Ampuh! Ini Dia 7 Tips Jualan dengan WhatsApp Laris Manis

Tips jualan dengan WhatsApp – Di zaman digital seperti saat ini berjualan dengan online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tidak mengherankan jika banyak bisnis mulai bermunculan. Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk menawarkan barang maupun jasa mereka. Anda juga bisa membuka toko online di beberapa marketplace dan promosi di media sosial.

jualan di whatsapp

Anda juga bisa jualan melalui aplikasi WhatsApp. Anda bisa memanfaatkan WhatsApp ini untuk bisa interaksi dengan pelanggan Anda. Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi pengirim pesan yang paling populer di dunia. Dengan berbagai macam fitur yang ada pada WhatsApp ini Anda bisa memanfaatkannya untuk berbisnis. Simak beberapa tips jualan dengan WhatsApp yang efektif dan bisa Anda lakukan berikut ini:

Buat Foto yang Menarik

Anda bisa membuat foto produk yang memikat dan bisa ditampilkan di profil, status maupun di sebarkan ke pelanggan melalui broadcast. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kamera DSLR atau menggunakan jasa fotografer profesional untuk bisa membuat galeri produk yang menarik.

Jika anggaran bisnis Anda terbatas cukup menggunakan smartphone yang memiliki fitur memadai dan memiliki ketajaman objek yang bagus. Harga dari smartphone dengan fitur yang mumpuni ini pun lebih murah dibandingkan dengan kamera DSLR. Anda juga bisa menggunakan tripod untuk menghasilkan gambar yang maksimal.

Anda juga bisa membuat studio mini untuk keperluan pemotretan foto Anda. Dengan studio tersebut Anda bisa mulai bereksperimen untuk menciptakan foto dengan berbagai macam angle. Coba untuk memulai foto dengan angle yang berbeda mulai dari jarak dekat untuk bisa mendapatkan nilai jual yang tinggi.

Memperbanyak Teman dan Kontak

Tips jualan dengan WhatsApp yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memperbanyak teman dan kontak.  Jangan takut untuk membuat dan menjalin relasi. Hubungan yang baik akan membuat bisnis Anda semakin bagus. Semakin banyak kontak WA yang dimiliki maka semakin besar peluang produk untuk dibeli oleh pelanggan.

Ganti Profil dan Status

Tips jualan dengan WhatsApp yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda bisa mengganti foto profil secara rutin dengan produk yang Anda jual. Cara ini menjadi yang efektif dan juga sederhana. Anda bisa melakukan promosi yang menarik perhatian pelanggan. Buat yang unik agar pelanggan mau melakukan klik pada foto Anda tersebut.

Mudah Dihubungi

Pastikan WhatsApp mudah dihubungi dengan cepat. Jika pelanggan berminat dengan produk yang ditawarkan, Anda harus merespons dengan tepat dan cepat. Respons cepat ini akan membuat pelanggan merasa dihargai. Pelanggan bisa mengetahui informasi produk yang dibutuhkannya tanpa harus menunggu lama.

Buat Grup

Anda bisa membuat grup untuk bisa berjualan produk. Tambahkan saudara, teman, kolega dan juga pelanggan yang memiliki potensi dalam membeli produk Anda. Anda bisa berkomunikasi sekaligus melakukan promosi di grup tersebut. Chat dan promosi Anda ini bisa dilihat langsung oleh semua anggota grup sehingga lebih efisien.

Batasi Frekuensi Broadcast

Batasi frekuensi broadcast. Wajar jika bersemangat mempromosikan produk Anda. Yang harus Anda hindari adalah jangan melakukan broadcast info produk dan juga promosi berlebihan dan terlalu sering.  Lakukan broadcast saat ada produk baru, ada potongan harga maupun promo tertentu lainnya.

Gunakan WhatsApp Bisnis

Tips jualan dengan WhatsApp yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menggunakan WhatsApp Bisnis. WA bisnis ini akan membuat bisnis Anda terlihat lebih baik dan profesional. WA bisnis memiliki simbol B dan WA messenger biasa memiliki simbol gagang telepon.

Fitur yang ditawarkan oleh WA bisnis ini sangat lengkap dan bisa menunjang performa bisnis Anda menjadi lebih baik.  Fitur pada WA bisnis tersebut tidak akan Anda dapatkan di WA biasa. Berikut ini adalah cara memanfaatkan fitur yang ada di WA bisnis:

  1. Registrasi

Sama halnya dengan WA biasa dimana WA bisnis ini harus melakukan registrasi akun. Anda harus menggunakan nomor ponsel yang aktif. Pastikan jika Anda menggunakan nomor yang berbeda dengan nomor yang sudah terdaftar pada akun WA Messenger. Satu nomor WA ini tidak bisa didaftarkan di dua aplikasi sehingga Anda harus membedakan mana nomor untuk bisnis dan juga mana nomor yang digunakan untuk WA pribadi.

  1. Profil bisnis

Yang membedakan dengan WA biasa adalah Anda bisa mengubah profil Anda dengan profil bisnis.  Anda bisa melampirkan alamat, kategori bisnis, jam buka dan juga alamat website. Bahkan Anda bisa melampirkan maps agar konsumen bisa mudah menjangkau lokasi bisnis Anda.

Baca juga :  Tutorial Cara Memakai Google Adwords untuk Promosi Bisnis

  1. Buat katalog produk

WA bisnis memudahkan Anda untuk mempromosikan produk Anda. Anda bisa menggunakan fitur katalog dengan mengunggah foto-foto produk dari galeri. Anda juga bisa memberikan nama produk yang akan diunggah, kemudian Anda bisa menambahkan detail operasional seperti kode produk, harga dan juga bisa melampirkan tautan di website Anda.

  1. Manfaatkan fitur lainnya

Ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa memaksimalkan jualan Anda. Anda bisa membalas pesan dengan cepat, menggunakan kata kunci tertentu sehingga lebih hemat waktu, memberi label ke pelanggan, membuat away message, membuat greeting message dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah tips jualan dengan WhatsApp yang bisa Anda lakukan untuk membuat performa bisnis Anda lebih maksimal, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: cara jualan dengan WhatsApp Tips jualan dengan WhatsApp

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar