5 Tips Menjaga Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan yang Tepat

Tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan – Yang namanya bisnis orientasinya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jika pelanggan atau konsumen terlalu sedikit tentu target penjualan tidak bisa tercapai. Yang dimaksud dengan pelanggan ini adalah mereka yang melakukan repurchase produk atau menggunakan jasa Anda berkali-kali.

Penjualan adalah roda bisnis, jika bisnis tidak ada penjualan sama sekali maka roda bisnis tersebut akan berhenti. Semakin tinggi penjualan bisnis Anda maka semakin cepat roda bisnis Anda berputar dan berjalan, begitu pula sebaliknya.

Pelayanan nasabah

Pelayanan nasabah

Penjualan ini akan semakin meningkat jika konsumen maupun pelanggan Anda juga meningkat. Dibutuhkan kepuasan dan loyalitas pelanggan agar penjualan di bisnis Anda sesuai dengan yang diharapkan. Jika selama ini Anda menemukan konsumen yang datang dan pergi, Anda bisa melakukan tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan seperti berikut ini:

Ramah dan Cepat Tanggap

Tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang penting dalam bisnis Anda adalah ramah dan cepat tanggap. Loyalitas dan kepuasan pelanggan bisa muncul jika Anda memprioritaskan kecepatan dan keakuratan dalam melayani kebutuhan pelanggan Anda. Hal ini dijadikan sebagai penentu seberapa peduli pebisnis terhadap kebutuhan dan keadaan pelanggan.

Untuk bisa meningkatkan performa bisnis, usahakan terus menjawab pertanyaan pelanggan dengan sesegera mungkin. Fast response ini menjadi pelayanan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Layani pula pelanggan yang melakukan komplain dengan cermat dan profesional. Anda juga harus memberikan apresiasi terhadap semua tanggapan, informasi maupun pertanyaan yang didapatkan oleh bisnis Anda.

Selain kualitas produk, pelayanan ramah dan juga profesional ini menjadi kunci kesuksesan bisnis yang Ada jalani. Pelayanan yang ramah tidak hanya untuk pelanggan yang setia namun juga bisa Anda lakukan kepada pelanggan baru. Tujuannya membuat mereka tertarik dan mau menjadi pelanggan setia untuk bisnis Anda.

Dalam hal pelayanan kepada pelanggan ini ada banyak aspek yang harus Anda jaga misalnya kenyamanan dan kesopanan. Jika Anda berjualan produk makanan maka kebersihan sangat penting untuk diperhatikan. Kesan pertama juga penting untuk menentukan apakah pelanggan tersebut loyal kepada Anda atau tidak.

Hubungan yang Menguntungkan

Tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang bisa dilakukan adalah menjaga hubungan yang saling menguntungkan. Saat Anda memberikan pelayanan terbaik maka secara tidak langsung bisa membuat mereka bertahan dan setia terhadap produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Buatlah hubungan Anda dengan pelanggan ini tetap baik, buat kerja sama yang baik dengan mereka. Sebisa mungkin buat kerja sama antara Anda dan pelanggan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan dan masing-masing merasa diuntungkan. Dengan hal tersebut perlahan-lahan dampak positif bisnis Anda bisa terlihat nyata dan semakin dekat dengan kesuksesan.

Anda juga bisa memberikan promo menarik kepada pelanggan sebagai apresiasi terhadap kesetiaan mereka. Secara otomatis, promosi tersebut bisa membuat pelanggan dan konsumen Anda semakin loyal dengan bisnis Anda.

Pelanggan yang puas bisa memberikan rekomendasi bisnis Anda ke orang lain. Promosi ini menjadi hal yang paling efektif agar bisnis Anda semakin berkembang. Pengalaman orang lain menjadi sesuatu yang dianggap kredibel oleh orang lain, sehingga saat membutuhkan jasa atau produk tersebut bisnis Anda yang akan menjadi tujuan mereka.

Transparan

Tidak hanya data saja yang harus transparan namun pelayanan ke pelanggan juga harus transparan. Anda yang mengalami kendala dalam proses pelayanan kepada pelanggan bisa mengatakannya sedetail mungkin. Buruknya komunikasi akan membuat pelanggan kabur dan beralih ke kompetitor.

Jika kendala yang bisnis Anda alami tersebut menurunkan performa bisnis, maka akuilah kesalahan Anda dan memohon maaf. Terutama jika kesalahan memang dari pihak perusahaan. Dengan keterbukaan dan tanggapan yang sopan, pelanggan akan merasa dihargai dan masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Pada waktu selanjutnya pelanggan bisa tetap kembali menggunakan produk atau jasa Anda dan tidak beralih ke produk yang lainnya.

Handling Complain

Tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang penting untuk Anda perhatikan adalah cara handling complain. Bisnis tidak selamanya mulus, masalah dan hambatan tersebut bisa terjadi kapan saja sehingga penting bagi bisnis Anda memiliki handling complain yang bagus.

Anda harus memiliki waktu khusus untuk bisa menangani segala keluhan yang berhubungan dengan pelanggan, dengan waktu yang Anda luangkan ini bisa melakukan handling komplain dengan cepat dan tepat. Jika banyak komplain yang sama Anda harus melakukan pembenahan saat itu juga supaya bisnis Anda tidak dianggap buruk.

Komplain ini sebaiknya diatasi dengan kepala dingin dan jangan sampai terbawa emosi. Jangan bersikap tidak ramah kepada pelanggan Anda, jangan mengecewakan konsumen maupun pelanggan sedikitpun karena kekesalan hanya akan membuat keadaan semakin buruk.

Baca juga : 6 Cara Menaikkan Rating Google Maps Paling Ampuh, Jadi Andalan Pebisnis

Program Loyalty

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuat program loyalty. Program ini bisa menawarkan berbagai macam hadiah yang menarik dimana harus ditukar dengan sejumlah poin. Semakin banyak poin yang didapatkan maka semakin besar hadiah yang bisa didapatkan.

Pelanggan setia menjadi roda penggerak bisnis Anda, sebisa mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda. Lakukan beberapa tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang telah di atas dengan baik dan benar untuk menghindari pelanggan beralih ke kompetitor.

Tags: cara menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan Tips menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar