6 Cara Menaikkan Rating Google Maps Paling Ampuh, Jadi Andalan Pebisnis

Cara menaikkan rating Google Maps – Beberapa tahun terakhir ini banyak marketer digital yang memahami pentingnya pemasaran online mencakup SEO Lokal, Google Maps dan tentunya Google My Business. Sejak tahun 2014 Google ini memperbarui algoritmanya untuk penelusuran lokal di maps. Saat user mencari tempat, Google akan merekomendasikan tempat berdasarkan lokasi yang Anda cari.

Misalnya saja begini, user sedang mencari resto di Google maka dia akan mendapatkan rekomendasi list resto yang lokasinya dekat dengan lokasinya tersebut, sedangkan list selanjutnya adalah organik. Meski Anda memiliki website yang sangat bagus posisi Anda tidak akan berada di posisi teratas sehingga jangan heran jika pengunjung website Anda ini sedikit dan bisnis tidak mendapatkan perkembangan yang signifikan. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara menaikkan rating Google Maps agar lokasi bisnis Anda berada di atas posisi pencarian sehingga traffic meningkat.

Mengapa Google Maps Penting untuk Bisnis?

Sebelum tahu cara menaikkan rating di Google Maps ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu alasan mengapa Google Maps ini penting untuk bisnis. Studi menemukan fakta bawa lebih dari 70% pengguna smartphone ini sering menggunakan Google Maps. Kurang lebih ada 3,5 miliar pencarian yang terjadi di Google setiap harinya. Sebanyak 83% pengunjung toko mengatakan bahwa mereka melakukan pencarian online dan juga pencarian di Maps sebelum masuk ke toko. Oleh sebab itu bisnis apapun di zaman sekarang perlu menggunakan kekuatan  di balik pemasaran Google Maps ini.

Menaikkan Rating Google Maps

Untuk menaikan rating bisa dengan melakukan optimasi yang tepat. Ada beberapa cara optimasi Google Maps yang penting untuk Anda lakukan seperti berikut ini:

  1. Ulasan yang lebih banyak

Cara menaikkan rating Google Maps pertama adalah bisa memberikan ulasan online yang lebih banyak di lokasi maps Bisnis Anda. Ulasan adalah komponen paling penting. Sebenarnya ulasan yang diberikan di maps Google ini tidak semata-mata hanya untuk kepentingan SEO saja namun juga untuk menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Dengan ulasan tersebut akan membantu membangun bukti sosial, mengelola harapan pelanggan dan mereka bisa mendorong produk atau layanan sebelum terhubung dengan pelanggan Anda. Semakin banyak bintang dan ulasan positif bisnis Anda akan semakin kredibel.

  1. Pertahankan alamat fisik bisnis

Adanya peningkatan pencarian kata kunci “near me” maka sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan alamat fisik bisnis Anda.  Jarak dari lokasi pengguna ini sangat penting dalam pencarian sehingga Anda bisa menambahkan nama lokasi setelah nama bisnis dengan demikian peringkat di pencarian  Google akan meningkat.

  1. Akun Google My Business

Cara menaikkan rating di Google Maps yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah siapkan akun Google Bisnisku. Akun Google My Business atau GMB ini memiliki peran utama dalam Google Maps Marketing. Anda harus memastikan bahwa semua informasi yang tercantum di dalam Google My Business tersebut akurat dan lengkap. Menambahkan gambar bisnis bisa Anda lakukan bersamaan dengan video dan tanggal pembukaan bisnis.

Salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan GMB adalah Google My Business ini tidak mau muncul. Penyebab Google Bisnisku tidak muncul di maps adalah bisnis belum di verifikasi, Anda baru saja menambahkan atau mengedit informasi bisnis, dan yang terakhir adalah bisnis tidak sesuai dengan pedoman Google.

  1. Fokus pada deskripsi bisnis

Cara menaikkan rating Google Maps yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mengoptimalkan penulisan deskripsi bisnis Anda. Semakin informatif info yang Anda berikan maka akan semakin bagus hal tersebut untuk bisnis Anda. Masukan beberapa informasi yang mungkin diperlukan pelanggan atau konsumen seperti nomor telepon, pilihan pesan, jam operasional bisnis, dan jangan lupa alamat lengkapnya.

  1. Perhatikan NAP Bisnis

Cara optimasi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Anda harus memperhatikan NAP bisnis Anda. NAP ini berupa Nama, Alamat, Phone atau Nomor Telepon yang konsisten di laman GMB maupun di website Anda. Pastikan jika NAP bisnis Anda ini muncul di website, daftar direktori dan juga profil media sosial.

  1. Menggunakan Iklan

Anda bisa menaikkan rating dengan menggunakan iklan. Menariknya Anda bisa beriklan secara gratis di Google Maps. Iklan ini akan membuat bisnis Anda lebih terlihat dan tentunya membuat traffic bisnis Anda meningkat. Cara meningkatkan iklan di Google Maps menjadi perbincangan hangat di kalangan pebisnis. Google membuat ikon baru di dalam peta dan warnanya abu-abu kotak, ikon tersebut hadir untuk mempromosikan toko atau bisnis yang terdaftar di Google Maps.

Baca juga : Pebisnis Pemula? Pelajari Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Business

Caranya pun cukup dengan mengaktifkan ekstensi lokasi untuk akun Google Ads, kemudian perbarui cantumkan Google Bisnisku, setelah itu Anda bisa melakukan penargetan lokasi atau memberikan tawaran berdasarkan dengan lokasi, optimalkan kata kunci dengan menggunakan kata kunci di kampanye yang mana berkaitan dengan lokasi Anda dan apa yang orang-orang telusuri secara lokal.

Demikianlah beberapa cara menaikkan rating Google Maps yang bisa Anda lakukan, mulailah mengajak pelanggan atau konsumen untuk memberikan ulasan positif di bisnis Anda, semakin banyak ulasan positif akan semakin tinggi rating yang bisnis Anda dapatkan, kemudian lakukan optimasi Google Maps lainnya secara konsisten.

Загрузка...

Tags: cara menaikan rating Google Maps

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar