Pebisnis Pemula? Pelajari Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Business

Sebagai seorang pebisnis pemula, Anda tentu membutuhkan berbagai media promosi yang luas. Anda mungkin telah memasarkan produk melalui berbagai situs jual beli online. Akan tetapi, Anda merasa strategi pemasaran tersebut masil belum maksimal sehingga dicarilah media lain untuk promosi. Salah satu media yang dapat Anda gunakan untuk promosi bisnis adalah Google Business.

Google Business merupakan salah satu fitur yang terintegrasi dengan gmail milik Anda. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda rintis. Selain bermanfaat, proses pendaftaran Google Business juga relatif mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah keempat cara mendaftar bisnis Anda di Google Business.

Masuk ke Google Business

Pada tahap yang pertama dalam pendaftaran Google Business tentu saja Anda harus login terlebih dahulu. Anda dapat masuk ke Google Business dengan cara login melalui gmail. Sebaiknya, email yang Anda gunakan untuk login di gmail ini khusus diperuntukan untuk keperluan bisnis. Setelah berhasil masuk maka klik tombol mulai sekarang di bawah tulisan “tarik pelanggan baru dengan listingan google gratis”. Pada tahap selanjutnya akan tertampil formulir pendaftaran Google Business.

Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan akurat

Cara mendaftar bisnis Anda di Google Business yang kedua adalah harus mengisi formulir pendaftaran dengan kebenaran juga keakuratan data. Ada beberapa informasi yang umumnya harus Anda isi. Diantaranya adalah nama bisnis, negara/wilayah, alamat, telepon, kategori, situs web, pengiriman barang/jasa ke konsumen. Agar lebih jelas, Anda dapat membaca uraian di bawah ini.

Google Business form

Google Business form

  1. Nama bisnis: masukan nama bisnis Anda. Dalam tahap ini, Google akan secara live mencoba menemukan nama bisnis Anda. Namun, jika tidak ditemukan oleh Google maka itu artinya Anda harus mendaftarakannya. Sebaliknya, Anda harus mengklaim bisnis tersebut jika ternyata Google menemukannya.
  2. Negara/wilayah: input nama negara atau wilayah dimana bisnis Anda berada.
  3. Alamat: isilah alamat Anda selengkap-lengkapnya bila perlu cantumkan kode pos.
  4. Telepon: usahakan nomor telepon yang dimasukan bukan milik pribadi tetapi khusus untuk bisnis.
  5. Kategori: pemilihan kategori bisnis menjadi aspek penting yang harus Anda perhatikan saat mengisi formulir. Pastikan Anda memilih kategori bisnis yang sesuai atau paling mendekati. Hal ini dikarenakan Google mempunyai klasifikasi bisnis tersendiri.
  6. Situs web: masukanlah url situs web bisnis Anda kesini.
  7. Pengiriman barang/jasa ke konsumen: ada dua opsi yang ditawarkan disini yaitu “Yes” dan “No”. Pertimbangkan terlebih dulu apakah bisnis Anda melayani pengiriman barang ke konsumen. Jika iya, maka pilih opsi “Yes”. Sebaliknya, jika tidak, maka pilihlah opsi “No”.

Segala data yang Anda isi dalam formulir ini haruslah valid karena berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Agar data yang Anda isi benar-benar valid, maka berbagai kolom pertanyaan hendaknya dibaca dengan seksama sebelum diisi. Dengan menerapkan ketelitian dalam membaca, maka kemungkinan terjadinya kesalahan saat pengisian data bisnis dapat diminimalisir.

Verifikasi bisnis Anda

Cara mendaftar bisnis Anda di Google Business yang berikutnya adalah melakukan verifikasi. Google butuh memverifikasi eksistensi serta kesesuaian bisnis yang Anda daftarkan. Idealnya, Google akan melakukan verifikasi dengan cara mengirimkan kode melalui surat pos ke alamat bisnis Anda. Ini artinya Anda harus menunggu sekitar 2 minggu bahkan hingga 1 bulan sampai surat pos tiba.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, Google biasanya akan mengirimkan kode verifikasi melalui media alat komunikasi. Jadi, pastikan nomor yang Anda daftarkan di Google Business benar-benar aktif. Dengan demikian, Anda dapat menerima kode verifikasi melalui SMS maupun telepon. Kemudian, klik lanjutkan dan verifikasi nanti.

Lakukan konfirmasi dan buat Google+ untuk bisnis Anda

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan ketika mendaftarkan bisnis di Google Business adalah melakukan konfirmasi dan membuat Google+. Google+ ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah berbagai informasi terkait dengan bisnis yang dimiliki. Akan tetapi, sebelum semua informasi soal bisnis ditampilkan ke publik biasanya Anda akan diminta melakukan verifikasi.

 

Pada tahap ini, Google akan mengirimkan pin ke alamat bisnis Anda. Selanjutnya, bukalah alamat email Anda untuk memeriksa pin dan melakukan verifikasi. Proses verifikasi yang Anda lakukan sangatlah sederhana dimana cukup mengklik tombol “verify now”. Sekarang, Anda sudah berhasil mendaftarkan bisnis Anda di Google Business. Selanjutnya, Anda hanya perlu melengkapi informasi tentang bisnis Anda selengkap-lengkapnya.

Itulah keempat cara mendaftar bisnis Anda di Google Business yang dapat dipelajari untuk kemudian dipraktekkan. Keempat cara tersebut tentu saja sangat mudah sekali untuk Anda terapkan. Selain mudah, penerapan keempat cara pendaftaran Google Business juga akan membuat bisnis Anda makin berkembang. Jadi, kini Anda tinggal menunggu hasil dari proses promosi bisnis melalui Google Business.

 

 

 

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Business Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Business

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pebisnis Pemula? Pelajari Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Business"

    Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Digital Berbasis Online Shop
    Seiring dengan perkembangan teknologi, baik itu internet
    6 Contoh Bisnis E-Commerce Indonesia Paling Sukses
    Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, aktivitas jual
    6 Peluang Bisnis yang Tidak Ada Matinya
    Berbisnis sampingan merupakan solusi terbaik bagi Anda.
    3 Tips Agar Bisnis Sampingan Tidak Mengganggu Kerjaan Kantor
    Terkadang mungkin Anda menyadari bahwa gaji yang

    Tinggalkan Balasan