Cara Memulai Bisnis Wedding Orgaizer yang Harus Anda Ketahui

Cara memulai bisnis wedding organizer – Bisnis Wedding Organizer atau yang biasa disingkat dengan WO merupakan salah satu bisnis yang memberikan peluang yang besar dan menjanjikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan setiap pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan banyak sekali yang menginginkan sebuah pesta pernikahan yang mewah namun tak ingin repot untuk mempersiapkannya. Di situlah WO mengambil perannya guna membantu setiap calon pengantin mempersiapkan pernikahannya.

Seorang WO umumnya menawarkan jasanya mulai dari catering, dekorasi, make up, kostum, fotografi, video dan beberapa lainnya yang masih berhubungan dengan pesta pernikahan. Tak hanya itu, seorang WO juga akan menawarkan berbagai konsep pernikahan, mulai dari konsep tradisional hingga modern untuk dipilih oleh calon pengantin. Meskipun usaha WO ini butuh kerja keras dan memakan banyak waktu, namun omzet yang dihasilkan pun sangat besar.

Pro dan Kontra Bisnis Wedding Organizer

Dalam membangun sebuah bisnis tentu banyak sekali pro dan kontra, tak terkecuali bisnis wedding organizer ini. Berikut adalah beberapa statement yang pro dengan wedding organizer.

  • Pernikahan masih menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap pasangan, sehingga mereka rela mengeluarkan uang lebih
  • Tidak memerlukan pelatihan, pendidikan, maupun sertifikasi
  • Dapat memulai investasi dalam skala kecil
  • Dapat menjalankan bisnis dari rumah
  • Peluang memperoleh pelanggan lebih besar jika Anda dapat mengorganize pesta pernikahan dengan baik

Adapun statement yang kontra dengan bisnis wedding organizer ini adalah sebagai berikut.

  • Perbedaan keinginan orang tua dan calon pasangan sering kali menghalangi rencana dan konsep seorang WO serta memberikan suasana yang canggung
  • Ada kemungkinan Anda akan bekerja di akhir pekan
  • Peluang memperoleh klien cukup kecil, karena orang-orang umumnya hanya menggunakan jasa ini sekali seumur hidup. Namun, jika Anda memberikan pelayanan yang bagus, bisa saja klien Anda sebelumnya merekomendasikan jasa Anda ke orang lain.

Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memulai bisnis wedding organizer yang harus Anda ketahui.

  1. Menentukan target pasar

Sebelum Anda memulai bisnis ini, tentukan target pasar yang akan Anda jadikan sebagai konsumen terlebih dahulu. Anda dapat menentukan target pasar pada kalangan kelas menengah atas, bawah, atau hanya untuk kalangan atas saja. Target pasar yang sudah Anda tentukan tentu akan mempengaruhi perencanaan bisnis selanjutnya, khususnya perihal marketing, konsep, dan perencanaan keuangan.

  1. Membentuk tim yang solid

Bisnis WO ini tidak dapat dikerjakan sendiri. Maka dari itu, Anda memerlukan orang lain untuk membantu dalam mengembangkan usaha Anda yang satu ini. Usahakan untuk merekrut dan membentuk tim yang solid. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengarahkan mereka dan dapat menyelesaikan setiap tugas dengan baik.

  1. Ajak kerja sama dengan banyak partner

Biasanya bisnis WO ini akan melibatkan banyak orang, seperti jasa catering, tata rias, dekorasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan banyak partner dalam usaha ini. Agar bisnis WO Anda berjalan dengan baik dan terus berkembang, lakukan kerja sama dengan banyak partner dengan baik.

  1. Membuat peta konsep yang menarik

Persaingan bisnis WO yang semakin ketat ini mengharuskan Anda untuk melakukan  berbagai inovasi. Anda dapat menawarkan berbagai peta konsep yang menarik dan unik agar pelanggan banyak yang tertarik. Anda juga dapat mengembangkan konsep yang sudah ada, seperti konsep tradisional ataupun modern. Tak hanya itu, pastikan juga setiap paket yang Anda tawarkan memiliki harga yang bersaing dan sesuai dengan target pasar.

  1. Mempromosikan bisnis Anda secara offline maupun online

Untuk membuat bisnis WO Anda dikenal banyak orang, Anda dapat mulai mempromosikannya secara online. Anda juga dapat menyebar brosur, memasang spanduk, atau melakukan promosi dari mulut ke mulut ke keluarga, teman, dan orang-orang terdekat Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat memasang iklan ecara online melalui berbagai plattform, seperti Facebook, Youtube, Twitter, dan Instagram. Untuk membuat iklan Anda lebih menarik, Anda dapat menggunakan desain yang menarik dan disertai dengan beberapa foto.

  1. Memberikan pelayanan yang terbaik

Segala hal persiapan yang telah Anda lakukan akan terbuang sia-sia jika pelayanan yang Anda berikan kurang memuaskan. Pelayanan yang kurang baik akan membuat pelanggan merasa kecewa dan tidak akan merekomendasikan jasa Anda ke orang lain. Bahkan, bisa saja pelanggan tersebut menceritakan kekecewaannya ke orang lain. Jika hal tersebut terjadi, maka itu dapat membunuh pasar secara perlahan.

Maka dari itu, berikan pelayanan yang baik pada semua pelanggan Anda. Dengarkan setiap keinginan pelanggan dan berikan solusi bagi setiap keinginannya. Kemudian, lakukan negoisasi yang baik agar keinginan pelanggan dapat terkabul dengan budget yang pelanggan punya.

Demikian beberapa cara memulai bisnis wedding organizer yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat memberikan Anda referensi dan bahan pertimbangan saat hendak membuka bisnis wedding organizer.

Загрузка...

Tags: Cara memulai bisnis wedding organizer memulai bisnis wedding organizer tips memulai bisnis wedding organizer

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar