos pengeluaran dalam satu bulan. Tentunya harus dicatat pada buku khusus. Nah, catatan pengeluaran bulan ini dan bulan-bulan sebelumnya bisa menjadi acuan pengeluaran bulan berikutnya.

Misalnya ada pembengkakan pengeluaran bulan ini, pada bulan selanjutnya Anda bisa melakukan evaluasi sehingga jumlah pengeluaran bisa ditekan. Jika pengeluaran masih terlalu besar Anda bisa mengurangi pada pos-pos yang tidak terlalu penting.

4.     Merancang Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Cara meningkatkan keuangan rumah tangga selanjutnya yaitu dengan merancang tujuan keuangan jangka panjang. Berapapun pendapatan tiap bulan, besar atau kecil, sebaiknya tujuan keuangan untuk bulan bahkan tahun-tahun berikutnya harus dipertimbangkan.

Semua pasangan yang sudah berumah tangga harus memiliki motivasi untuk menabung sebab itu merupakan salah satu tujuan keuangan jangka panjang. Tujuan keuangan ini mencakup ruang lingkup yang luas. Contohnya membeli rumah, membeli kendaraan, menabung untuk pendidikan anak, dan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga paling penting lainnya.

Dengan rancangan tujuan keuangan jangka panjang maka Anda mendapatkan gambaran pasti tentang target atau sesuatu yang ingin Anda capai suatu saat kelak. Rancangan ini akan lebih mudah terealisasi jika keuangan rumah tangga sejak dini dikelola secara tepat,cermat, dan hemat.

5.     Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu Kredit

Sekilas memegang kartu kredit memang menguntungkan. Dengan kartu kredit semua lebih mudah, misalnya untuk membayar belanjaan di supermarket, menginap di hotel, dan lain sebagainya. Bahkan pemegang kartu kredit juga sering mendapat reward dan diskon yang menguntungkan.

Namun harus diingat bahwa kartu kredit sama dengan hutang. Dia bisa menguras seluruh tabungan Anda jika tidak digunakan dengan bijak. Kartu kredit bisa menggiring Anda untuk berlaku boros. Fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan selalu menggoda untuk belanja barang-barang tidak penting sehingga Anda lupa dengan tujuan keuangan jangka panjang.

6.     Investasi Bulanan

Baik buruknya kehidupan Anda 10 tahun yang akan datang ditentukan oleh keputusan Anda hari ini. Jika sejak awal kondisi keuangan tidak stabil, hal tersebut akan terus berlanjut dan bahkan lebih parah di tahun-tahun berikutnya.

Selain hidup hemat, investasi bulanan wajib Anda lakukan terlepas berapapun nilainya. Investasi bukan sekedar simpanan namun sesuatu yang sangat menguntungkan. Apapun dan berapapun yang Anda investasikan hari ini pasti memberi keuntungan di masa mendatang.

Mempelajari, memahami, dan menerapkan cara meningkatkan keuangan rumah tangga adalah tantangan yang harus dijawab oleh mereka yang sudah berkeluarga. Ingat, kesejahteraan dan keharmonisan dalam rumah tangga dapat tercipta salah satunya karena kondisi keuangan yang sehat.

 

 

Загрузка...

Tags: bagaimana cara meningkatkan keuangan rumah tangga cara meningkatkan keuangan rumah tangga cara meningkatkan keuangan rumah tangga 2019

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar