Cara Belanja di Toko Online Agar Tidak Tertipu Gambar

Cara belanja di toko online agar tidak tertipu gambar – Berbelanja di zaman sekarang ini tidak lagi mengharuskan kita keluar rumah untuk memilih produk. Hanya dengan mengandalkan smartphone atau laptop dan koneksi internet saja, kita sudah bisa berbelanja berbagai produk dari seluruh daerah.

Kemudahan ini bisa ditemui dari adanya berbagai layanan e-commerce dan sosial media yang menawarkan bermacam-macam produk. Namun walau cara ini tergolong praktis, ada satu hal yang masih menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Yaitu permasalahan produk yang tidak sesuai dengan gambar yang ditawarkan.

Pastinya hal ini sangat menyebalkan karena kita sebagai pembeli akan dirugikan sekaligus kecewa ketika barang yang datang ternyata tidak sesuai ekspektasi. Oleh karena itu, sebelum berbelanja online sebaiknya Anda baca dulu ulasan dibawah ini seputar cara belanja di toko online agar tidak tertipu gambar.

Pastikan Foto Gambar yang Dipakai Asli

gambar baju toko online

gambar baju toko online

Ketika Anda membuka sosial media atau e-commerce, maka akan ada banyak sekali penjual yang memajang foto palsu. Foto tersebut memang menampilkan produk yang mereka jual, tetapi fotonya bukan diambil langsung dari produk tersebut. Umumnya mereka mengambil foto dari Google dan memajangnya dengan harapan Anda akan terkesan dengan kualitas gambar yang ada.

Jadi Anda harus teliti dalam memastikan apakah foto tersebut asli atau bukan. Jika foto tersebut palsu, maka Anda patut curiga akan keaslian produk yang ditawarkan. Cara mensiasatinya adalah dengan mendownload gambar tersebut kemudian Anda buka Google Image kemudian upload gambar yang Anda dapatkan dari toko online tersebut dan klik telusuri. Jika Anda menemukan beberapa atau banyak gambar yang sama, kemungkinan penjual mengambilnya dari Google.

Baca dan Tanyakan Langsung

call center toko online

call center toko online

Jika Anda melihat produk yang dijual secara online, maka umumnya akan ada tulisan deskripsi dari produk tersebut. Bacalah dengan teliti deskripsi yang ada karena sebagian penjual menuliskan bahwa produk memiliki kesamaan 99% dengan yang ada di gambar. Jika demikian, maka sudah tentu gambar yang digunakan bukanlah gambar asli. Dan ucapan tentang 99% kemiripan tersebut juga belum tentu bisa dibuktikan.

Pastikan Anda bertanya secara langsung kepada penjual tentang kualitas barangnya. Jika memungkinkan, mintalah penjual untuk memfoto produknya secara real dan mengirimkannya pada Anda.

Jangan Tertipu Follower dan Komentar

Cara belanja di toko online agar tidak tertipu gambar yang selanjutnya adalah jangan sampai Anda tertipu dengan jumlah follower si penjual. Beberapa orang yang berjualan melalui sosial media instagram biasanya membeli follower guna meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan demikian, jumlah follower yang banyak tidak bisa dijadikan patokan dari kualitas produk yang ditawarkan.

Bahkan lebih dari itu Anda juga tidak boleh tertipu dengan komentar para netizen yang memberi testimoni. Ketahuilah bahwa pekerjaan buzzer sosial media sekarang ini sangat banyak macamnya. Dan mengisi kolom komentar dengan testimoni positif juga dijadikan para buzzer untuk bekerjasama dengan penjual produk online.

Baca Ulasan Konsumen

Apabila Anda membeli produk di aplikasi e-commerce, maka akan ada kolom ulasan yang berisi pengalaman konsumen akan produk tersebut. Pada kolom ulasan ini, umumnya hanya pelanggan yang sudah membeli saja yang bisa mengisinya. Sehingga kolom ini dinilai lebih kredibel dan terpercaya karena kemungkinan untuk dipalsukannya sangat kecil.

Anda bisa membaca ulasan tersebut dan membandingkan apakah lebih banyak ulasan positif atau negatifnya. Dan apabila produk yang ingin dibeli masih belum memiliki ulasan, sebaiknya Anda mencari produk serupa dari toko online lain. Karena beberapa toko online tanpa ulasan produk perlu dicurigai dari segi kualitas barang dan kredibilitas toko itu sendiri.

Pilih Sistem Pembayaran COD (Cash on Delivery)

Beberapa e-commerce memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran produk dengan cara COD atau yang juga dikenal membayar secara langsung saat produk diantarkan oleh kurir ke rumah. Sistem pembayaran ini dinilai lebih menguntungkan konsumen karena kita bisa mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan yang ada di gambar.

Cash on Delivery

Cash on Delivery

Tidak perlu ragu untuk membuka paket kiriman kurir di hadapan sang kurir secara langsung karena beberapa e-commerce memang memungkinkan hal tersebut untuk Anda lakukan. Dan apabila gambar tidak sesuai, segera informasikan kepada kurir tersebut dan tunjukkan bukti ketidaksesuainnya. Maka barang akan dibawa kembali untuk kemudian dikembalikan kepada produsen asal.

Buat Perjanjian Pengembalian Barang

Apabila sistem pembayaran COD tidak dapat dilakukan, maka buatlah perjanjian pengembalian barang dengan penjual secara personal. Screenshot bukti percakapan Anda dan jadikan itu sebagai bukti perjanjian. Jika nantinya produsen menjamin barang yang dikirim sesuai dengan gambar, maka Anda bisa mengembalikan barang apabila ternyata tidak sesuai.

Perjanjian Pengembalian Barang

Perjanjian Pengembalian Barang

Namun Anda juga harus memastikan proses pengembalian barang ini sesuai dengan kebijakan layanan aplikasi e-commerce yang digunakan. Jangan sampai Anda mengembalikan barang tanpa mengikuti prosedur yang ada karena sangat berisiko terjadi penipuan.

Nah, demikianlah tips dan cara belanja di toko online agar tidak tertipu gambar. Pastikan Anda hanya memilih toko online yang sudah memiliki kredibilitas tinggi supaya barang yang dibeli sesuai dengan ekspektasi.

Загрузка...

Tags: Cara belanja di toko online agar tidak tertipu gambar Cara belanja di toko online agar tidak tertipu gambar terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar