Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

Cara meningkatkan produktivitas kerja – Menurunnya produktivitas seseorang tentu akan berimbas pada kinerja Anda sebagai karyawan maupun sebagai pengusaha. Penurunan produktivitas memang dianggap sebagai sesuatu yang wajar namun jika dibiarkan berlarut- larut tentu hal ini akan sangat menganggu sebab Anda tak lagi bisa bekerja secara maksimal. Maka, sebelum penurunan itu menjadi lebih parah lagi, akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui penyebab dari penurunan produktivitas tersebut.

Penurunan produktivitas biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti rasa jenuh terhadap pekerjaan yang biasa dilakukan terus menerus, tidak adanya vareasi dalam bekerja, adanya masalah internal yang dibawa ke dalam kerjaan kantor Anda dan sebagainya. Nah berikut beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Rencanakan Pekerjaan

Rencanakan pekerjaan

Rencanakan pekerjaan

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu penyebab penurunan produktivitas kerja seseorang adalah adanya pekerjaan yang menumpuk. Untuk menghindari itu semua, pastikan jika Anda merencanakan pekerjaan Anda secara matang. Terdapat 2 cara yang dapat Anda coba untuk merencanakan pekerjaan Anda.

Pertama, rencanakan pekerjaan Anda satu hari sebelumnya. Namun jika hal ini dirasa cukup sulit dan terlalu singkat, Anda bisa mencoba merencanakan pekerjaan mingguan di hari sabtu sore atau malam. Bagi para pekerja yang liburnya hanya 1X seminggu, rencanakanlah pada hari minggu sore atau malam. Buatlah plan di note Anda yang memuat tentang pekerjaan apa yang harus Anda selesaikan seminggu ke depan. Dengan cara ini, pekerjaan menjadi tertata, terscedule dan tidak terbengkalai.

Strategi Penyelesaian Tugas Anda

Rencanakan pekerjaan

Rencanakan pekerjaan

Cara meningkatkan produktivitas kerja anda selanjutnya adalah dengan mengimplementasikan strategi penyelesaian tugas Anda.  Setelah selesai dalam merencanakan, akan lebih baik bagi Anda untuk memperkirakan waktu dalam mengerjakan setiap tugas Anda. Jika perlu, pikirkan cara atau strategi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut agar lebih cepat selesai. Sebagai contoh, pekerjaan dibutuhkan waktu 3 jam untuk dapat diselesaikan, Buatlah sebuah strategi untuk menyelesaikan tugas tersebut setengah jam lebih cepat namun dengan hasil yang konsisten dan tidak berubah. Dengan cara ini, Anda memiliki waktu luang untuk beristirahat sejenak untuk dapat mengerjakan tugas lainnya.

Biasakan Mengerjakan Tugas Terpenting di Depan

Tugas yang sudah jatuh tempo atau deadline memang biasanya harus didahulukan di pagi hari sebab di pagi hari kondisi Anda masih sangat fit, dan pikiran Anda masih sangat fresh. Berbeda jika hari sudah sore, biasanya pikiran Anda cenderung lesu, capek dan malas. Prioritaskan pekerjaan- pekerjaan yang memang harus didahulukan atau mendekati deadline. Biasakan untuk mengelompokkan pekerjaan tersebut berdasarkan tingkat kepentingannya. Yang paling urgent di pagi hari, kemudian siang hari sedangkan untuk pekerjaan yang sekiranya tidak terlalu urgent bisa Anda kerjaka pada  sore hari menjelang pulang.

Hilangkan Gangguan Kerja

Cara meningkatkan produktivitas kerja selanjutnya adalah dengan menghilangkan gangguan kerja. Sebaik mungkin Anda merencanakan pekerjaan Anda tidak akan berjalan mulus jika masih terdapat gangguan yang menyertainya.  Yang harus Anda lakukan adalah dengan menghilangkan gangguan-gangguan tersebut sehingga Anda tetap bisa fokus menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika perlu, Anda bisa mengimplementasikan hal-hal berikut ini :

  1. Jadwal ulang rapat yang tidak penting
  2. Pasang tulisan “Jangan Ganggu” di pintu ruangan Anda
  3. Jika perlu, pasang chat status di WA Anda dan Katakan pada teman Anda bahwa Anda sedang tidak ingin diganggu
  4. Gunakan mode senyap pada telepon genggam Anda
  5. Hindari rekan kerja pemalas

Refreshing

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda adalah dengan refreshing. Mintalah cuti kepada bos Anda atau jika Anda seorang pengusaha, Anda bisa lakukan cuti secara mandiri untuk beberapa hari. Lakukan sesuatu  yang dapat merefreshkan pikiran Anda kembali seperti bertamsya, berbelanja, hiking atau aktivitas lain yang menjadi hobby Anda. Melakukan refreshing sama halnya men-charge sebuah HP dengan daya listrik. Ketika sebuah HP di-charge dan penuh maka performanya akan kembali seperti semula.

Begitu pula Anda, Anda akan menjadi lebih segar dan  pikiran Anda menjadi produktif kembali setelah periode refreshing Anda selesai. Anda akan terbebas dari penatnya bekerja, meninggalkannya sejenak untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai sebelum Anda mulai ‘berperang’ lagi.

Discuss and Sharing

Setiap perusahaan tentu akan mengimplementasikan apa yang disebut dengan discuss and sharing. Cara ini merupakan cara meningkatkan produktivitas kerja paling ampuh. Dengan berdiskusi dan sharing, apa yang menjadi kendala para pegawai akan cepat teratasi. Setiap karyawan pasti memiliki keluh kesah tentang pekerjaan yang mereka jalani, keluh kesah tentang gaji dan lain sebagainya. Diharapkan dengan adanya discuss and sharing, setiap orang dapat saling berkeluh kesah dan pemimpin perusahaan memiliki andil dalam memberikan solusi dan jalan keluar terbaik.

 

 

 

Загрузка...

Tags: bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja cara meningkatkan produktivitas kerja cara meningkatkan produktivitas kerja dengan baik cara meningkatkan produktivitas kerja dengan cepat

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda"

    7 Analisa Penyebab Usaha Restoran Bangkrut yang Wajib Diketahui
    Pemilik restoran manapun tentu menginginkan agar usahanya
    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan

    Tinggalkan Balasan